Types of Question in Reading Comprehension Tipe Pertanyaan di Pemahaman Bacaan Bahasa Inggris
|
|||
Turtle and Tortoise
Turtle and Tortoise are very similar. For one thing , they are shelled reptiles. They both can hear under water, walk slowly, and have a shell - a boxlike structure that consists of an upper part and a lower part. The shell bulkiness prevents them from rapid movement. Penyu dan Kura-kura sangat mirip. Untuk satu hal, mereka adalah reptil yang bercangkang. Mereka berdua dapat mendengar di bawah air, berjalan perlahan, dan memiliki struktur mirip kotak yang terdiri dari bagian atas dan bagian bawah. Kulit cangkangnya mencegah dari bergerak cepat
Turtles and Tortoises are famed for their longevity. Some of them have lived in captivity for more than 100 years. Mating occurs on land or in the water, according to the habitat of the species
Penyu dan Kura-kura terkenal karena umur panjangnya. Beberapa dari mereka telah hidup dalam penangkaran selama lebih dari 100 tahun. Perkawinan terjadi di darat atau di air, sesuai dengan habitat spesies
Despite their similarity, Turtle and Tortoise have observable differences. The Turtle is mostly aquatic , mostly living in lakes, ponds, and oceans although the female lays eggs in shore.
Terlepas dari kesamaan mereka, Penyu dan Kura kura memiliki perbedaan yang dapat diamati. Penyu sebagian besar hidup di air, sebagian besar hidup di danau, kolam, dan lautan meskipun betina bertelur di pantai.
On the other hand, The Tortoise mostly lives in swamps and deserts. To easy it’s swimming, the Turtle has webbed feet. To walk in deserts, the Tortoise has thick and webbed feet, preventing the animal from sinking into the sand.
Di sisi lain, Kura –kura sebagian besar hidup di rawa dan gurun. Untuk memudahkannya berenang, penyu memiliki kaki berselaput. Untuk berjalan di padang pasir, Kura-kura memiliki kaki yang tebal dan berselaput, mencegah binatang itu dari tenggelam ke pasir.
Turtles have no teeth, and many species of them eat both animals and vegetables. They eat fish and weeds . Tortoises are different. They are herbivorous, meaning that they feed mostly on plants.
Penyu tidak memiliki gigi, dan banyak spesies dari mereka memakan hewan dan sayuran. Mereka makan ikan dan gulma. Kura-kura berbeda. Mereka herbivora, yang berarti bahwa mereka sebagian besar mekan tanaman.
a. The similarities of the Turtles and Tortoise b. The differences of the Turtle and Tortoise c. The similarities and differences between Turtle and Tortoise d. Why people like turtle and tortoise
a. Almost extinct b. Carnivorous c. Shelled animals d. Wild animals
a. Mating can occur on land or in the water b. Their shell makes them move slowly c. The tortoise is mostly aquatic d. The tortoise lives in swamps and desert
a. Turtle are wild animals b. Turtle are omnivorous c. Tortoise are carnivorous d. Tortoise are omnivorous
a. Long life b. Short life c. Happy life d. Sad life
a. to compare two kindsof animals b. to explain two kinds of animals c. to describe two kinds of animals d. to provide examples of two kinds of animals
a. Lines 3-6 b. Lines 8-9 c. Lines 13 -14 d. Lines 20-25
a. Turle b. Tortoises c. Animals d. Vegetables
a. Some of them have lived in the capacity for more than 100 year b. Their mating occurs on the land or in water c. Tortoise mostly lives in swamps and deserts d. Tortoise are herbivorous
|
|||
Strategi menjawab soal Reading
|
|||
1 |
Baca instruksi tes terlebih dahulu. |
||
2 |
Baca pertanyaan dengan cepat kemudian baca teksnya dengan menggunakan kata kunci( key words) di soal. |
||
3 |
Baca sekilas dan amati kalimat pertama dari masing masing paragraf. |
||
4 |
Identifikasi nama orang / tempat/waktu /kata benda /kata kerja/ angka. |
||
5 |
Kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu |
||
6 |
Bacalah kembali teks dengan teliti untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang membutuhkan jawaban yang lebih sulit. |
||
7 |
Jawablah semua pertanyaan, sekalipun anda harus menebak. Tidak ada hukuman untuk jawaban salah. |
||
8 |
Gunakan waktu anda sebaik mungkin. |
||
|
|||
A . Main Idea (Ide Utama / Pikiran Utama) Biasanya ada di awal atau akhir paragraf
|
|||
1 |
What is the main idea of the passage ? |
Apa gagasan utama dari bacaan ini? |
|
2 |
What is the author’s main idea of paragraph 3 ? |
Apa ide utama penulis dari paragraf 3? |
|
3 |
What is the passage mainly talking about ?
|
Apa yang terutama dibicarakan oleh bacaan ini? |
|
4 |
What is the text talking about ? |
Apa yang dibicarakan teks? |
|
5 |
What does the passage mainly discuss ? |
Apa yang terutama dibicarakan oleh bacaan ini? |
|
6 |
What does the passage mainly discuss ? |
Apa yang terutama dibicarakan oleh bacaan ini? |
|
7 |
The main idea of this passage is ... |
Ide utama dari bacaan ini adalah ... |
|
8 |
The text is mainly talking about ....
|
Teks ini terutama berbicara tentang .... |
|
9 |
The passage discusses about ...
|
Bacaan ini membahas tentang... |
|
10 |
The passage is mainly discussing about....
|
Bacaan ini terutama membahas tentang .... |
|
|
What is the main idea of paragraph three ? |
|
|
11 |
The passage /text is about....
|
Bacaan / teks adalah tentang ... |
|
|
Paragraph two tells us about ... |
|
|
12 |
The passage mainly discuss... |
Bacaan ini terutama membahas ... |
|
13 |
What does the text tell us about ? |
Apa yang diceritakan teks itu kepada kita ? |
|
|
|||
B. Topic ( Gambaran Umum) Berisi informasi tentang isi teks secara keseluruhan Jawaban dapat diketahui dari memahami isi teks |
|||
1 |
What is the topic of the passage ?
|
Apa topik dari bacaan ini? |
|
2 |
What is the main topic of the passage ?
|
Apa topik utama dari bacaan ini? |
|
|
The topic of the text is ... |
|
|
|
What is the text about... |
|
|
|
What does the text talk about ... |
|
|
|
The text tells us about... |
|
|
|
The text is talking about ... |
|
|
|
What is the text mainly about ... |
|
|
|
What is the subject of the text ... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
C. Title Judul
|
|||
1 |
Which of the following would be the best title ? |
Manakah dari berikut ini yang akan menjadi judul terbaik? |
|
2 |
Which of the following would be the most appropriate title for the passage ? |
Manakah dari berikut ini yang merupakan judul yang paling tepat untuk bacaan ini? |
|
3 |
What is the subject of the passage ? |
Apa subjek dari bacaan ini? |
|
|
|
|
|
D. Indentifying The Author’s Purpose
Mengidentifikasi Tujuan Penulis Tujuan Komunikatif dapat diketemukan dari simpulan isi teks, Judulteks dan Kata/Kalimat dalam teks
|
|||
1 |
What is the author’s purpose in writing the passage ? |
Apa tujuan penulis dalam menulis bacaan ini? |
|
2 |
What is the author’s purpose in the second paragraph ? |
Apa tujuan penulis di paragraf kedua? |
|
3 |
Which of the following is the author’s purpose in the passage ? |
Manakah dari berikut ini yang merupakan tujuan penulis dalam bacaan ini? |
|
4 |
What is the purpose of the text ? |
Apa tujuan teks ini ? |
|
5 |
The purpose of writing the text is ... |
Apa tujuan teks itu? |
|
6 |
What is the writer’s intention in writing the text ? |
Apa maksud penulis dalam menulis teks? |
|
7 |
The text is written to ... |
Teks ini ditulis untuk ... |
|
8 |
Why does/did the writer write the text ? |
Mengapa penulis menulis teks? |
|
9 |
What is the objective of the text ? |
Apa tujuan teks itu? |
|
10 |
Why is the text written ? |
Mengapa teksnya ditulis? |
|
11 |
What is the writer’s purpose of writing the text ? |
Apa tujuan penulis menulis teks? |
|
12 |
Why does the author mention ...in line 3 ? |
Mengapa penulis menyebutkan ... di baris 3 ? |
|
13 |
In line 3 , the author mention... in order to... |
Pada baris 3, penulis menyebutkan ... untuk ... |
|
14 |
The passage is primarily developed as... |
Bacaan ini terutama dikembangkan sebagai ... |
|
15 |
The author’s purposes in writing ....
|
Tujuan penulis menulis .... |
|
16 |
The primary purpose of the text /a paragraph..
Jawab :
To describe ( mengambarkan)
To give reasons ( memberi alasan)
To provide examples ( menyediakan contoh)
To Explain ( menerangkan)
To compare ( membandingkan) |
Tujuan utama dari teks / paragraf ..
|
|
|
|||
E. Stated Detail Question
Rincian Pertanyaan Lain |
|||
1 |
According to the passage, the school...
|
Menurut bacaan ini, sekolah ... |
|
2 |
It is stated in the passage that... |
Dinyatakan dalam bacaan itu bahwa ... |
|
3 |
The passage indicates that...
|
Bacaan ini menunjukkan bahwa ... |
|
4 |
Which of the following statement is true....
|
Mana dari pernyataan berikut ini yang benar ... |
|
5 |
According to the passage, It is true that... |
Menurut bacaan itu, memang benar bahwa ... |
|
|
|||
F. Unstated Detail Questions
Pertanyaan Detail Tidak Dinyatakan Ditail tidak tersurat Identifying Information
|
|||
1 |
Which of the following statement is not stated ?
|
Manakah dari pernyataan berikut ini yang tidak disebutkan? |
|
2 |
Which of the following statement is not mentioned ?
|
Manakah dari pernyataan berikut ini yang tidak disebutkan? |
|
3 |
Which of the following statement is not discussed ?
|
Manakah dari pernyataan berikut yang tidak dibahas? |
|
4 |
All the following statements are true except ...
|
Semua pernyataan berikut ini benar kecuali ... |
|
5 |
Which of the following statement is not true ?
|
Manakah dari pernyataan berikut ini yang tidak benar? |
|
6 |
All the following are true EXCEPT... |
Semua yang berikut ini benar kecuali ... |
|
7 |
Which of the following is not the fact about valley fog ? |
Manakah dari berikut ini yang bukan fakta tentang kabut lembah? |
|
8 |
Which of the following is not mentioned in the passage as the characteristic of turtles ? |
Manakah dari berikut ini yang tidak disebutkan dalam bacaan ini sebagai karakteristik penyu? |
|
9 |
All can cause disease EXCEPT... |
Semua bisa menyebabkan penyakit KECUALI ... |
|
10 |
According to the passage, which of the following is NOT TRUE.... |
Menurut perikop ini, manakah dari yang berikut ini yang TIDAK BENAR .... |
|
|
|
|
|
|
|||
G. Implied Detail Questions Making Inference / conclusion Membuat kesimpulan
Implikasi ( disampaikan secara tersamar dalam teks)
|
|||
1 |
It is implied in the third paragraph that... |
Tersirat dalam paragraf ketiga bahwa ... |
|
2 |
It is implied in the passage that... |
Tersirat dalam bacaan bahwa ... |
|
3 |
Which of the following is implied in the passage`? |
Manakah dari berikut ini yang tersirat dalam bacaan `? |
|
4 |
The second paragraph implies that... |
Paragraf kedua menyiratkan bahwa... |
|
5 |
What can be infered from the passage ?
|
Apa yang dapat disimpulkan dari bacaan ini ? |
|
6 |
What can be inferred about the way of life of Eskimo people ? |
Apa yang bisa disimpulkan tentang cara hidup orang Eskimo? |
|
7 |
It can be inferred from the passage that... |
Dapat disimpulkan dari bacaan bahwa ... |
|
8 |
What can be inferred from the text... |
Apa yang bisa disimpulkan dari teks ... |
|
9 |
It can be inferred from the second paragraph that ... |
Dapat disimpulkan dari paragraf kedua bahwa ... |
|
10 |
The author infers that ... |
Penulis menyimpulkan bahwa ... |
|
11 |
We can infer from the passage / text that... |
Kita dapat menyimpulkan dari bacaan itu bahwa... |
|
12 |
It is inferred from the passage that... |
Itu disimpulkan dari bacaan bahwa ... |
|
13 |
It can be inferred from the passage that...
|
Dapat disimpulkan dari bacaan bahwa ... |
|
14 |
What is the conclusion of this text ? |
Apa kesimpulan dari teks ini? |
|
15 |
What can we conclude from the text ... |
|
|
16 |
It can be concluded that... |
Dapat disimpulkan bahwa ... |
|
17 |
From the text we may conclude that ... |
|
|
18 |
We can conclude that.. |
Kita dapat menyimpulkan bahwa.. |
|
19 |
According to the text , we can conclude that ... |
Berdasarkan teks tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa ...
|
|
20 |
From the text we can say that ... |
Dari teks tersebut kita dapat mengatakan bahwa ... |
|
21 |
It is most likely that...
|
Kemungkinan besar bahwa ... |
|
22 |
What probably happened... |
Apa yang mungkin terjadi ... |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
H. Meaning of the words (Makna kata)
Guessing Word Meaning (Menebak Makna Kata)
Synonym Makna ungkapan
|
|||
1 |
The word “ dumb” in line 5 would be best replaced by... ( stupid) |
Kata "bodoh" pada baris 5 akan lebih baik digantikan oleh ...( bodoh) |
|
|
The underlined word is closest in meaning to ... |
|
|
2 |
What is the meaning of ”dumb”in line 5 ? |
Apa arti "bodoh" di baris 5 ? |
|
3 |
What is the closest meaning of the underlined word ? |
Apa arti terdekat dari kata yang digarisbawahi? |
|
4 |
What is “ dumb”in line 5 ? |
Apa itu "bodoh" di baris 5? |
|
5 |
Which of the following is closest in meaning to word “ dumb” in line 3? |
Manakah dari berikut ini yang paling dekat dengan makna kata ‘ bodoh” di baris 3? |
|
6 |
The underlined word is most closely associated to ... |
Kata yang digarisbawahi paling erat kaitannya dengan ... |
|
7 |
The word “dumb” in line 3 has the same meaning as.....( stupid) |
Kata “ bodoh” in line 3 memiliki arti yang sama dengan .....(bodoh) |
|
8 |
The underlined words means ... |
|
|
9 |
The word “ situated” in line 3 closest in meaning to...( located) |
Kata "terletak" di baris 3 yang artinya paling dekat dengan ... (berlokasi) |
|
10 |
The author uses the word “...” in line 3 to suggest that..
|
Penulis menggunakan kata "..." pada baris 3 untuk menyarankan bahwa... |
|
|
|
|
|
I. Finding specific information Menemukan informasi spesifik
Question words Kata tanya What ( apa), Who ( siapa), When ( kapan), Where ( dimana) Why ( mengapa), How ( bagaimana)
|
|||
1 |
Why did America become famous now ? |
Mengapa Amerika menjadi terkenal sekarang ? |
|
2 |
Which of the following facts is mentioned in the passage ? |
Manakah dari fakta-fakta berikut yang disebutkan dalam bacaan ini? |
|
3 |
How did Indonesia get the independence ? |
Bagaimana Indonesia mendapatkan kemerdekaan? |
|
4 |
Who teach the students in America |
Siapa yang mengajar siswa di Amerika ? |
|
|
|
|
|
J. Reference (Rujukan kata)
|
|||
1 |
The word “ She” in line 4 refers to... (dewi) |
Kata "Dia" di baris 4 merujuk ... ( dewi) |
|
2 |
The pronoun “ He” in line10 refers to... |
The pronoun “ He” di baris 10 merujuk ... to... |
|
3 |
The phrase ... in line... refers to.... |
Ungkapan ... sesuai ... mengacu pada .... |
|
|
|
|
|
K. The content of the paragraph Isi paragraf |
|||
1 |
What type of information is included in the first paragraph ? |
Jenis informasi apa yang termasuk dalam paragraf pertama? |
|
2 |
The third paragraph contains the information on.. |
Paragraf ketiga berisi informasi tentang .. |
|
3 |
How does the information in the second paragraph differ from the first paragraph |
Bagaimana informasi dalam paragraf kedua berbeda dari paragraf pertama ? |
|
|
|
|
|
L. The content of the paragraph before and after Isi paragraf sebelum dan sesudah
|
|||
1 |
The paragraph preceding the passage most probably discuss ... |
Paragraf sebelum bacaan yang paling mungkin dibahas... |
|
2 |
What is most likely in the paragraph preceding the passage ? |
Apa yang paling mungkin dalam paragraf sebelum bacaan ini? |
|
3 |
What did the paragraph preceding this passage most probably discuss... |
Apa yang paragraf sebelum bacaan ini paling mungkin bahas ... |
|
4 |
The paragraph following this passage most likely contain information on what ? |
Paragraf yang mengikuti bacaan ini kemungkinan besar berisi informasi tentang apa? |
|
5 |
Which of the following is most likely the topic of the paragraph following the passage ? |
Manakah dari berikut ini yang paling mungkin menjadi topik paragraf setelah bacaan ini? |
|
M. Looking information on the text Mencari informasi di teks |
|||
1 |
Where in the passage does the author discuss/mention/the composition of blood ?
Lines 7-10 |
Di mana dalam bacaan ini penulis membahas / menyebutkan / komposisi darah ?
Baris 7 – 10 |
|
|
|||
N. Relationship between paragraphs Hubungan antara paragraph |
|||
1 |
How is the information in the second paragraph related to the first paragraph ?
Jawab : To develop... ( mengembangkan)
To contrast... ( mempertentangkan)
To provide examples... ( menyediakan contoh) |
Bagaimana informasi dalam paragraf kedua terkait dengan paragraf pertama? |
|
|
|||
|
|||
More about reading question Lebih lanjut tentang pertanyaan bacaan |
|||
1 |
The text informs us that....
|
Teks memberi tahu kita bahwa .... |
|
2 |
What is the main information of this text ? |
Aapakah informasi utama dari teks ini ? |
|
3 |
What would have happened if ideologies had not been vocal ?
|
Apa yang akan terjadi jika ideologi tidak vokal? |
|
4 |
This passage would most probably be assigned reading in a course on chemistry/physics/ botany/Zoology |
Bagian ini kemungkinan besar akan ditugaskan membaca dalam kursus kimia / fisika / botani / Zoologi |
|
5 |
According to the text , red algae are mostly found ( in lakes/fresh water/ marine water/snow) |
Menurut teks, alga merah sebagian besar ditemukan (di danau / air tawar / air laut / salju) |
|
6 |
In what subject will the passage be probably discussed ? ( Mathematics/ Chemistry/Archeology/Economics |
Dalam hal apa bagian yang akan dibahas? (Matematika / Kimia / Arkeologi / Ekonomi |
|
7 |
What will the reader do after reading the passage ? |
Apa yang akan dilakukan pembaca setelah membaca bagian itu? |
|
8 |
From the text we know that... |
Dari teks kita tahu bahwa ... |
|
9 |
What do platypuses do after finding their food`? |
Apa yang dilakukan platipus setelah menemukan makanannya? |
|
10 |
From the text , we can conclude that ... |
Dari teks, kita dapat menyimpulkan bahwa ... |
|
11 |
From the story we can learn that... |
Dari cerita tersebut kita dapat belajar bahwa ... |
|
12 |
What does the story tell us about ? |
Tentang apa ceritanya? |
|
13 |
What is the benefit of reading the text ? |
Apa manfaat membaca teks? |
|
14 |
What is the text intended ? |
Apa yang dimaksud dengan teks? |
|
15 |
What will Rita probably do after receiving the message`? |
Apa yang akan dilakukan Rita setelah menerima pesan`? |
|
16 |
The text is written to .... |
Teks ini ditulis untuk .... |
|
17 |
The person who mostly like reading this kind of the text are... ( doctor/ lawyer/ geologist/sociologist/botanist) |
Orang yang paling suka membaca teks semacam ini adalah ... (dokter / pengacara / ahli geologi / sosiolog / ahli botani) |
|
|
|
|
|
|
|||
Alamat kami
Gadjah Mada English School (GMES)
Jl. Kadipaten Kulon No 27 B, Kraton, Yogyakarta ( Barat Pasar Ngasem Yogyakarta)
Phone /SMS/WA : 0812 274 7050
Website : gmesenglish.blogspot.com
Bantuan Transportasi : Google Map : tulis “ gmes english” Gojek : tulis “ gmes english” Grab : tulis “ gmes english”
---- Belajar Bahasa Inggris bisa dengan metode jarak jauh/online/internet dengan aplikasi ‘ Zoom Meeting”
|
|||
Postingan terkait, :
Les Inggris SMP Jogja
Les Inggris SMA,SBMPTN dan STAN di Jogja
Les TOEFL Jogja
Hitung Nilai TOEFL
Adjective , Kata sifat
Adverb , Kata Keterangan
Conjunction , Kata Hubung
Pronouns , Kata Ganti
Preposition , Kata Depan
Regular Verb, Kata Kerja Teratur
Irregular Verb, Kata Kerja Tidak Teratur
Question Words , Kata Tanya
Adverb of Frequency , Keterangan Keseringan
Klik , Peta Google Map ke GMES English Jogja
Klik , Google Translate
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
BalasHapusMateri detail dan mudah di pahami
BalasHapusMantap pak, materi yang sebelumnya tidak diketahui, menjadi lebih paham.
BalasHapusMaterinya sangat bermanfaat
BalasHapusTerimakasih pak, mataerinya sangat menambah ilmu dan sangat mudah dipahami
BalasHapusterimakasih pak joko materinya sangat membantu dan mudah dipahami
BalasHapus