Rabu, 22 Januari 2025

Take Care Of Our Planet , Jaga Planet Kita , Part Of Presentation , Bagian Dari Presentasi

 

Take Care of Our Planet

Jaga Planet Kita

-------

Part of Presentation

Bagian Presentasi

===

 

 

 

Part A

 

Saving Earth

Introduction

Start

Hi, everyone! 

Hai semuanya! 

-

Today, we're talking about saving the Earth. 

Hari ini, kita berbicara tentang menyelamatkan Bumi. 

-

It's like being a, Superhero for our planet. 

Ini seperti menjadi Pahlawan Super bagi planet kita.

Ready to make a difference?

Siap membuat perbedaan?

 

Agenda

Or Outline

I’ll share three important things: 

Saya akan membagikan tiga hal penting: 

-

why saving the Earth matters, simple ways to help

and how we can inspire others to join us. 

mengapa menyelamatkan Bumi itu penting, cara sederhana untuk membantu

dan bagaimana kami dapat menginspirasi orang lain untuk bergabung dengan kami. 

-

Let's get started

Mari kita mulai

 

Main Content

Konten Utama

Point 1

Saving the Earth means protecting the air, water, and land so future generations can enjoy them. 

Menyelamatkan Bumi berarti melindungi udara, air, dan tanah agar generasi mendatang dapat menikmatinya.

-

Our actions today shape tomorrow.

Tindakan kita hari ini akan menentukan hari esok.

 

Transition

Now, let's look at some simple ways we can all help.

Sekarang, mari kita lihat beberapa cara sederhana yang bisa kita bantu.

 

Point 2

You can save the Earth by recycling, saving energy, and planting trees. 

Anda dapat menyelamatkan Bumi dengan mendaur ulang, menghemat energi, dan menanam pohon. 

-

Each small action adds up to a big change !

Setiap tindakan kecil menghasilkan perubahan besar!

 

Transition

Now, let's talk about how we can inspire others to care for the planet.

Sekarang, mari kita bicara tentang bagaimana kita dapat menginspirasi orang lain untuk peduli terhadap planet ini.

 

Point 3

Share your knowledge with friends, join community clean-up events, or post about saving the Earth on social media. 

Bagikan pengetahuan Anda kepada teman-teman, ikuti acara bersih-bersih komunitas, atau posting tentang menyelamatkan Bumi di media sosial.

-

Together, we can create a movement!

Bersama-sama, kita bisa menciptakan sebuah gerakan!

 

Visual Aids

Look at this picture. 

Lihat gambar ini. 

-

IĆ„'s a group of kids planting trees. 

Saya adalah sekelompok anak-anak yang menanam pohon. 

-

Isn't it inspiring? 

Bukankah itu menginspirasi? 

-

Simple actions like this can have a huge impact!"

Tindakan sederhana seperti ini bisa mempunyai dampak besar!

Ending Presentation

 

Summarize

Saving the Earth is about protecting what we love and creating a better future. 

Menyelamatkan Bumi berarti melindungi apa yang kita cintai dan menciptakan masa depan yang lebih baik.

-

Remember, small steps can lead to big changes. Ingat, langkah kecil bisa membawa perubahan besar.

Thanks for being part of this journey!

Terima kasih telah menjadi bagian dari perjalanan ini!

 

Q & A session

Do you have any questions or ideas about how to save the Earth? 

Apakah Anda memiliki pertanyaan atau ide tentang cara menyelamatkan Bumi? 

I'd love to hear them!

 Saya ingin mendengarnya!

 

Closing

Thanks for joining me. 

Terima kasih telah bergabung dengan saya. 

-

I'm so glad you care about making the Earth a beter place. 

Saya sangat senang Anda peduli untuk membuat bumi menjadi tempat yang lebih baik. 

-

Let's keep working together for a brighter future. 

Mari kita terus bekerja sama untuk masa depan yang lebih cerah. 

-

Have a great day, everyone!

Semoga harimu menyenangkan, semuanya!

 

 

 

 

 

## Questions and Answers ##

 

 

  1. What is the main topic of the presentation?  

Apa topik utama presentasinya?  

The main topic of the presentation is saving the Earth.

Topik utama presentasinya adalah menyelamatkan Bumi.

 

  1. Who is giving the presentation?          

Siapa yang memberikan presentasi?  

The presentation is being given by an unnamed speaker who addresses the audience.

Presentasi diberikan oleh pembicara yang tidak disebutkan namanya yang berbicara kepada hadirin.

 

  1. Why is it important to save the Earth?  

Mengapa penting untuk menyelamatkan Bumi?  

It is important to save the Earth to protect the air, water, and land for future generations.

Pentingnya menyelamatkan Bumi untuk melindungi udara, air, dan tanah untuk generasi mendatang.

 

  1. How can individuals help save the Earth?  

Bagaimana individu dapat membantu menyelamatkan Bumi?  

Individuals can help save the Earth by recycling, saving energy, and planting trees.

Setiap individu dapat membantu menyelamatkan Bumi dengan mendaur ulang, menghemat energi, dan menanam pohon.

 

  1. Where can people share their knowledge about saving the Earth?  

Di mana orang bisa berbagi pengetahuan tentang penyelamatan Bumi?  

People can share their knowledge about saving the Earth with friends, at community events, or on social media.

Masyarakat dapat berbagi pengetahuan mereka tentang penyelamatan Bumi kepada teman, di acara komunitas, atau di media sosial.

 

 

  1. When should we start taking action to save the Earth?  

Kapan kita harus mulai mengambil tindakan untuk menyelamatkan Bumi?     

We should start taking action to save the Earth today, as our actions today shape tomorrow.

Kita harus mulai mengambil tindakan untuk menyelamatkan Bumi hari ini, karena tindakan kita hari ini akan menentukan masa depan.

 

  1. Which simple action is mentioned as a way to inspire others to care for the planet?  

Tindakan sederhana manakah yang disebutkan sebagai cara untuk menginspirasi orang lain agar peduli terhadap planet ini?  

Sharing knowledge with friends is mentioned as a simple action to inspire others.

Berbagi ilmu kepada teman disebut-sebut sebagai tindakan sederhana untuk menginspirasi orang lain.

 

  1. Whom can we join in community clean-up events?          

Siapa saja yang bisa kita ikuti dalam acara pembersihan komunitas?     

We can join other community members in community clean-up events.

Kita dapat bergabung dengan anggota komunitas lainnya dalam acara pembersihan komunitas.

 

=====

  1. Why is saving the Earth important?

Mengapa menyelamatkan Bumi itu penting?

Saving the Earth is important because it means protecting the air, water, and land for future generations. 

Menyelamatkan Bumi penting karena berarti melindungi udara, air, dan tanah untuk generasi mendatang

 

  1. How can we inspire others to save the Earth?

Bagaimana kita bisa menginspirasi orang lain untuk menyelamatkan Bumi?

We can inspire others to save the Earth by sharing our knowledge with friends, participating in community clean-up events, and posting about environmental conservation on social media. 

Kita dapat menginspirasi orang lain untuk menyelamatkan Bumi dengan berbagi pengetahuan kita dengan teman-teman, berpartisipasi dalam acara pembersihan komunitas, dan memposting tentang pelestarian lingkungan di media sosial. 

 

  1. What are three simple actions we can take to help the Earth?

Apa tiga tindakan sederhana yang dapat kita lakukan untuk membantu Bumi?

Three simple actions we can take to help the Earth include: Recycling, Saving energy and Planting trees

Tiga tindakan sederhana yang dapat kita lakukan untuk membantu Bumi meliputi: Daur ulang , Menghemat energi dan Menanam pohon

 

 

  1. What example was shown in the visual aid?

Contoh apa yang ditunjukkan dalam alat bantu visual?

The visual aid showed a picture of a group of kids planting trees

Alat bantu visual tersebut memperlihatkan gambar sekelompok anak-anak yang sedang menanam pohon

 

  1. Which action to save the Earth do you think is the easiest to do?

Tindakan penyelamatan Bumi manakah yang menurut Anda paling mudah dilakukan?

The easiest action to save the Earth might be recycling

Tindakan termudah untuk menyelamatkan Bumi mungkin adalah mendaur ulang

 

  1. Which action might be the hardest? Why?

Tindakan mana yang mungkin paling sulit? Mengapa?

The hardest action might be saving energy consistently, as it often requires changing daily habits

Tindakan tersulit mungkin adalah menghemat energi secara konsisten, karena hal ini sering kali memerlukan perubahan kebiasaan sehari-hari

 

  1. How can we, as a class, inspire others in our school to save the Earth?

Bagaimana kita, sebagai satu kelas, dapat menginspirasi orang lain di sekolah kita untuk menyelamatkan Bumi?

As a class, we can inspire others in our school to save the Earth by organizing awareness campaigns, hosting workshops on recycling and energy conservation, initiating school-wide clean-up days, and creating posters or presentations that highlight the importance of environmental protection

Di kelas, kita dapat menginspirasi orang lain di sekolah untuk menyelamatkan Bumi dengan mengorganisir kampanye kesadaran, mengadakan lokakarya tentang daur ulang dan konservasi energi, memulai hari bersih-bersih sekolah, dan membuat poster atau presentasi yang menyoroti pentingnya perlindungan lingkungan. 

 

 

 

 

 

PART B

Conserving Water

Menghemat Air

 

 

 

 

1. Start

   Mulai

  1. Hi, everyone! 

Hai semuanya! 

  1. Today, we're talking about conserving water and how it helps save our planet. 

Hari ini, kita berbicara tentang menghemat air dan bagaimana air membantu menyelamatkan planet kita. 

  1. Water is essential for all life, and using it wisely makes us heroes for the Earth. 

Air sangat penting bagi semua kehidupan, dan menggunakannya dengan bijak menjadikan kita pahlawan bagi Bumi. 

  1. Ready to dive in?

Siap menyelam?

 

2. Agenda or Outline

    Agenda atau Garis Besar

  1. I’ll share three important things: 

Saya akan membagikan tiga hal penting: 

  1. why conserving water matters, simple ways to save water, and how we can inspire others to join us. 

mengapa menghemat air itu penting, cara sederhana menghemat air, dan bagaimana kita dapat menginspirasi orang lain untuk bergabung dengan kita. 

  1. Let's get started!"

Mari kita mulai!"

 

 

 

3.Point 1

  1. Water is a limited resource, even though it covers most of our planet. 

Air adalah sumber daya yang terbatas, meskipun mencakup sebagian besar planet kita. 

  1. Only a small percentage is fresh and usable. 

Hanya sebagian kecil yang segar dan dapat digunakan. 

  1. Nasting water harms ecosystems, affects wildlife, and leaves less for future generations.

Air yang kotor merusak ekosistem, mempengaruhi satwa liar, dan menyisakan lebih sedikit limbah untuk generasi mendatang.

  1. By conserving water, we protect this precious resource for everyone.

Dengan menghemat air, kami melindungi sumber daya berharga ini untuk semua orang.”

 

4. Transition 1

    Transisi 

  1. Now, let's look at some simple ways we can all help save water.

Sekarang, mari kita lihat beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan untuk membantu menghemat air.

 

5. Point 2

    Poin 2

  1. You can save water by turning off taps when not in use, fixing leaks, and collecting rainwater for plants. 

Anda dapat menghemat air dengan mematikan keran saat tidak digunakan, memperbaiki kebocoran, dan menampung air hujan untuk tanaman. 

  1. Use water-efficient appliances and be mindful of how much water you use for daily activities. 

Gunakan peralatan hemat air dan perhatikan berapa banyak air yang Anda gunakan untuk aktivitas sehari-hari.

  1. Each drop saved makes a difference!

Setiap tetes yang disimpan membuat perbedaan!

 

 

 

 

6.Transition 2

Transisi 2

  1. Now, let's talk about how we can inspire others to care about Conserving water.

Sekarang, mari kita bicara tentang bagaimana kita dapat menginspirasi orang lain untuk peduli terhadap Pelestarian air.

 

7.Point 3

    Poin 3

  1. Share tips on water conservation with friends and family. 

Bagikan tips konservasi air kepada teman dan keluarga.

  1. Encourage schools and communities to promote water-saving campaigns. 

Mendorong sekolah dan masyarakat untuk mempromosikan kampanye penghematan air.

  1. You can also use social media to spread awareness and inspire others to take action. 

Anda juga dapat menggunakan media sosial untuk menyebarkan kesadaran dan menginspirasi orang lain untuk mengambil tindakan. 

  1. Together, we can create a ripple  effect!

Bersama-sama, kita dapat menciptakan efek riak!

 

8. Visial Aids

Alat Bantu Penglihatan

  1. Look at this picture. 

Lihat gambar ini. 

  1. It's a family using a rain barrel to water their garden. 

Ini adalah sebuah keluarga yang menggunakan tong air hujan untuk menyirami taman mereka. 

  1. Isn't it amazing how small actions like this can help conserve water and protect our planet?"

Bukankah menakjubkan betapa tindakan kecil seperti ini dapat membantu menghemat air dan melindungi planet kita?"

 

9. Summarize

   Ringkaslah

  1. Conserving water is about protecting what we need to survive and creating a better future, 

Menghemat air berarti melindungi apa yang kita perlukan untuk bertahan hidup dan menciptakan masa depan yang lebih baik.

  1. Remember, small steps like fixing leaks, saving water, and inspiring others can lead to big changes. 

Ingat, langkah kecil seperti memperbaiki kebocoran, menghemat air, dan menginspirasi orang lain dapat membawa perubahan besar.

  1. Thanks for being part of this journey!

Terima kasih telah menjadi bagian dari perjalanan ini!

 

10. Question and Answers Session

      Sesi Tanya Jawab

  1. Do you have any questions or ideas about how to conserve water?

Apakah Anda mempunyai pertanyaan atau ide tentang cara menghemat air?

  1. I'd love to hear them!"

Aku ingin mendengarnya!"

 

11. Closing

Penutupan 

  1. Thanks for joining me today. 

Terima kasih telah bergabung denganku hari ini. 

  1. I'm so glad you care about saving water and making the Earth a better place. 

Saya sangat senang Anda peduli terhadap penghematan air dan membuat bumi menjadi tempat yang lebih baik. 

  1. Let's keep working together to protect our planet. 

Mari terus bekerja sama untuk melindungi planet kita. 

  1. Have a great day, everyone!" 

Semoga harimu menyenangkan, semuanya!"

 

 

 

## Questions and Answers ##

 

  1. Who can help in conserving water?

Siapa yang dapat membantu dalam menghemat air?

Everyone can help conserve water! Individuals, families, schools, and communities can all take action to save this precious resource.

Setiap orang dapat membantu menghemat air! Individu, keluarga, sekolah, dan komunitas dapat mengambil tindakan untuk menyelamatkan sumber daya yang berharga ini.

 

  1. What are some simple ways to save water?

Apa sajakah cara sederhana untuk menghemat air?

Simple ways to save water include turning off taps when not in use, fixing leaks, collecting rainwater for plants, using water-efficient appliances, and being mindful of daily water usage.

Cara sederhana untuk menghemat air adalah dengan mematikan keran saat tidak digunakan, memperbaiki kebocoran, menampung air hujan untuk tanaman, menggunakan peralatan hemat air, dan memperhatikan penggunaan air sehari-hari.

 

  1. Where can we collect rainwater for conservation?  

Di mana kita bisa mengumpulkan air hujan untuk konservasi?

Rainwater can be collected using rain barrels or cisterns placed in backyards or gardens to water plants and gardens.

Air hujan dapat ditampung dengan menggunakan tong atau tangki air hujan yang ditempatkan di halaman belakang atau kebun untuk menyiram tanaman dan kebun.

 

 

  1. When is it important to conserve water?

Kapan penting untuk menghemat air?

It is important to conserve water at all times, but especially during dry seasons or droughts when water resources are limited.

Penting untuk menghemat air setiap saat, terutama pada musim kemarau atau kekeringan ketika sumber daya air terbatas.

 

  1. Why does conserving water matter?

Mengapa menghemat air itu penting?

Conserving water matters because it protects ecosystems, ensures there is enough fresh water for future generations, and helps maintain the balance of our environment.

Menghemat air penting karena melindungi ekosistem, memastikan tersedia cukup air bersih untuk generasi mendatang, dan membantu menjaga keseimbangan lingkungan kita.

 

  1. Which actions can create a ripple effect in water conservation? 

Tindakan apa yang dapat menimbulkan efek riak dalam konservasi air?

Actions such as sharing tips on water conservation with friends and family, encouraging schools to promote water-saving campaigns, and using social media to spread awareness can create a ripple effect in inspiring others to conserve water.

Tindakan seperti berbagi tips mengenai konservasi air dengan teman dan keluarga, mendorong sekolah untuk mempromosikan kampanye penghematan air, dan menggunakan media sosial untuk menyebarkan kesadaran dapat menciptakan efek riak dalam menginspirasi orang lain untuk menghemat air.

 

  1. Whom should we encourage to participate in water conservation efforts?

Siapa yang harus kita dorong untuk berpartisipasi dalam upaya konservasi air?

We should encourage friends, family, schools, community members, and even local organizations to participate in water conservation efforts.

Kita harus mendorong teman, keluarga, sekolah, anggota masyarakat, dan bahkan organisasi lokal untuk berpartisipasi dalam upaya konservasi air.

 

  1. How can we inspire others to care about conserving water?

Bagaimana kita dapat menginspirasi orang lain untuk peduli terhadap konservasi air?

We can inspire others by sharing practical tips on conservation, promoting awareness campaigns in schools and communities, and utilizing social media platforms to reach a wider audience. 

Kita dapat menginspirasi orang lain dengan berbagi tips praktis mengenai konservasi, menggalakkan kampanye kesadaran di sekolah dan masyarakat, dan memanfaatkan platform media sosial untuk menjangkau khalayak yang lebih luas.

 

 

 

 

 

 

PART C

Reduce Waste By Recycling

Kurangi Sampah Dengan Mendaur Ulang

 

 

  1. Good morning, everyone!

Selamat pagi semuanya!

  1. My name is Jessica, and today I'm going to talk about how reduce waste by recycling."

Nama saya Jessica, dan hari ini saya akan berbicara tentang cara mengurangi sampah dengan mendaur ulang."

  1. Today,  I’ll explain why recycling is important, give you some simple tips on how to recycle, and then we'll have a Q&A session.

Hari ini, saya akan menjelaskan mengapa daur ulang itu penting, memberi Anda beberapa tips sederhana tentang cara mendaur ulang, dan kemudian kita akan mengadakan sesi tanya jawab."

  1. First, let's talk about why recycling matters. 

Pertama, mari kita bahas mengapa daur ulang itu penting. 

  1. Recycling helps reduce waste, saves energy and prevents pollution.

Daur ulang membantu mengurangi limbah, menghemat energi, dan mencegah polusi.

  1. For example, recycling one ton of paper saves about 17 trees and uses 50% less energy than making new paper from raw materials.

Misalnya, mendaur ulang satu ton kertas dapat menghemat sekitar 17 pohon dan menggunakan energi 50% lebih sedikit dibandingkan membuat kertas baru dari bahan mentah.

  1. Now that we know why recycling is important, let's move on to how we can start recycling at home.

Sekarang setelah kita mengetahui mengapa daur ulang itu penting, mari beralih ke bagaimana kita dapat mulai mendaur ulang di rumah.

  1. Here's a chart showing how much waste we create each year. 

Berikut adalah grafik yang menunjukkan berapa banyak sampah yang kita hasilkan setiap tahunnya. 

  1. As you can see, recycling even small amounts can have a big impact.

Seperti yang Anda lihat, mendaur ulang bahkan dalam jumlah kecil pun bisa berdampak besar.

  1. To Summarize, recycling helps save natural resources, reduces pollution, and conserves energy, so it's something we should all try to do."

Ringkasnya, daur ulang membantu menghemat sumber daya alam, mengurangi polusi, dan menghemat energi, jadi ini adalah sesuatu yang harus kita coba lakukan."

  1. Do you have any questions or ideas about recycling that you'd like to share?"

Apakah Anda memiliki pertanyaan atau ide tentang daur ulang yang ingin Anda bagikan?"

  1. Thank you for your time! 

Terima kasih atas waktu Anda! 

  1. I hope you'll start recycling more at home to help protect the environment.

Saya harap Anda akan mulai lebih banyak mendaur ulang di rumah untuk membantu melindungi lingkungan.

 

 

Answer the following questions based on the text above !

 

 

  1. Who is giving the presentation on recycling?

Siapa yang memberikan presentasi tentang daur ulang?

Jessica is giving the presentation on recycling.

Jessica memberikan presentasi tentang daur ulang.

 

  1. What will Jessica explain during her presentation?

Apa yang akan Jessica jelaskan saat presentasinya?

Jessica will explain why recycling is important, provide simple tips on how to recycle, and hold a Q&A session.

Jessica akan menjelaskan mengapa daur ulang itu penting, memberikan tips sederhana tentang cara mendaur ulang, dan mengadakan sesi tanya jawab.

 

  1. Where can we start recycling according to Jessica?

Di mana kita bisa mulai mendaur ulang menurut Jessica?

We can start recycling at home.

Kita bisa mulai mendaur ulang di rumah.

 

  1. When will the Q&A session take place?

Kapan sesi tanya jawab akan berlangsung?

The Q&A session will take place after Jessica explains the importance of recycling and gives tips on how to recycle.

Sesi tanya jawab akan berlangsung setelah Jessica menjelaskan pentingnya daur ulang dan memberikan tips cara mendaur ulang

 

  1. Why does recycling matter?

Mengapa daur ulang itu penting?

Recycling matters because it helps reduce waste, saves energy, and prevents pollution.

Daur ulang penting karena membantu mengurangi limbah, menghemat energi, dan mencegah polusi.

 

  1. Which example does Jessica give to illustrate the benefits of recycling paper?

Contoh manakah yang diberikan Jessica untuk menggambarkan manfaat kertas daur ulang?

Jessica mentions that recycling one ton of paper saves about 17 trees and uses 50% less energy than making new paper from raw materials.

Jessica menyebutkan bahwa mendaur ulang satu ton kertas menghemat sekitar 17 pohon dan menggunakan energi 50% lebih sedikit dibandingkan membuat kertas baru dari bahan mentah.

  1. Whom does Jessica encourage to share ideas about recycling?

Siapa yang Jessica dorong untuk berbagi ide tentang daur ulang?

Jessica encourages everyone in the audience to share their questions or ideas about recycling.

Jessica mendorong semua penonton untuk berbagi pertanyaan atau ide mereka tentang daur ulang.

 

 

  1. How can small actions in recycling have a big impact?

Bagaimana tindakan kecil dalam mendaur ulang bisa berdampak besar?

Even small amounts of recycling can significantly reduce waste and conserve natural resources, as shown in the chart Jessica presents. 

Daur ulang dalam jumlah kecil sekalipun dapat mengurangi limbah secara signifikan dan melestarikan sumber daya alam, seperti yang ditunjukkan dalam bagan yang disajikan Jessica. 

 

  1. What is the main purpose of the presentation?

Apa tujuan utama presentasi?

To encourage people to protect the environment

Mendorong masyarakat untuk menjaga lingkungan

 

  1. Why is recycling important?

Mengapa daur ulang itu penting?

It helps reduce waste

Ini membantu mengurangi limbah

 

  1. What is one benefit of recycling paper?

Apa salah satu manfaat mendaur ulang kertas?

It saves energy and reduces waste

Ini menghemat energi dan mengurangi limbah

 

  1. What does recycling one ton of paper use compared to making new paper?

Apa gunanya mendaur ulang satu ton kertas dibandingkan dengan membuat kertas baru?

Less energy

Lebih sedikit energi

 

  1. What does the word "recycling" mean in the context of the presentation?

Apa arti kata "daur ulang" dalam konteks presentasi?

Turning waste into new products

Mengubah sampah menjadi produk baru

 

 

 

 

PART D

Air Pollution

Polusi Udara

 

  1. Hi, everyone! 

Hai semuanya! 

  1. Today, we're discussing air pollution, a major threat to our health and planet. 

Hari ini, kita membahas polusi udara, ancaman besar bagi kesehatan dan planet kita. 

  1. Air pollution happens when harmful substances like smoke, dust, and gases enter the air, making it unsafe to breathe. 

Polusi udara terjadi ketika zat berbahaya seperti asap, debu, dan gas masuk ke udara sehingga tidak aman untuk dihirup. 

 

  1. It causes problems like asthma, heart disease, and global warming. 

Ini menyebabkan masalah seperti asma, penyakit jantung, dan pemanasan global. 

 

  1. Air pollution isva global issue because it harms the environment and human health. 

Polusi udara merupakan masalah global karena membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia. 

  1. Harmful gases like carbon dioxide and methane trap heat in the atmosphere, causing global warming. 

Gas berbahaya seperti karbon dioksida dan metana memerangkap panas di atmosfer, menyebabkan pemanasan global. 

  1. This leads to rising sea levels extreme weather.

Hal ini menyebabkan naiknya permukaan air laut akibat cuaca ekstrem.

 

  1. We can reduce air pollution by using public transport, avoiding waste burning, and planting trees. 

Kita dapat mengurangi polusi udara dengan menggunakan transportasi umum, menghindari pembakaran sampah, dan menanam pohon. 

  1. Trees are essential because they absorb carbon dioxide and release oxygen, helping to clean the air.

Pohon sangat penting karena dapat menyerap karbon dioksida dan melepaskan oksigen, sehingga membantu membersihkan udara.

  1. Every small action counts !

Setiap tindakan kecil berarti!

 

  1. Let's work together to protect our air and create a cleaner, healthier future. 
  2. Mari bekerja sama untuk melindungi udara kita dan menciptakan masa depan yang lebih bersih dan sehat. 
  3. Thank you for your attention, and let's make a difference starting today!
  4. Terima kasih atas perhatian Anda, dan mari kita buat perbedaan mulai hari ini!

 

 

## Questions and Answers

 

  1. Who is discussing air pollution in the text?

Siapa yang membahas polusi udara dalam teks?

The speaker, who addresses the audience, is discussing air pollution.

Pembicara yang menyampaikan pidato kepada hadirin sedang membahas tentang pencemaran udara.

 

  1. What is air pollution?

Apa itu polusi udara?

 

Air pollution occurs when harmful substances like smoke, dust, and gases enter the air, making it unsafe to breathe.

Polusi udara terjadi ketika zat berbahaya seperti asap, debu, dan gas masuk ke udara sehingga tidak aman untuk dihirup.

 

  1. Where do harmful substances that cause air pollution come from?

Dari mana asal zat berbahaya penyebab pencemaran udara?

Harmful substances can come from various sources, including factories, vehicles, and waste burning.

Zat berbahaya dapat berasal dari berbagai sumber, antara lain pabrik, kendaraan, dan pembakaran sampah.

 

  1. When does air pollution become a major threat?

Kapan polusi udara menjadi ancaman besar?

Air pollution becomes a major threat when harmful substances accumulate in the air, leading to health issues and environmental damage.

Polusi udara menjadi ancaman besar ketika zat-zat berbahaya terakumulasi di udara sehingga menimbulkan masalah kesehatan dan kerusakan lingkungan.

 

  1. Why is air pollution considered a global issue?

Mengapa polusi udara dianggap sebagai masalah global?

Air pollution is considered a global issue because it harms both the environment and human health on a worldwide scale.

Polusi udara dianggap sebagai masalah global karena membahayakan lingkungan dan kesehatan manusia dalam skala global.

 

  1. Which gases are mentioned as harmful contributors to air pollution?  

Gas apa saja yang disebutkan sebagai penyumbang polusi udara yang berbahaya?  

Harmful gases mentioned include carbon dioxide and methane.

Gas berbahaya yang disebutkan antara lain karbon dioksida dan metana.

 

  1. Whom does the speaker encourage to work together to protect the air?

Siapa yang didorong oleh pembicara untuk bekerja sama melindungi udara?

The speaker encourages everyone in the audience to work together to protect the air.

Pembicara mendorong semua hadirin untuk bekerja sama melindungi udara.

 

  1. How can individuals help reduce air pollution?

Bagaimana individu dapat membantu mengurangi polusi udara?

Individuals can help reduce air pollution by using public transport, avoiding waste burning, and planting trees.

Individu dapat membantu mengurangi polusi udara dengan menggunakan transportasi umum, menghindari pembakaran sampah, dan menanam pohon.

 

  1. Why is air pollution a global issue?

Mengapa polusi udara menjadi isu global?

It impacts both local environments and the entire planet.

Hal ini berdampak pada lingkungan lokal dan seluruh planet.

 

  1. What can individuals do to reduce air pollution?

Apa yang dapat dilakukan individu untuk mengurangi polusi udara?

Use public transport and reduce waste burning.

Gunakan transportasi umum dan kurangi pembakaran sampah.

 

  1. How does air pollution contribute to global warming?

Bagaimana polusi udara berkontribusi terhadap pemanasan global?

By trapping heat with harmful gases like carbon dioxide.

Dengan memerangkap panas dengan gas berbahaya seperti karbon dioksida.

 

  1. Which of the following is an indirect result of air pollution?

Manakah dari berikut ini yang merupakan akibat tidak langsung dari polusi udara?

Rising sea levels due to climate change.

Naiknya permukaan air laut akibat perubahan iklim.

 

  1. Why is planting trees an effective way to combat air pollution?

Mengapa menanam pohon merupakan cara yang efektif untuk memerangi polusi udara?

Trees release oxygen and absorb harmful gases.

Pohon melepaskan oksigen dan menyerap gas berbahaya.

 

 

 

 

 

PART E

Recycling

Sarah :

Hey, Tom! 

Hei, Tom! 

What's that you're holding?

Apa itu yang kamu pegang?

 

 

Tom :

Just a plastic bottle. 

Hanya botol plastik. 

I was about to throw it away.

Aku hendak membuangnya.

 

Sarah:

You know, instead of throwing it away, you could recycle it. 

Tahukah Anda, daripada membuangnya, Anda bisa mendaur ulangnya. 

Small changes like that can help the planet.

Perubahan kecil seperti itu bisa membantu planet ini.

 

Tom

 

Really? How?

 

Benarkah ? Bagaimana?

 

 

Sarah:

First, you need to separate your trash at home. 

Pertama, Anda perlu memilah sampah di rumah. 

Use different bins for paper, plastic and glass

Gunakan tempat sampah yang berbeda untuk kertas, plastik, dan kaca

 

Tom :

Okay, separate the trash. What's next?

 

Oke, pisahkan sampahnya. Apa selanjutnya?

 

 

Sarah:

Next, make sure to clean any plastic or glass items before putting them in the recycling bin.

Selanjutnya, pastikan untuk membersihkan semua benda plastik atau kaca sebelum membuangnya ke tempat sampah daur ulang.

This helps the recycling process.

Ini membantu proses daur ulang.

 

Tom :

Oh, I didn't know that. 

 

Oh, aku tidak mengetahuinya. 

What else can we do?

Mau bagaimana lagi?

 

 

Sarah:

You can also reuse things instead of throwing them away. 

Anda juga dapat menggunakan kembali barang-barang tersebut daripada membuangnya. 

For example, use a reusable water bottle instead of buying plastic ones.

Misalnya, gunakan botol air yang dapat digunakan kembali daripada membeli botol plastik.

 

Tom :

Got it. 

Mengerti. 

What about other trash tips?

Bagaimana dengan tips sampah lainnya?

 

 

Sarah:

Always throw trash into the right bìn, 

Selalu membuang sampah pada tempat sampah yang benar, 

Avoid littering and encourage others to do the same.

Hindari membuang sampah sembarangan dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

 

Tom :

That makes sense. 

Itu masuk akal. 

What about food waste?

Bagaimana dengan sisa makanan?

 

 

Sarah:

You can compost food scraps to make fertilizer. 

Anda bisa membuat kompos sisa makanan untuk dijadikan pupuk. 

-

It's a great way to reduce waste.

Ini cara yang bagus untuk mengurangi limbah.

 

Tom:

Cool! 

Keren! 

I'll try that at home.

Saya akan mencobanya di rumah.

Sarah :

Awesome! 

Luar biasa! 

-

Let's teach our friends to manage trash better too

Mari kita ajari teman-teman kita untuk mengelola sampah dengan lebih baik juga.

 

 

 

  1. Who is holding a plastic bottle?

Siapa yang memegang botol plastik?

Tom is holding a plastic bottle.

Tom sedang memegang botol plastik.

 

  1. What does Sarah suggest Tom do with the plastic bottle?

Apa yang Sarah sarankan agar Tom lakukan dengan botol plastik itu?

Sarah suggests that Tom should recycle the plastic bottle instead of throwing it away.

Sarah menyarankan agar Tom mendaur ulang botol plastik tersebut daripada membuangnya.

 

  1. Where should Tom separate his trash?

Di mana Tom harus memisahkan sampahnya?

Tom should separate his trash at home.

Tom harus memisahkan sampahnya di rumah.

 

  1. When does Sarah say Tom should clean plastic or glass items?

Kapan Sarah mengatakan Tom harus membersihkan barang-barang plastik atau kaca?

Sarah says Tom should clean them before putting them in the recycling bin.

Sarah berkata Tom harus membersihkannya sebelum membuangnya ke tempat sampah daur ulang.

 

 

  1. Why is it important to clean plastic or glass items before recycling them?

Mengapa penting untuk membersihkan barang-barang plastik atau kaca sebelum mendaur ulangnya?

It is important to clean them because it helps the recycling process by removing contaminants.

Penting untuk membersihkannya karena membantu proses daur ulang dengan menghilangkan kontaminan.

 

  1. Which items does Sarah suggest using different bins for when separating trash?

Barang apa saja yang disarankan Sarah untuk menggunakan tempat sampah yang berbeda saat memilah sampah?

Sarah suggests using different bins for paper, plastic, and glass.

Sarah menyarankan untuk menggunakan tempat sampah yang berbeda untuk kertas, plastik, dan kaca.

  1. Whom does Sarah encourage to avoid littering?

Siapa yang Sarah anjurkan untuk menghindari membuang sampah sembarangan?

Sarah encourages everyone, including Tom, to avoid littering and to encourage others to do the same.

Sarah mendorong semua orang, termasuk Tom, untuk menghindari membuang sampah sembarangan dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

 

  1. How can food scraps be managed instead of being thrown away?

Bagaimana cara mengelola sisa makanan dan bukannya membuangnya?

Food scraps can be composted to make fertilizer.

Sisa makanan dapat dijadikan kompos untuk dijadikan pupuk.

 

  1. What should Tom do with the plastic bottle instead of throwing it away?

Apa yang harus Tom lakukan dengan botol plastik itu daripada membuangnya?

Tom should recycle the plastic bottle instead of throwing it away.

Tom harus mendaur ulang botol plastik tersebut daripada membuangnya.

 

  1. What are the steps Sarah mentioned for recycling trash at home?

Apa saja langkah yang Sarah sebutkan untuk mendaur ulang sampah di rumah?

The steps are: separate trash into different bins for paper, plastic, and glass; clean any plastic or glass items before recycling them.

 

Langkah-langkahnya adalah: pisahkan sampah ke dalam wadah yang berbeda untuk kertas, plastik, dan kaca; bersihkan semua benda plastik atau kaca sebelum mendaur ulangnya.

 

 

  1. What example did Sarah give for reusing things instead of throwing them away?

Teladan apa yang Sarah berikan dalam menggunakan kembali barang-barang dibandingkan membuangnya?

Sarah suggested using a reusable water bottle instead of buying plastic ones.

Sarah menyarankan untuk menggunakan botol air yang dapat digunakan kembali daripada membeli botol plastik

 

  1. What can be done with food scraps instead of throwing them in the trash?

Apa yang bisa dilakukan terhadap sisa makanan daripada membuangnya ke tempat sampah?

Food scraps can be composted to make fertilizer.

Sisa makanan dapat dijadikan kompos untuk dijadikan pupuk.

 

  1. Why does Sarah encourage Tom to throw trash into the right bin? 

Mengapa Sarah mendorong Tom untuk membuang sampah ke tempat sampah yang benar? 

Sarah encourages Tom to throw trash into the right bin to ensure proper recycling and waste management.

Sarah mendorong Tom untuk membuang sampah ke tempat sampah yang benar untuk memastikan daur ulang dan pengelolaan limbah yang benar.

 

  1. Why is it important to clean plastic or glass items before recycling them?

Mengapa penting untuk membersihkan barang-barang plastik atau kaca sebelum mendaur ulangnya?

It is important to clean them because contaminants can hinder the recycling process and degrade the quality of recycled materials.

Penting untuk membersihkannya karena kontaminan dapat menghambat proses daur ulang dan menurunkan kualitas bahan daur ulang.

 

  1. What does Sarah suggest to reduce littering?

Apa saran Sarah untuk mengurangi membuang sampah sembarangan?

Sarah suggests avoiding littering and encouraging others to do the same.

Sarah menyarankan untuk menghindari membuang sampah sembarangan dan mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama.

 

 

 

 

  1. What did Sarah say about the benefits of composting food scraps? 
  2. Apa kata Sarah tentang manfaat membuat kompos sisa makanan? 
  3. Sarah mentioned that composting food scraps is a great way to reduce waste and can create useful fertilizer.
  4. Sarah menyebutkan bahwa pengomposan sisa makanan adalah cara yang bagus untuk mengurangi sampah dan dapat menghasilkan pupuk yang bermanfaat.

 

  1. What does Tom decide to do after learning about these tips?
  2. Apa yang Tom putuskan untuk lakukan setelah mempelajari tips ini?
  3. Tom decides to try composting food scraps at home.
  4. Tom memutuskan untuk mencoba membuat kompos sisa makanan di rumah.

 

  1. What do Sarah and Tom plan to do after their conversation?

 

  1. Apa yang Sarah dan Tom rencanakan setelah percakapan mereka?
  2. They plan to teach their friends how to manage trash better as well.
  3. Mereka juga berencana untuk mengajari teman-temannya cara mengelola sampah dengan lebih baik.

 

  1. Here are multiple-choice questions and answers based on the conversation between Sarah and Tom:

 

 

 

 

  1. Answer the following questions based on the text above !
  2. What should Tom do with the plastic bottle instead of throwing it away?
  3. What are the steps Sarah mentioned for recycling trash at home?
  4. What example did Sarah give for reusing things instead of throwing them away?
  5. What can be done with food scraps instead of throwing them in the trash?
  6. Why does Sarah encourage Tom to throw trash into the right bìn?
  7. Why is it important to clean plastic or glass items before recycling them?
  8. What does Sarah suggest to reduce littering?
  9. What did Sarah say about the benefits of composting food scraps?
  10. What does Tom decide to do after learning about these tips?
  11. 10 What do Sarah and Tom plan to do after their conversation?

 

 

 

PART F

Water Saving

 

Lisa :

Hey, Eric !

 Did you hear about the water-saving campaign our school is starting?

 

Eric :

Yeah, I heard a little about it. 

Why is it so important to save water?

 

Lisa :

Well, water is a limited resource.

 If we waste it, there might not be enough clean water in the future.

 

Eric :

That's true. 

But how can we save water in our daily lives?

 

Lisa :

Its easier than you think. 

First, turn off the tap while brushing your teeth. 

You don't need the water running the whole time.

 

Eric :

Oh, I always forget to do that. What else?

 

Lisa :

Fix any leaking taps at home. 

Even small drips waste a lot of water over time.

 

Eric :

Hmm, I'll check the taps at my house. 

Anything else?

 

Lisa:

Use a bucket instead of a hose to wash your bike or water plants. 

It uses much less water.

 

Eric :

That's a good idea !. 

What about at schoolI?

 

Lisa :

We can report any leaks to the staff and remind our friends to use water wisely. 

Also, when washing hands, use just enough water and turn off the tap while soaping.

 

Eric :

Those are great tips, Lisa. 

Anything for cooking or cleaning?

 

Lisa :

Sure !Use the water from washing vegetables to water plants. 

And don't run the dishwasher or washing machine unless it's a full load.

 

Eric :

Wow, I didn't know there were so many ways to save water. 

I’ll start following them today.

 

Lisa :

Awesome! 

Let's make a difference together.

 

Who is starting the water-saving campaign?**     

Siapa yang memulai kampanye penghematan air?**  

The school is starting the water-saving campaign.

Sekolah memulai kampanye penghematan air.

 

 

What does Lisa suggest doing while brushing your teeth to save water?

Apa saran Lisa saat menggosok gigi untuk menghemat air?

Lisa suggests turning off the tap while brushing your teeth.

Lisa menyarankan untuk mematikan keran saat menggosok gigi.

 

Where can we report leaks according to Lisa? 

Kemana kita bisa melaporkan kebocoran menurut Lisa? 

We can report leaks to the staff at school.

Kami dapat melaporkan kebocoran kepada staf di sekolah.

 

When does Eric express his intention to start following the water-saving tips?

Kapan Eric mengutarakan niatnya untuk mulai mengikuti tips menghemat air?

Eric expresses his intention to start following the tips today.

Eric mengungkapkan niatnya untuk mulai mengikuti tips hari ini.

 

Why is it important to save water, according to Lisa?  

Mengapa penting menghemat air menurut Lisa?  

It is important to save water because it is a limited resource, and wasting it could lead to a shortage of clean water in the future.

Menghemat air merupakan hal yang penting karena merupakan sumber daya yang terbatas, dan membuangnya dapat menyebabkan kekurangan air bersih di masa depan.

 

 

 

 

Which method does Lisa recommend for washing a bike or watering plants?**  

Metode manakah yang Lisa rekomendasikan untuk mencuci sepeda atau menyiram tanaman?**     

 

Lisa recommends using a bucket instead of a hose.

Lisa merekomendasikan penggunaan ember daripada selang.

 

 

Whom does Lisa suggest we remind to use water wisely?**  

Siapa yang Lisa sarankan agar kita ingatkan untuk menggunakan air dengan bijak?**  

Lisa suggests reminding our friends to use water wisely.

Lisa menyarankan untuk mengingatkan teman-teman agar menggunakan air dengan bijak.

 

How can we use the water from washing vegetables?**  

Bagaimana cara menggunakan air dari mencuci sayuran?**  

We can use the water from washing vegetables to water plants.

Air dari mencuci sayuran bisa kita manfaatkan untuk menyiram tanaman.

 

Why is it important to save water, according to Lisa?**  

Mengapa penting menghemat air, menurut Lisa?**  

It is important to save water because water is a limited resource, and wasting it could lead to a shortage of clean water in the future.

Menghemat air merupakan hal yang penting karena air merupakan sumber daya yang terbatas, dan membuangnya dapat menyebabkan kekurangan air bersih di masa depan.

 

 

 

What is the first tip Lisa gives for saving water at home?**  

Apa tips pertama yang Lisa berikan untuk menghemat air di rumah?**  

The first tip Lisa gives is to turn off the tap while brushing your teeth.

Tips pertama yang Lisa berikan adalah mematikan keran saat menggosok gigi.

 

Why should we fix leaking taps at home?**  

Mengapa kita harus memperbaiki keran yang bocor di rumah?**  

We should fix leaking taps because even small drips can waste a lot of water over time.

Kita harus memperbaiki keran yang bocor karena tetesan air yang kecil sekalipun dapat membuang banyak air seiring berjalannya waktu.

 

What does Lisa suggest using instead of a hose to wash a bike or water plants? 

Apa yang Lisa sarankan untuk digunakan sebagai pengganti selang untuk mencuci sepeda atau menyiram tanaman? 

Lisa suggests using a bucket instead of a hose.

Lisa menyarankan untuk menggunakan ember daripada selang.

 

What does Lisa recommend doing with the water used to wash vegetables? 

Apa yang Lisa rekomendasikan untuk dilakukan dengan air bekas mencuci sayuran? 

Lisa recommends using that water to water plants.

Lisa merekomendasikan penggunaan air itu untuk menyiram tanaman.

 

Which expression does Eric use to show he has learned something new?

Ekspresi manakah yang digunakan Eric untuk menunjukkan bahwa dia telah mempelajari sesuatu yang baru?

Eric expresses learning by saying, "Wow, I didn't know there were so many ways to save water."

Eric mengungkapkan pembelajarannya dengan mengatakan, "Wow, saya tidak tahu ada begitu banyak cara untuk menghemat air."

 

 

 

 

 

What does Lisa say to suggest teamwork in saving water?

Apa yang Lisa katakan untuk menyarankan kerja sama tim dalam menghemat air?

Lisa suggests teamwork by saying, "Let's make a difference together."

Lisa menyarankan kerja sama tim dengan mengatakan, "Mari kita membuat perbedaan bersama-sama."

 

How does Eric express agreement with Lisa's ideas?

Bagaimana Eric menyatakan persetujuannya terhadap ide Lisa?

Eric expresses agreement by saying, "Those are great tips, Lisa."

Eric menyatakan persetujuannya dengan mengatakan, "Itu tip yang bagus, Lisa."

 

 

Why is it important to save water, according to Lisa ?

Mengapa penting menghemat air menurut Lisa?

According to Lisa, it is important to save water because water is a limited resource, and wasting it means there might not be enough clean water in the future

Menurut Lisa, penghematan air penting dilakukan karena air merupakan sumber daya yang terbatas dan jika disia-siakan berarti tidak akan ada cukup air bersih di masa depan.

 

What is the first tip Lisa gives for saving water at home?

Apa tips pertama yang Lisa berikan untuk menghemat air di rumah?

The first tip Lisa gives is to turn off the tap while brushing teeth

Tips pertama yang Lisa berikan adalah mematikan keran saat menggosok gigi

 

Why should we fix leaking taps at home?

Mengapa kita harus memperbaiki keran yang bocor di rumah?

Fixing leaking taps at home helps prevent wasting a significant amount of water over time due to small drips

Memperbaiki keran yang bocor di rumah membantu mencegah terbuangnya banyak air seiring waktu karena tetesan kecil

 

 

 

 

What does Lisa suggest using instead of a hose to wash a bike or water plants?

Lisa suggests using a bucket instead of a hose to wash a bike or water plants, which uses much less water

 

What does Lisa recommend doing with the water used to wash vegetables?

Lisa recommends reusing the water from washing vegetables to water plants

 

Which expression does Eric use to show he has learned something new?

Eric expresses learning something new by saying "**Wow, I didn't know there were so many ways to save water**"

 

What does Lisa say to suggest teamwork in saving water?**

Lisa encourages teamwork by suggesting*Let's make a difference together**," emphasizing collective effort towards saving water

 

How does Eric express agreement with Lisa's ideas?

Eric shows agreement by responding positively to each suggestion made by Lisa, such as checking his taps and planning to implement various water-saving practices. He says "**Those are great tips**, **Lisa**" and "**I’ll start following them today**," indicating approval and commitment to her suggestions

 

 

 

 

Alamat kami :

 

Gadjah Mada English School ( GMES)

 

Jl. Kadipaten Kulon No. 27 B, Kraton , Yogyakarta

 

Phone/WA :  0812 274 7050

 

Website : gmesenglish.blogspot.com

 

Bantuan Transportasi :

 

Google Map : tulis “gmes english”

Gojek           : tulis “ gmes english”

Grab             : tulis “gmes english”

 

 

----     

 

Belajar     Bahasa Inggris bisa juga dengan jarak jauh /on line / internet menggunakan aplikasi “ Zoom Meeting ” dan “ Google Meet “ 

 

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar