Selasa, 03 September 2024

Soal Describing A Person 2 , Descriptive Text About A Person , Menggambarkan Seseorang Dalam Bahasa Inggris

 

 

DESCRIBING PERSON 2

MENGGAMBARKAN ORANG 2

 

 

Definition of Descriptive Text

Pengertian Teks Deskriptif

Descriptive Text is a type of text that aims to describe and reveal a particular person, place, or thing. 

Teks Deskriptif adalah jenis teks yang bertujuan untuk menggambarkan dan mengungkapkan seseorang, tempat, atau benda tertentu. 

-

It provides a detailed and sensory description of the subject, including its features, forms, colors, and other relevant characteristics. 

Ini memberikan deskripsi rinci dan sensorik tentang subjek, termasuk fitur, bentuk, warna, dan karakteristik relevan lainnya.

-

The purpose of descriptive text is to paint a vivid picture in the reader's mind, making it clear and specific about the object or person being described.

Tujuan dari teks deskriptif adalah untuk memberikan gambaran yang hidup di benak pembaca, menjadikannya jelas dan spesifik tentang objek atau orang yang dideskripsikan.

 

Generic Structure of Descriptive Text

The generic structure of a descriptive text typically follows a specific arrangement:

Struktur Generik Teks Deskriptif

Struktur umum teks deskriptif biasanya mengikuti susunan tertentu:

 

  1. Identification: This section introduces the person, place, animal, or object that will be described

Identifikasi: Bagian ini memperkenalkan orang, tempat, hewan, atau benda yang akan dijelaskan 

-

It provides an overview or introduction to the topic.

Ini memberikan gambaran umum atau pengenalan topik.

\

  1. Description: This section contains detailed descriptions of the object or person, including its features, forms, colors, and other relevant characteristics

Deskripsi: Bagian ini berisi uraian rinci tentang suatu benda atau orang, termasuk ciri-cirinya, bentuk, warnanya, dan ciri-ciri lain yang relevan

-

It often consists of several paragraphs and provides a comprehensive understanding of the subject.

Seringkali terdiri dari beberapa paragraf dan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang subjek.

 

Social Function of Descriptive Text

Fungsi Sosial Teks Deskriptif

 

The social function of descriptive text is to communicate a clear and specific description of a person, place, thing, or animal. It serves several purposes:

Fungsi sosial teks deskriptif adalah untuk mengkomunikasikan gambaran yang jelas dan spesifik tentang seseorang, tempat, benda, atau binatang. Ini memiliki beberapa tujuan:

 

  1. To Describe: To provide a detailed and accurate description of the subject.

Untuk Menjelaskan: Untuk memberikan gambaran rinci dan akurat tentang subjek.

  1. To Represent: To represent the subject in a way that is easily understood by the reader.

Mewakili: Mewakili subjek dengan cara yang mudah dipahami oleh pembaca.

  1. To Reveal: To reveal the characteristics and features of the subject in a way that engages the reader.

Mengungkapkan: Mengungkapkan karakteristik dan fitur subjek dengan cara yang menarik perhatian pembaca.

 

By fulfilling these functions, descriptive text enhances understanding and fosters a deeper connection between the reader and the subject being described.

Dengan memenuhi fungsi-fungsi ini, teks deskriptif meningkatkan pemahaman dan menumbuhkan hubungan yang lebih dalam antara pembaca dan subjek yang dijelaskan.

 

 

 

PART A

 

Paragraph 1:

  1. My name is Anita and I have a close friend. 

Nama saya Anita dan saya mempunyai seorang teman dekat

-

  1. She is 17 years old. 

Dia berumur 17 tahun. 

-

  1. Her name is Elisabeth . 

Namanya Elisabeth. 

-

  1. She is an American student. 

Dia adalah seorang pelajar Amerika. 

-

  1. Her favourite subject is English. 

Mata pelajaran favoritnya adalah bahasa Inggris.

-

  1. She is sporty girl. 

Dia gadis yang sportif

-

  1. She loves playing badminton and swimming.

Dia suka bermain bulutangkis dan berenang.

 

Paragraph 2:

  1. Elisabeth is very beautiful and kind-hearted

Elisabeth sangat cantik dan baik hati

-

  1. She is tall and thin

Dia tinggi dan kurus.

-

  1. She has medium straight brown hair

Dia memiliki rambut coklat lurus sedang

-

  1. Her eye is big and green. 

Matanya besar dan hijau 

-

  1. She has small nose, small mouth, and red lips

Dia memiliki hidung kecil, mulut kecil, dan bibir merah. 

-

  1. She has fair complexion and she has freckles on her face.

Dia memiliki kulit yang cerah dan bintik-bintik di wajahnya.

 

$$* Questions and Answers *$$

 

  1. Who is Anita's close friend?

Siapa teman dekat Anita?

Elisabeth

Elisabeth

  1. What are Elisabeth's favourite subjects?

Apa mata pelajaran favorit Elisabeth?

English

Bahasa inggris

  1. Where is Elisabeth from?

Dari mana Elisabeth berasal?

She is an American student.

Dia adalah seorang pelajar Amerika.

  1. What sports does Elisabeth enjoy playing?

Olahraga apa yang disukai Elisabeth?

She loves playing badminton and swimming.

Dia suka bermain bulutangkis dan berenang.

  1. How would you describe Elisabeth's physical appearance?

Bagaimana Anda menggambarkan penampilan fisik Elisabeth?

She is tall and thin, with medium straight brown hair, big and green eyes, a small nose, small mouth, red lips, fair complexion, and freckles on her face.

Dia tinggi dan kurus, dengan rambut coklat lurus sedang, mata besar dan hijau, hidung kecil, mulut kecil, bibir merah, kulit cerah, dan bintik-bintik di wajahnya.

 

 

Buku Pendamping  19/21

 

 

 

 

PART B

 

Paragraph 1 :

  1. I have a lot a lot of friends in my school . 

Aku mempunyai banyak sekali teman di sekolahku. 

-

  1. One of them is Sinta. 

Salah satunya Sinta. 

-

  1. She has been my best friend since Junior High School. 

Dia adalah sahabatku sejak SMP.

  1. We don't study in the same class. 

Kami tidak belajar di kelas yang sama. 

-

  1. But we meet at school every day during recess and after school. 

Tapi kami bertemu di sekolah setiap hari saat jam istirahat dan sepulang sekolah. 

-

  1. I first met her at Junior High School orientation and we've been friends ever since.

Saya pertama kali bertemu dengannya saat orientasi SMP dan kami berteman sejak saat itu.

 

Paragraph 2 :

  1. Sinta is good-looking

Sinta cantik

-

  1. She is not too tall, with fair skin and wavy black hair that she often puts in ponytail. 

Dia tidak terlalu tinggi, dengan kulit putih dan rambut hitam bergelombang yang sering dia kuncir kuda. 

-

  1. At school, she wears the uniform. 

Di sekolah, dia memakai seragam. 

-

  1. Besides, she likes to wear jeans, casual t-shirt and sneakers. 

Selain itu, dia suka memakai jeans, kaos kasual, dan sepatu kets. 

-

  1. Her favourite T-shirt s are those in bright colours like pink, light green, and orange. 

T-shirt favoritnya adalah warna-warna cerah seperti pink, hijau muda, dan oranye

-

  1. She is always cheerful

Dia selalu ceria. 

-

  1. She is also very friendly and likes to make friends with anyone.

Dia juga sangat ramah dan suka berteman dengan siapa saja.

 

Paragraph 3 :

  1. Like many other girls, she also talkative

Seperti banyak gadis lainnya, dia juga banyak bicara.

-

  1. She likes to share her thoughts and feelings to her friends. 

Dia suka berbagi pikiran dan perasaannya kepada teman-temannya 

-

  1. I think that's why many friends enjoy her company. 

Saya pikir itu sebabnya banyak teman menikmati kebersamaannya. 

-

  1. However, she can be a bit childish sometimes. 

Namun, terkadang dia bisa menjadi sedikit kekanak-kanakan

-

  1. For example. 

Misalnya. 

-

  1. When she doesn't get what she wants, she acts like a child and stamp her feet.

Ketika dia tidak mendapatkan apa yang diinginkannya, dia bertingkah seperti anak kecil dan menghentakkan kakinya.

 

Buku Pendamping 20/23

 

$$* Questions and Answers *$$

 

  1. Who is Sinta?
     
    Siapa Sinta?

Sinta is the best friend of the narrator.

Sinta adalah sahabat narator.

  1. What are some characteristics of Sinta?
     
    Apa saja ciri-ciri Sinta?

Sinta is good-looking, not too tall, with fair skin and wavy black hair. She is cheerful, friendly, and talkative.

Sinta berpenampilan menarik, tidak terlalu tinggi, berkulit putih dan rambut hitam bergelombang. Dia ceria, ramah, dan banyak bicara.

  1. When did the narrator first meet Sinta?
     
    Kapan narator pertama kali bertemu Sinta?

The narrator first met Sinta at junior high school orientation.

Narator pertama kali bertemu Sinta saat masa orientasi SMP.

  1. Where do the narrator and Sinta meet at school?
     
    Di mana narator dan Sinta bertemu di sekolah?

The narrator and Sinta meet at school every day during recess and after school.

Narator dan Sinta bertemu di sekolah setiap hari saat jam istirahat dan sepulang sekolah.

  1. How does Sinta behave when she doesn't get what she wants?
     
    Bagaimana sikap Sinta jika keinginannya tidak tercapai?

When Sinta doesn't get what she wants, she acts like a child and stamps her feet.

Ketika Sinta tidak mendapatkan apa yang diinginkannya, dia bertingkah seperti anak kecil dan menghentakkan kakinya.

 

Buku Pendamping 20

 

 

              

PART C

Paragraph 1:

  1. My best friend is Hendry. 

Sahabatku adalah Hendry. 

-

  1. He is my classmate. 

Dia adalah teman sekelasku. 

-

  1. We go to school together.

Kami pergi ke sekolah bersama.

 

Paragraph 2:

  1. Hendry comes from an educated family. 

Hendry berasal dari keluarga terpelajar

-

  1. His father is a school principal and his mother is also a teacher.

Ayahnya adalah seorang kepala sekolah dan ibunya juga seorang guru.

 

Paragraph 3:

  1. He is punctual, well-educated, and has good manners

Dia tepat waktu, berpendidikan tinggi, dan memiliki sopan santun 

-

  1. He is really hard working. 

Dia benar-benar pekerja keras. 

-

  1. He always does his homework. 

Dia selalu mengerjakan pekerjaan rumahnya. 

-

  1. He is also well-dressed and well-behaved

Dia juga berpakaian bagus dan berperilaku baik

-

  1. All teachers have a high opinion of him.

Semua guru mempunyai pendapat yang tinggi tentang dia.

 

Paragraph 4:

  1. Hendry has a well-built body

Hendry memiliki tubuh yang tegap. 

-

  1. He is gentle but fearless. 

Dia lembut tapi tidak takut.

-

  1. He takes part in all sports, scout, trekking and mountaineering activities. 

Dia mengambil bagian dalam semua kegiatan olahraga, pramuka, trekking, dan mendaki gunung 

-

  1. He has a good heart. 

Dia memiliki hati yang baik. 

-

  1. He is truthful, honest and obedient.

Dia jujur, jujur, dan taat.

 

Paragraph 5:

  1. He also plays the guitar, and he makes his parents very proud of him. 

Dia juga bermain gitar, dan dia membuat orang tuanya sangat bangga padanya. 

-

  1. He secures good marks and is usually top of his class in examinations. 

Dia mendapatkan nilai bagus dan biasanya menjadi yang terbaik di kelasnya dalam ujian. 

-

  1. He inspires me to work harder

Dia menginspirasi saya untuk bekerja lebih keras

-

  1. He keeps me away from bad company. 

Dia menjauhkanku dari pergaulan yang buruk. 

-

  1. I am happy to have such a friend.

Saya senang mempunyai teman seperti itu.

 

$$* Questions and Answers *$$

 

  1. Who is Hendry?

Siapa Hendry?

Hendry is my best friend.

Hendri adalah sahabatku.

  1. What are some of Hendry's qualities?

Apa sajakah kualitas Hendry?

Hendry is punctual, well-educated, hard working, well-dressed, well-behaved, truthful, honest, obedient, and has good manners.

Hendry adalah orang yang tepat waktu, terpelajar, pekerja keras, berpakaian bagus, berkelakuan baik, jujur, jujur, patuh, dan mempunyai budi pekerti yang baik.

  1. Where does Hendry come from?

Hendry berasal dari mana?

Hendry comes from an educated family.

Hendry berasal dari keluarga terpelajar.

  1. Why do all teachers have a high opinion of Hendry?

Mengapa semua guru menilai tinggi Hendry?

All teachers have a high opinion of Hendry because he always does his homework, secures good marks, and is usually top of his class in examinations.

Semua guru sangat menghargai Hendry karena dia selalu mengerjakan pekerjaan rumahnya, mendapat nilai bagus, dan biasanya mendapat nilai terbaik di kelasnya dalam ujian.

  1. How does Hendry inspire you?

Bagaimana Hendry menginspirasi Anda?

Hendry inspires me to work harder by keeping me away from bad company and making me proud with his achievements.

Hendry menginspirasi saya untuk bekerja lebih keras dengan menjauhkan saya dari pergaulan yang buruk dan membuat saya bangga dengan prestasinya.

 

 

 

Buku Pendamping 22/26

 

 

PART D

 

Paragraph 1 :

  1. Ryan has been my close friend for two years. 

Ryan telah menjadi teman dekatku selama dua tahun.

-

  1. I first met him on a school exchange trip to  Sydney, Australia. 

Saya pertama kali bertemu dengannya dalam perjalanan pertukaran sekolah ke Sydney, Australia. 

-

  1. I asked him the way to the library and we started talking. 

Saya menanyakan jalan ke perpustakaan dan kami mulai berbicara. 

-

  1. We've been friends ever since.

Kami berteman sejak saat itu.

 

Paragraph 2 :

  1. Ryan is quite good-looking

Ryan cukup tampan

-

  1. He's tall and slim, with olive skin and curly dark hair. 

Dia tinggi dan langsing, dengan kulit zaitun dan rambut hitam keriting. 

-

  1. Like many French people, he has a great sense of style, so he always looks well-dressed even in casual clothes.

Seperti kebanyakan orang Prancis, dia memiliki selera gaya yang tinggi, sehingga dia selalu terlihat berpakaian bagus bahkan dengan pakaian kasual.

 

Paragraph 3 :

  1. Ryan is very outgoing

Ryan sangat ramah 

-

  1. He is always friendly and loves to have fun. 

Dia selalu ramah dan suka bersenang-senang 

-

  1. He's got a fantastic sense of humour and he always makes me laugh. 

Dia punya selera humor yang luar biasa dan dia selalu membuatku tertawa. 

-

  1. However, he can be a bit immature at times. 

Namun, terkadang dia bisa menjadi sedikit tidak dewasa.

  1. For example, when he doesn't get what he wants, he acts childishly and stamps his feet.

Misalnya,ketika dia tidak mendapatkan apa yang diinginkannya, dia bertindak kekanak-kanakan dan menghentakkan kakinya.

 

Paragraph 4 :

  1. Ryan is very keen on water sports. 

Ryan sangat menyukai olahraga air. 

-

  1. He likes sailing and he spends a lot of time on his boat. 

Dia suka berlayar dan dia menghabiskan banyak waktu di perahunya. 

-

  1. He enjoys scuba diving, too, and loves exploring life under sea.

Dia juga menikmati scuba diving, dan suka menjelajahi kehidupan di bawah laut.

 

Paragraph 5 :

  1. All in all, I'm glad to have Ryan as my friend. 

Secara keseluruhan, saya senang memiliki Ryan sebagai teman saya. 

-

  1. It's a pleasure to be with him and I really enjoy his company. 

Senang bisa bersamanya dan saya sangat menikmati kebersamaannya.

  1. I'm sure we'll always be close friends.

Aku yakin kita akan selalu menjadi teman dekat.

 

 

$$* Questions and Answers *$$

 

  1. Who is Ryan?

Siapa Ryan?

Ryan is my close friend.

Ryan adalah teman dekatku.

  1. Where did you first meet Ryan?

Di mana pertama kali kamu bertemu Ryan?

I first met Ryan on a school exchange trip to Sydney, Australia.

Saya pertama kali bertemu Ryan dalam perjalanan pertukaran sekolah ke Sydney, Australia 

  1. What are some of Ryan's characteristics?

Apa saja ciri-ciri Ryan?

Ryan is quite good-looking, tall and slim, with olive skin and curly dark hair. He has a great sense of style and is very outgoing, always friendly and loves to have fun. He also has a fantastic sense of humor.

Ryan cukup tampan, tinggi dan langsing, dengan kulit zaitun dan rambut hitam keriting. Dia memiliki selera gaya yang tinggi dan sangat ramah, selalu ramah dan suka bersenang-senang. Dia juga memiliki selera humor yang luar biasa.

  1. When did you start talking to Ryan?

Kapan Anda mulai berbicara dengan Ryan?

We started talking after I asked him the way to the library.

Kami mulai berbicara setelah saya menanyakan jalan ke perpustakaan.

  1. How does Ryan spend his time?

Bagaimana Ryan menghabiskan waktunya?

Ryan spends a lot of time on his boat sailing and enjoys scuba diving, exploring life under the sea. He also loves to have fun and make people laugh with his sense of humor

Ryan menghabiskan banyak waktu di perahunya untuk berlayar dan menikmati scuba diving, menjelajahi kehidupan di bawah laut. Dia juga suka bersenang-senang dan membuat orang tertawa dengan selera humornya

 

Buku Pendamping     23/26

 

 

PART E

 

Paragraph 1 :

  1. This is Nadine. 

Ini Nadine.

-

  1. She is a seventh grader at SMP Nusantara. 

Dia adalah siswa kelas tujuh di SMP Nusantara 

-

  1. She is the daughter of Mr. Anton Sudibyo and Mrs. Rima Mawarwati . 

Beliau merupakan putri dari Bapak Anton Sudibyo dan Ibu Rima Mawarwati. 

-

  1. She is from          Yogyakarta, but she lives in Bali now.

Dia berasal dari Yogyakarta, tapi sekarang dia tinggal di Bali.

 

Paragraph 2 :

  1. Nadine has a slim body. 

Nadine memiliki tubuh langsing

-

  1. She is about 150 centimeters tall. 

Tingginya sekitar 150 sentimeter 

-

  1. Her eyes are round and large

Matanya bulat dan besar. 

-

  1. She has a pointed nose.

Dia memiliki hidung yang mancung.

 

Paragraph 3 :

  1. Nadine is a friendly girl. 

Nadine adalah gadis yang ramah. 

-

  1. She always greets her friends. 

Dia selalu menyapa teman-temannya.

  1. She is kind towards everyone she knows. 

Dia baik terhadap semua orang yang dia kenal.

  1. That's why she has a lot of friends.

Itu sebabnya dia punya banyak teman.

 

Paragraph 4 :

  1. Nadine likes singing and dancing for pleasure. 

Nadine suka menyanyi dan menari untuk kesenangan 

-

  1. She joins the extracurricular music at school and practices singing three times a week. 

Dia bergabung ekstrakurikuler musik di sekolah dan latihan menyanyi tiga kali seminggu. 

-

  1. She also joins a dance club. 

Dia juga bergabung dengan klub dansa.

  1. She practices dancing every Tuesday and Friday.

Dia berlatih menari setiap hari Selasa dan Jumat.

 

 

$$* Questions and Answers *$$

 

 

 

  1. Who is Nadine?
     
    Siapakah Nadine?

Nadine is a seventh grader at SMP Nusantara.

Nadine adalah siswa kelas tujuh di SMP Nusantara.

  1. What does Nadine like to do for pleasure?
     
    Apa yang Nadine suka lakukan untuk kesenangan?

Nadine likes singing and dancing for pleasure.

Nadine suka menyanyi dan menari untuk kesenangan.

  1. Why does Nadine have a lot of friends?
     
    Mengapa Nadine punya banyak teman?

Nadine has a lot of friends because she is a friendly girl and kind towards everyone she knows.

Nadine mempunyai banyak teman karena dia adalah gadis yang ramah dan baik terhadap semua orang yang dia kenal.

  1. When does Nadine practice singing?
     
    Kapan Nadine berlatih menyanyi?

Nadine practices singing three times a week.

Nadine berlatih menyanyi tiga kali seminggu. 

  1. Where does Nadine live now?
     
    Dimana Nadine tinggal sekarang?

Nadine lives in Bali now.

Nadine tinggal di Bali sekarang.

 

 

Answer the following questions by referring to the previous text

  1. What is the text about?

Teks tersebut membahas tentang apa?

  1. What is the main idea of the paragraph 2? 

Apa gagasan pokok paragraf 2?

  1. What is the purpose of the text?

Apa tujuan dari teks tersebut?

 

Talenta 14

 

 

 

PART F

Paragraph 1:

  1. Miranti goes to school at SMP Bahagia. 

Miranti bersekolah di SMP Bahagia. 

-

  1. She is in the seventh grade now. 

Dia duduk di kelas tujuh sekarang. 

-

  1. She leaves for school at 6.30 a.m. 

Dia berangkat ke sekolah pada pukul 06.30. 

-

  1. She goes to school on foot because the school is not far

Dia berangkat ke sekolah dengan berjalan kaki karena jarak sekolahnya tidak jauh

-

  1. She usually goes to school alone.

Dia biasanya pergi ke sekolah sendirian.

 

Paragraph 2:

  1. Miranti is known for her height. 

Miranti dikenal dengan tinggi badannya. 

-

  1. She is 167 centimeters tall. 

Tingginya 167 sentimeter.

  1. She has a medium-sized body. 

Dia memiliki tubuh berukuran sedang.

  1. She has a pointed nose and small eyes. 

Dia memiliki hidung lancip dan mata kecil. 

-

  1. Her hair is short and straight

Rambutnya pendek dan lurus

-

  1. It's black in color. 

Warnanya hitam

-

  1. She wears glasses, but she still looks pretty.

Dia memakai kacamata, tapi dia tetap terlihat cantik.

 

Paragraph 3:

  1. Miranti is diligent. She never comes to school late

Miranti rajin. Dia tidak pernah datang terlambat ke sekolah. 

-

  1. She always comes earlier in order to clean her desk and to sweep the floor of the classroom. 

Dia selalu datang lebih awal untuk membersihkan mejanya dan menyapu lantai kelas.

  1. She is also such a clever student.

Dia juga murid yang pintar.

 

Paragraph 4:

 

  1. She is good at every subject and masters all the materials. 

Dia pandai dalam setiap mata pelajaran dan menguasai semua materi. 

-

  1. She always gets good scores in the tests. 

Dia selalu mendapat nilai bagus dalam ujian. 

-

  1. She often gets the first rank at school.

Dia sering mendapat peringkat pertama di sekolah.

 

$$* Questions and Answers **$$

 

 

  1. Who is known for her height?
     
    Siapa yang terkenal dengan tinggi badannya?

Miranti is known for her height.

Miranti dikenal dengan tinggi badannya.

  1. What is Miranti's height?
     
    Berapa tinggi badan Miranti?

Miranti is 167 centimeters tall.

Miranti memiliki tinggi 167 sentimeter.

  1. Where does Miranti sweep the floor?
     
    Dimana Miranti menyapu lantai?

Miranti sweeps the floor of the classroom.

Miranti menyapu lantai kelas.

  1. Why does Miranti come to school early?
     
    Mengapa Miranti datang ke sekolah lebih awal?

Miranti comes to school early to clean her desk and to sweep the floor of the classroom.

Miranti datang ke sekolah lebih awal untuk membersihkan meja dan menyapu lantai kelas.

  1. How does Miranti achieve good scores in tests?
     
    Bagaimana Miranti meraih nilai bagus dalam ujian?

Miranti achieves good scores in tests because she is a clever student and masters all the materials in every subject.

Miranti meraih nilai bagus dalam ulangan karena dia adalah siswa yang pandai dan menguasai semua materi di setiap mata pelajaran.

 

 

 

  1. Who goes to school at SMP Bahagia?

Siapa yang bersekolah di SMP Bahagia?

Miranti goes to school at SMP Bahagia.

Miranti bersekolah di SMP Bahagia.

  1. Who is known for her height?

Siapa yang dikenal karena tinggi badannya?

Miranti is known for her height.

Miranti dikenal karena tinggi badannya.

  1. What grade is Miranti currently in?

Miranti sekarang duduk di kelas berapa?

She is in the seventh grade now.

Dia sekarang duduk di kelas tujuh.

 

  1. What time does Miranti leave for school?

Pukul berapa Miranti berangkat sekolah?

She leaves for school at 6:30 a.m.

Dia berangkat sekolah pukul 06.30 pagi

  1. What does Miranti do before classes start? 

Apa yang Miranti lakukan sebelum kelas dimulai?

She cleans her desk and sweeps the floor of the classroom.

Dia membersihkan mejanya dan menyapu lantai kelas.

  1. When does Miranti usually go to school?

Kapan Miranti biasanya berangkat sekolah?

She usually goes to school at 6:30 a.m.

Dia biasanya berangkat sekolah pukul 06.30 pagi.

  1. Where does Miranti go to school?

Di mana Miranti bersekolah?

She goes to school at SMP Bahagia.

Dia bersekolah di SMP Bahagia.

  1. Where does Miranti usually walk to school?

Di mana Miranti biasanya berjalan kaki ke sekolah?

She walks to school because it is not far from her home.

Dia berjalan kaki ke sekolah karena tidak jauh dari rumahnya.

  1. Why does Miranti go to school on foot? 

Mengapa Miranti pergi ke sekolah dengan berjalan kaki?

She goes to school on foot because the school is not far.

Dia pergi ke sekolah dengan berjalan kaki karena sekolahnya tidak jauh.

  1. Why does she come to school early? 

Mengapa dia datang ke sekolah lebih awal?

She comes early in order to clean her desk and sweep the classroom floor.

Dia datang lebih awal untuk membersihkan mejanya dan menyapu lantai kelas.

  1. Which subjects is Miranti good at?

Mata pelajaran apa saja yang dikuasai Miranti?

She is good at every subject and masters all the materials.

Dia menguasai semua mata pelajaran dan menguasai semua materi.

  1. How tall is Miranti?

Berapa tinggi Miranti?

She is 167 centimeters tall.

Tingginya 167 sentimeter.

  1. How does Miranti perform in tests?

Bagaimana prestasi Miranti dalam ujian?

She always gets good scores in the tests and often ranks first at school.

Dia selalu mendapat nilai bagus dalam ujian dan sering mendapat peringkat pertama di sekolah.

 

 

 

 

 

 

 

Citations:

[

 

  1. What is the purpose of the text above?

Apa maksud dari teks di atas?

  1. What is the main idea of the paragraph 2? 

Apa gagasan pokok paragraf 2? 

  1. What does the third paragraph tell about? 

Apa isi paragraf ketiga? 

  1. "She has a medium-sized body." (Paragraph 2)

“Dia memiliki tubuh berukuran sedang." (Paragraf 2)

What does the sentence above mean?

Apa maksud kalimat di atas?

  1. "It's black in color." (Paragraph 2)

"Warnanya hitam." (Paragraf 2)

What does 'it' in the sentence refer to?

Apa yang dimaksud dengan 'itu' dalam kalimat tersebut?

 

What is the purpose of the text above?

 

The purpose of the text is to provide detailed information about Miranti, focusing on her personal characteristics, habits, and attributes related to her education and daily routine.

 

What is the main idea of the paragraph 2?

 

The main idea of paragraph 2 is to describe Miranti's physical appearance, highlighting her height, body size, facial features, hairstyle, and wearing glasses.

 

What does the third paragraph tell about?

 

The third paragraph discusses Miranti's diligence and academic excellence. It mentions that she arrives early to clean her desk and sweep the classroom floor, indicating her responsibility and dedication to maintaining cleanliness. Additionally, it notes that she is a clever student who achieves good grades and often ranks first in her class.

 

"She has a medium-sized body." (Paragraph 2)

**Apa maksud kalimat di atas?**

 

Kalimat tersebut berarti bahwa tubuh Miranti tidak terlalu besar atau kecil, tetapi memiliki ukuran yang sedang menengah.

 

### Question 5: "'It's black in color.'" (Paragraph 2)

**What does 'it' in the sentence refer to?**

 

Dalam konteks paragraf tersebut, kata benda "hair" adalah apa yang dimaksud dengan "black in color". Artinya rambut Miranti berwarna hitam.

 

 

Talenta  20

    - 

 

 

 

PART G

Paragraph 1 :

  1. I have a close friend. 

Saya punya teman dekat 

-

  1. He is Ridwan Antony . 

Dialah Ridwan Antony 

-

  1. I usually call him Ridwan. 

Aku biasa memanggilnya Ridwan. 

-

  1. He comes from Magelang, Central Java.

Dia berasal dari Magelang, Jawa Tengah.

 

 

Paragraph 2 :

 

  1. He was born on February 20th 2017. 

Dia lahir pada tanggal 20 Februari 2017. 

-

  1. He lives next to my house. 

Dia tinggal di sebelah rumah saya. 

-

  1. It is at JI. Sudirman Number 35 Yogyakarta. 

Itu di JI. Sudirman Nomor 35 Yogyakarta.

-

  1. We always study together. 

Kami selalu belajar bersama. 

-

  1. He always helps me to solve the math problem. 

Dia selalu membantuku menyelesaikan soal matematika.

  1. He never gets bad score in Math and English. 

Dia tidak pernah mendapat nilai buruk dalam Matematika dan Bahasa Inggris 

-

  1. He lives with his parents and his older sister. 

Dia tinggal bersama orang tuanya dan kakak perempuannya. 

-

  1. His father, Mr. Bagas Narendra is a lecture in  Nusa Indah University. 

Ayahnya, Pak Bagas Narendra adalah seorang dosen di Universitas Nusa Indah. 

-

  1. Mrs. Lestariningsih  is his mother. 

Ibu Lestariningsih adalah ibunya.

-

  1. She  is a teacher in Senior High School Yogyakarta. 

Dia adalah seorang guru di SMA Yogyakarta. 

-

  1. Ridwan always plays basketball with me every Saturday and Sunday morning. 

Ridwan selalu bermain basket bersamaku setiap Sabtu dan Minggu pagi. 

-

  1. Now, he studies in SMP Bintang Fajar Yogyakarta at grade seven like me.

Sekarang dia bersekolah di SMP Bintang Fajar Yogyakarta kelas tujuh seperti saya.

 

$$* Questions and Answers * $$

 

 

  1. Who is Ridwan Antony?

Siapakah Ridwan Antony?

Ridwan Antony is my close friend.

Ridwan Antony adalah teman dekat saya.

  1. Who are Ridwan's parents?

Siapakah orang tua Ridwan?

His father is Mr. Bagas Narendra, and his mother is Mrs. Lestariningsih.

Ayahnya adalah Tn. Bagas Narendra, dan ibunya adalah Ny. Lestariningsih.

  1. What does Ridwan help me with? 

Apa yang Ridwan bantu saya?

He helps me to solve math problems.

Dia membantu saya memecahkan soal matematika.

  1. What university does Ridwan's father work at?

Di universitas mana ayah Ridwan bekerja?

He works at Nusa Indah University.

Dia bekerja di Universitas Nusa Indah.

  1. What grade is Ridwan currently studying in?

Di kelas berapa Ridwan sekarang belajar?

He is studying in grade seven at SMP Bintang Fajar Yogyakarta.

Dia belajar di kelas tujuh di SMP Bintang Fajar Yogyakarta.

  1. When was Ridwan born?

Kapan Ridwan lahir?

He was born on February 20th, 2017.

Dia lahir pada tanggal 20 Februari 2017.

  1. When does Ridwan play basketball with me?

Kapan Ridwan bermain basket dengan saya?

He plays basketball with me every Saturday and Sunday morning.

Dia bermain basket dengan saya setiap Sabtu dan Minggu pagi.

  1. Where does Ridwan live?

Di mana Ridwan tinggal?

He lives next to my house at JI. Sudirman Number 35 Yogyakarta.

Dia tinggal di sebelah rumah saya di JI. Sudirman Nomor 35 Yogyakarta.

  1. Where does Ridwan study?

Di mana Ridwan belajar?

He studies at SMP Bintang Fajar Yogyakarta.

Dia belajar di SMP Bintang Fajar Yogyakarta.

  1. Why does Ridwan never get bad scores in Math and English?  

Mengapa Ridwan tidak pernah mendapat nilai jelek di Matematika dan Bahasa Inggris?

He is diligent and always studies together with me.

Dia rajin dan selalu belajar bersama saya.

  1. Which subjects does Ridwan excel in? 

Ridwan unggul dalam mata pelajaran apa saja?

He excels in Math and English.

Dia unggul dalam Matematika dan Bahasa Inggris.

  1. How does Ridwan perform in school?

Bagaimana prestasi Ridwan di sekolah?

He never gets bad scores and always helps me with my studies.

Dia tidak pernah mendapat nilai jelek dan selalu membantu saya belajar.

  1. How old is Ridwan now?

Berapa umur Ridwan sekarang?

As of now, he is 7 years old (born in 2017).

Saat ini, dia berusia 7 tahun (lahir tahun 2017).

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. What does the text tell us about?

Apa yang diceritakan teks tersebut kepada kita?

  1. Who is the writer?

Siapa penulisnya?

  1. Where does Ridwan come from?

Dipta berasal dari mana?

  1. What is the relationship between the writer and Ridwan?

Apa hubungan penulis dengan Ridwan?

  1. What is Ridwan like?

Ridwan itu seperti apa?

 

 

Modal Pengayaan  22

 

 

 

Alamat kami :

 

Gadjah Mada English School (GMES)  

 

Jl. Kadipaten Kulon No. 27 B     ,Kraton ,

Yogyakarta 

 

(Barat Pasar Ngasem Yogyakarta ke utara ) 

 

Phone/HP/WA : 0812 274 7050

 

Google Map : GMES English

 

 

Les Bahasa Inggris bisa dilaksanakan dengan mengikuti pembelajaran  ditempat kursus atau secara online dengan aplikasi “ Zoom Meeting “ atau “ Google Meet “

 

 

12 komentar: