Ringkasan Materi Bahasa
Inggris
English For Nusantara
Class 8
|
|
Ringkasan Materi Bahasa Inggris ini
Dirangkum dari buku :
English for Nusantara untuk SMP/MTs Kelas VIII
Penulis
Ika Lestari Damayanti
Iyen Nurlaelawati
Mahmud Layan Hutasuhut
Yusnita Febrianti
Raymon Rahmadhani
Gilang Asri Devianty
Penerbit
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi
2022
|
|
Chapter 1
Bab 1
Celebrating Independence Day
Merayakan Hari Kemerdekaan
|
Unit 1.1. The Champion of Panjat Pinang
Unit 1.1. Juara Panjat Pinang
|
|
Function:
Fungsi:
Talk about personal experiences
in the past
Bicara tentang pengalaman pribadi
di masa lalu
-
Language features:
Fitur bahasa:
Past tense, regular and irregular past verbs
Bentuk lampau, kata kerja lampau teratur dan tidak
teratur
-
Listening and Viewing:
Mendengarkan dan Melihat:
Listen to conversations of experiences
of independence day celebration
Dengarkan percakapan
pengalaman perayaan hari kemerdekaan
-
Speaking:
Berbicara:
Ask and give information
about experiences of
independence day celebration
Bertanya dan memberikan
informasi tentang pengalaman
perayaan hari kemerdekaan
|
|
|
Unit 1.2. Going to a Parade
Unit 1.2. Pergi ke Parade
|
|
Function:
Identify specific information about personal experiences
Mengidentifikasi informasi spesifik tentang pengalaman pribadi
Language features:
Past tense, the use of time connectives
Bentuk lampau, penggunaan penghubung waktu
Listening and Viewing:
Listen to conversations of experiences of independence
day celebration
Dengarkan percakapan pengalaman perayaan hari kemerdekaan
Reading:
Read recount texts for
specific information
Baca teks recount untuk
informasi spesifik
|
|
|
Unit 1. 3. Congratulations! You Won the Game
Unit 1. 3. Selamat! Anda Memenangkan Permainan
|
|
Function:
Sequence main events
of personal experiences
Urutan peristiwa utama
dari pengalaman pribadi
Write a congratulation card
for one’s achievement
Tulis kartu ucapan selamat
atas pencapaian seseorang
Language features:
Formal and informal expressions to congratulate others
Ekspresi formal dan informal untuk memberi
selamat kepada orang lain
Reading:
Read a dialogue and a congratulations
card
Baca dialog dan kartu ucapan selamat
Writing:
Write a congratulations card
Tulis kartu ucapan selamat Fungsi:
|
|
|
Chapter 2
Bab 2
Kindness Begins with Me
Kebaikan Dimulai dari Saya
|
Unit 2.1. Kindness Towards Differences
Unit 2.1. Kebaikan Terhadap Perbedaan
|
|
Function:
Connect and sequence events
in an
imaginative story
Menghubungkan dan mengurutkan peristiwa
dalam sebuah cerita imajinatif
Language features:
Past tense (positive sentences)
Bentuk lampau (kalimat positif)
Listening and viewing:
Listen to dialogues about a story
Dengarkan dialog tentang sebuah cerita
Listen to a story of The Ugly Duckling
Dengarkan kisah The Ugly Duckling
Speaking:
Retell a story of The Ugly Duckling
Menceritakan kembali kisah The Ugly Duckling
|
|
|
Unit 2.2. Kindness and Happiness
Unit 2.2. Kebaikan dan Kebahagiaan
|
|
Function:
Interpret characters’ action,
feelings, and behavior in an
imaginative story
Menafsirkan tindakan, perasaan, dan
perilaku karakter dalam sebuah cerita imajinatif
Language features:
Vocabularies of feelings
Kosakata perasaan
The yellow ducklings were not happy to see the Ugly
Duckling.
Bebek kuning tidak senang melihat si Jelek
Anak itik.
Quotation marks (“___”)
Tanda kutip ("___")
“Can I please stay here?” asked the Ugly Duckling politely.
“Bisakah aku tinggal di sini?” tanya
Bebek Jelek dengan sopan.
Reading and viewing:
Read dialogues about a story for specific information
Baca dialog tentang cerita untuk informasi spesifik
Read the last part of The Ugly Duckling for
specific
Baca bagian terakhir The Ugly Duckling untuk spesifiknya
|
|
|
Unit 2.3. Kindness and Friendship
Unit 2.3. Kebaikan dan Persahabatan
|
|
Function:
Retell and rewrite an imaginative
story
Menceritakan kembali dan
menulis ulang cerita imajinatif
Language features:
Past tense
Waktu lampau
Adjectives related to characters’
traits and behavior
Kata sifat yang terkait dengan sifat dan perilaku karakter
Reading:
Read a story entitled Elephant and Friends for
specific information
Baca cerita berjudul Elephant and
Friends for
informasi spesifik
Writing:
Write a similar story with the story of Elephant and friends
Tulis cerita yang mirip dengan cerita
Gajah dan teman-teman
Write a short poem
Tulis puisi pendek
|
|
|
Chapter 3
Bagian 3
Love Our World
Cintai Dunia Kita
|
Unit 3.1. Look Around You
Unit 3.1. Lihatlah Di Sekitar Anda
|
|
Function:
Ask and give opinion
about familiar topics around the school
Bertanya dan memberikan
pendapat tentang topik yang akrab di sekitar sekolah
Language features:
Expressions used in a presentation
Ekspresi yang digunakan dalam presentasi
Listening:
Listen to dialogues about actions in saving the environment
Mendengarkan dialog tentang tindakan
dalam menyelamatkan lingkungan
Listen to a monologue about washing hands
Mendengarkan monolog tentang cuci tangan
Speaking:
Presenting a procedure of saving water
Mempresentasikan prosedur penghematan
air
|
|
|
Unit 3.2. This is the Way
Unit 3.2. Inilah Jalannya
|
|
Function:
Categorize based on the given situation
Mengkategorikan berdasarkan situasi yang
diberikan
Language features:
Ways to make appropriate comments
Cara membuat
komentar yang tepat
Listening:
Listen to a dialogue about saving the earth
Dengarkan dialog tentang menyelamatkan bumi
Reading and Viewing:
Read posts and comments
Baca posting dan komentar
|
|
|
Unit 3.3. Act Now
Unit 3.3. Bertindak sekarang
|
|
Function:
Write instructions in posters
Tulis instruksi di poster
Language features:
Colors and illustrations to make
posters
Warna dan ilustrasi untuk membuat
poster
Viewing:
Read posters about how to donate books and
how to wash hands
Baca poster tentang cara menyumbangkan buku dan
cara mencuci tangan
Writing and Representing:
Create a poster about ways to save the earth
Buat poster tentang cara menyelamatkan bumi
|
|
|
Chapter 4
No Littering
|
Unit 4.1. Did It Rain Last Night?
|
|
Function:
Talk about past incidents or
events
Bicara tentang insiden atau peristiwa masa lalu
Language features:
Past tense (interrogative questions)
Bentuk lampau (pertanyaan interogatif)
Did you swim in the river?
Apakah Anda berenang di sungai?
Listening:
Listen to conversations of
recounting past
events/incidents
Dengarkan
percakapan menceritakan masa lalu
peristiwa/kejadian
Speaking:
Recount a friend’s past incident
Menceritakan kejadian
masa lalu seorang teman
|
|
|
Unit 4.2. What Happened to the Sea
Animals?
Unit 4.2. Apa yang Terjadi pada Hewan
Laut?
|
|
Function:
Make questions for
a short interview about past incidents
or events
Buat pertanyaan
untuk wawancara singkat tentang kejadian atau peristiwa masa lalu
Language features:
Past tense (Wh- Questions)
Bentuk lampau
(Wh-Pertanyaan)
What did the plastic trash do to the sea animals?
Apa yang dilakukan sampah plastik
terhadap hewan laut?
Reading and viewing:
Read a conversation for speciic information
Baca percakapan untuk informasi spesifik
Read the story of the scientists rescuing the sea turtle for
specific information
Bacalah kisah para ilmuwan yang
menyelamatkan penyu laut
Read a story about anti littering campaigns in Australia
for specific information
Baca cerita tentang kampanye anti
membuang sampah sembarangan di Australia untuk informasi spesifik
|
|
|
Unit 4.3. You Can Help
|
|
Function:
Identify the main idea and detailed information on a series of past incidents or events
Mengidentifikasi ide pokok dan informasi
rinci tentang rangkaian kejadian atau peristiwa
masa lalu
Write a series of past events
Menulis serangkaian peristiwa masa lalu
Language features:
Connector ‘when’A team of scientists from Texas University
helped an injured sea turtle when they sailed in the ocean near Costa Rica.
Penghubung 'ketika'Sebuah tim ilmuwan
dari Universitas Texas membantu kura-kura laut yang terluka
ketika mereka berlayar di lautan dekat
Kosta Rika.
Reading:
Read a story of two teenagers who fought to clean up Bali from
plastic trash for specific information
Baca kisah dua remaja yang berjuang
membersihkan Bali dari sampah plastik untuk informasi spesifik
Writing:
Recount the Bye Bye Plastic Bags movement
Menceritakan kembali gerakan selamat
tinggal tas Plastic
|
|
|
Chapter 5
Bab 5
Embrace Yourself
Rangkullah Diri Anda
|
Unit 5.1. Be Yourself
Unit 5.1. Jadilah diri sendiri
|
|
Function:
Ask for and give opinions
Meminta dan
memberikan pendapat
Language features:
Expressions to express opinion (e.g., I think that…)
Ungkapan untuk menyatakan pendapat
(misalnya, menurut saya…)
Listening and Viewing:
Listen to conversations about beauty advertisement and a
podcast about makeup
Mendengarkan percakapan tentang iklan
kecantikan dan a
podcast tentang tata rias
Listen to a story about makeup
Dengarkan cerita tentang makeup
Speaking:
Retell conversations about beauty
advertisement
Menceritakan kembali percakapan tentang
iklan kecantikan
|
|
|
Unit 5.2. I Know You Can Do It
Unit 5.2. Saya Tahu Anda Bisa
Melakukannya
|
|
Function:
Identify sequences of main events in a story
Mengidentifikasi urutan peristiwa utama
dalam sebuah cerita
Language features:
Adverb of manners (e.g., Clumsy and
Hesitantly)
Kata keterangan tata krama (mis., Kikuk
dan Ragu-ragu)
Mendengarkan:
Listening:
Listen to a conversation about playing football
Dengarkan percakapan tentang bermain
sepak bola
Reading:
Read a story about Mirza for specific information
Baca cerita tentang Mirza untuk
informasi spesifik
Read a story about cheating for a speciic information
Baca cerita tentang menyontek untuk
informasi spesifik
|
|
|
Unit 5.3. Practice Makes Perfect
|
|
Function:
Write the main events of a
story
Tulis
peristiwa utama dari sebuah cerita
Reading:
Read the story entitled
Getting into the Band for a
speciic information
Baca
cerita berjudul Masuk ke dalam Band untuk a
informasi spesifik
Writing:
Write a similar story with
the story entitled Getting into the Band
Tulis
cerita yang mirip dengan cerita berjudul Masuk ke Band
|
|
|
|
|
Part A
Teacher Talk
Bicara Guru
|
Would you pronounce the word “...”?
Apakah Anda akan mengucapkan kata
"..."?
-
How do you spell that?
Bagaimana kamu mengucapkannya?
-
How do you say “…” in English/Indonesian?
Bagaimana Anda mengatakan “…” dalam
bahasa Inggris/Indonesia?
-
You are going to work in pairs.
Anda akan bekerja berpasangan.
-
Open your book to page … .
Buka buku Anda ke halaman … .
-
Close your book, please.
Tutup bukumu, tolong.s
-
We’ll learn how to …
Kita akan belajar bagaimana…
-
Look at activity ive.
Lihatlah aktivitas ive.
-
Listen to this audio.
Dengarkan audio ini.
-
Do you follow me?
Apakah Anda mengikuti saya?
-
Come to the front and write it on the board.
Datang ke depan dan tulis di papan
tulis.
-
Would you try the next one?
Apakah Anda akan mencoba yang
berikutnya?
-
Who wants to read?
Siapa yang mau membaca?
-
Who hasn’t answered yet?
Siapa yang belum menjawab?
-
Let me explain what I want you to do next.
Izinkan saya menjelaskan apa yang saya
ingin Anda lakukan selanjutnya.
-
You have …. minutes to do this.
Kamu punya …. menit untuk melakukannya.
-
We’ll do the rest of this chapter next time.
Kami akan melakukan sisa bab ini lain
kali.
-
Let’s check the answers.
Mari kita periksa jawabannya.
-
Don’t forget to bring your … tomorrow.
Jangan lupa bawa… besok.
-
Do exercise … on page… for your homework.
Lakukan latihan … di halaman … untuk
pekerjaan rumah Anda.
|
|
|
PART B
Student Talk
Siswa bicara
|
Could you repeat, please?
Bisakah Anda mengulanginya?
-
May I ask you a question?
Bolehkah saya mengajukan pertanyaan?
-
How should I pronounce “…”?
Bagaimana saya harus mengucapkan
"..."?
-
How do you pronounce this word?
Bagaimana kamu mengucapkan kata ini?
-
Would you give us an example?
Maukah Anda memberi kami contoh?
-
How do you spell that?
Bagaimana kamu mengucapkannya?
-
Could you explain a little bit more about that?
Bisakah Anda menjelaskan sedikit lebih
banyak tentang itu?
-
When is the homework due?
Kapan pekerjaan rumah jatuh tempo?
-
Could you speak more slowly?
Bisakah Anda berbicara lebih lambat?
-
Could you speak more loudly?
Bisakah Anda berbicara lebih keras?
-
What page are we on?
Di halaman mana kita berada?
-
Can I answer the question?
Bisakah saya menjawab pertanyaannya?
-
Can you help me, please?
Bisakah Anda menolong saya?
|
|
|
PART
C
Complimentary
Expressions
Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan untuk memuji
sesuatu atau seseorang:
|
It's beautiful.
Cantiknya.
What wonderful work!
Pekerjaan yang luar biasa!
What a great job!
Pekerjaan yang luar biasa!
That’s Incredible.
Itu luar biasa.
How extraordinary!
Luar biasa!
Great!
Besar!
Outstanding performance!
Performa luar biasa!
Marvelous!
Menakjubkan!
Unbelievable work!
Pekerjaan yang luar biasa!
You should be proud!
Kamu harus bangga!
Keep up the good work!
Teruslah bekerja dengan baik
!
What a great idea!
Ide yang bagus!
Brilliant!
Cemerlang!
Thanks for helping.
Terima kasih telah membantu.
I am proud of you.
Aku bangga padamu.
|
|
|
PART
D
Expressions
of certainty
Berikut ini adalah beberapa
contoh ungkapan yang dapat digunakan untuk menyatakan bahwa kita yakin mengenai
suatu hal:
|
Yes, I am certain.
Ya, saya yakin.
-
I’m a hundred percent certain.
Saya seratus persen yakin.
-
I’m absolutely sure.
Saya sangat yakin.
-
I have no doubt about it.
Saya tidak ragu tentang itu.
-
I’m sure about it.
Saya yakin tentang itu.
-
I don’t think there can be any doubt about ….
Saya pikir tidak ada keraguan tentang….
-
Of course.
Tentu saja.
-
I’m positive.
Aku yakin.
-
I’m quite sure about it.
Saya cukup yakin tentang itu.
-
I’m absolutely certain that…
Saya sangat yakin bahwa…
|
|
PART
E
Expressions
of uncertainty
Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan yang dapat
digunakan untuk menyatakan bahwa kita tidak yakin mengenai suatu hal:
|
I’m not sure about it.
Saya tidak yakin tentang itu.
-
I doubt it.
Aku meragukan itu.
-
I’m not really sure about…
Saya tidak begitu yakin tentang…
-
I don’t know for sure.
Saya tidak tahu pasti.
-
It’s very unlikely.
Sangat tidak mungkin.
-
I have my own doubts.
Saya memiliki keraguan saya sendiri.
-
I don’t think so.
Saya kira tidak demikian.
-
I don’t believe this is true.
Saya tidak percaya ini benar.
-
I’m not a hundred percent sure.
Saya tidak seratus persen yakin.
-
I don’t know yet.
Saya belum tahu.
|
|
|
PART
F
Expressions
of likes
Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan yang dapat
digunakan
untuk menyatakan rasa suka:
|
I like…
Saya suka…
-
I love…
Aku cinta…
-
I really love…
Aku sangat cinta…
-
I enjoy…
Saya menikmati…
-
I really enjoy…
Saya sangat menikmati…
-
I am crazy about…
saya tergila-gila…
-
I am very fond of…
Saya sangat menyukai…
-
I am very keen on…
Saya sangat tertarik…
|
|
PART
G
Expressions
of dislikes
Ekspresi tidak
suka
Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan yang dapat
digunakan untuk menyatakan rasa tidak suka:
|
I dislike…
Aku tidak suka…
-
I don’t like…
Saya tidak suka…
-
I hate…
Aku benci…
-
Oh, how awful…
Aduh, betapa mengerikan…
-
I am not keen on…
Saya tidak tertarik…
-
I am fed up with…
Saya muak dengan…
-
I don’t think I like…
Saya tidak berpikir saya suka…
_
I can't stand with…
Saya tidak tahan dengan…
|
|
PART
H
Grammar
Simple
present tense
Positive
sentences
I live in Kapuas.
Saya tinggal di Kapuas.
-
He lives in Singkawang.
Dia tinggal di Singkawang.
-
She wants to be a doctor.
Dia ingin
menjadi dokter.
-
Rabbits eat carrots.
Kelinci makan
wortel.
-
They speak English in the
classroom.
Mereka berbicara
bahasa Inggris diruang kelas.
-
He likes guava.
Dia suka jambu.
-
They play futsal every tuesday
afternoon.
Mereka bermain
futsal setiap selasa sore.
|
|
PART
I
Grammar
Simple
present tense
Negative
sentences
I don’t live in Bogor.
Saya tidak tinggal di Bogor.
-
She doesn’t live in Bogor.
Dia tidak tinggal di Bogor.
-
They don't have any
homework today.
Mereka tidak
punya pekerjaan rumah hari ini.
-
Monita doesn't walk to
school everyday.
Monita tidak
berjalan ke sekolah setiap hari.
-
My friend doesn't like
rude people.
Teman saya tidak
suka orang yang kasar.
-
You don't listen to me.
Anda tidak
mendengarkan saya.
-
Banjarnegara is not in
Kalimantan.
Banjarnegara bukan di Kalimantan.
|
|
|
PART
J
Question
sentences for Yes/No answers
Kalimat
pertanyaan untuk jawaban Ya/Tidak
Do you live here? Yes, I do /No, I do not
Kamu tinggal disini?
-
Does he live here? Yes, She does / No, He does not
Apakah dia tinggal di sini?
-
Do they eat a lot? Yes, They do / No, They do not
Apakah mereka makan banyak?
Does he play takraw? Yes, He does / No, He does not
Apakah dia bermain takraw?
-
Does your sister drink boba tea? Yes, She does/ No, She does
not
Apakah adikmu minum teh boba?
|
|
PART
J
Question
sentences using WH- words
Kalimat
tanya menggunakan kata WH-
What do you like to do in
your free time?
Apa
yang Anda suka lakukan di waktu luang Anda?
-
Who do you go to school with?
Dengan siapa
kamu pergi ke sekolah?
-
What time does he go to work?
Jam berapa dia
pergi bekerja?
-
Where does she buy groceries?
Di mana dia
membeli bahan makanan?
-
Why do we need to study?
Mengapa
kita perlu belajar?
-
How does the machine work?
Bagaimana
cara kerja mesin?
|
|
|
|
PART
K
Past
tense
Waktu
lampau
Positive
sentences
Kalimat
positif
I was an elementary
student.
Saya adalah
seorang siswa sekolah dasar.
She was late for school
yesterday.
Dia terlambat ke sekolah kemarin.
We were a
team.
Kami adalah
sebuah tim.
They were our team
competitors.
Mereka adalah
pesaing tim kami.
Galang went to the
grocery store yesterday.
Galang pergi
ke toko kelontong kemarin.
-
Siti left her dictionary in the classroom yesterday.
Siti meninggalkan kamusnya di kelas
kemarin.
=
Andre played online
gaming last week.
Andre bermain
game online minggu lalu.
-
Monita drew manga yesterday afternoon.
Monita menggambar
manga kemarin sore.
-
Galang played
Galang dimainkan
|
|
|
PART
L
Past
tense
Waktu
lampau
Negative
sentences
Kalimat
negatif
I was not good at
drawing.
Saya tidak
pandai menggambar.
-
Siti was not here
yesterday.
Siti tidak
ada di sini kemarin.
We were not at the library yesterday.
Kami tidak berada di perpustakaan
kemarin.
-
They were not classmates.
Mereka bukan teman sekelas.
-
Galang didn’t go to the
grocery store yesterday.
Galang tidak
pergi ke toko kelontong kemarin
-
Siti did not come two days ago.
Siti tidak
datang dua hari lalu.
-
Bu Ayu did not teach
her class last week.
Bu Ayu tidak
mengajar kelasnya minggu lalu.
-
Pak Rahmansyah did not ride
his motorcycle yesterday.
Pak Rahmansyah tidak mengendarai sepeda motornya kemarin.
|
|
|
PART
M
Question
sentences
Kalimat
tanya
Was Pipit happy to stay
here?
Apakah
Pipit senang tinggal di sini?
-
Were they happy to study English?
Apakah mereka senang belajar bahasa
Inggris?
-
Were you late for school?
Apakah Anda terlambat ke sekolah?
Did Galang go to the grocery store yesterday?
Apakah Galang pergi ke toko kelontong
kemarin?
Did Andre play video games?
Apakah Andre bermain video game?
Did Made forget to bring the paper?
Apa Made lupa membawa kertasnya?
Did Made and Siti inish the task?
Apakah Made dan Siti menyelesaikan
tugas?
|
|
PART
N
Subject-verb
agreement
Kesepakatan
subjek-kata kerja
Subject-verb agreement adalah perubahan yang
terjadi pada kata kerja atau verbs sesuai dengan keadaan subjek dari sebuah
kalimat, apakah singular (tunggal) atau plural (jamak).
Dalam pola kalimat present tense. Kalian harus menambahkan -s atau -es
pada akhir kata kerja yang subjeknya singular (tunggal), seperti he, she,
atau it.
Perhatikan contoh dibawah ini:
Andre plays online
games.
Andre bermain
game online.
-
Bu Ayu teaches everyday.
Bu Ayu mengajar
setiap hari.
-
Ibu Posma cleans her
house every week.
Ibu Posma membersihkan
rumahnya setiap minggu.
-
They work in group
Mereka bekerja dalam kelompok
-
Galang and Andre help
the librarian every thursday.
Galang dan Andre membantu pustakawan setiap kamis
-
You walk to school everyday.
Anda berjalan
kaki ke sekolah setiap hari.
|
|
PART
O
Sentence
structure
Struktur
kalimat
Verbal sentence atau
kalimat verbal adalah kalimat yang digunakan untuk menjelaskan suatu tindakan
atau aksi.
Contoh:
She studies English.
Dia belajar bahasa Inggris.
Kata studies dalam kalimat tersebut menunjukkan satu tindakan
atau aksi belajar yang dilakukan oleh She sebagai subjek dalam kalimat.
Verbal Sentences
Kalimat Verbal
Monita studies the
English language.
Monita mempelajari
bahasa Inggris.
-
Galang, Andre, and Monita speakEnglish
luently.
Galang, Andre, dan Monita berbicara bahasa Inggris dengan fasih.
-
We read the book at the
library last week.
Kami membaca
buku di perpustakaan minggu lalu.
-
Made eats satay every day.
Dibuat makan
sate setiap hari.
|
|
PART
P
Nominal
Sentences
Kalimat
nominal
Monita is a clever
student.
Monita adalah murid yang pandai.
-
Galang, Andre, and Made are
diligent students.
Galang, Andre, dan Made adalah murid
yang rajin.
-
We are at school right
now.
Kami berada di sekolah sekarang
-
Siti was tired after
the Sport Subject.
Siti lelah setelah Pelajaran Olahraga.
-
I was at the hospital
last month.
Saya berada di rumah sakit bulan lalu.
|
|
PART
Q
Transition
Signals
Sinyal
Transisi
And…
Dan…
-
But…
Tetapi
=…
Or…
Atau
…
However…
Namun…
-
In contrast…
Sebaliknya…
-
Because…
Karena…
-
So…
Jadi…
-
For example…
Misalnya…
|
|
PART
Q
Antonyms
Antonim
Big - small
Besar -kecil
-
Cheap - Expensive
Murah –mahal
-
Clean - Dirty
Bersih –kotor
-
Cool - Warm
Dingin - Hangat
-
Day - Night
Siang - Malam
-
Easy - Diicult
Mudah - Sulit
-
Give - Receive
Berikan – Terima
-
Heavy - Light
Berat – Ringan
-
High - Low
Tinggi -rendah
-
Liquid - Solid
Cair – Padat
-
Noisy - Quiet
Berisik – Tenang
-
Panic - Calm
Panik – Tenang
-
Remember - Forget
Ingat – Lupakan
-
Short – Tall
Pendek – Tinggi
|
|
PART
R
Adjectives to describe personality
traits
Kata sifat untuk menggambarkan ciri-ciri
kepribadian
Adventurous
Petualang
-
Bold
Berani
-
Brave
Berani
-
Bright
Terang
-
Calm
Tenang
-
Careful
Hati-hati
-
Cheerful
Ceria
-
Confident
Percaya diri
-
Energetic
Energik
-
Friendly
Ramah
-
Funny
Lucu
-
Generous
Dermawan
-
Honest
Jujur
-
Kind
Baik
-
Helpful
Bermanfaat
-
Mature
Dewasa
|
|
Alamat
kami :
Gadjah Mada English School ( GMES)
Jl.Kadipaten
Kulon No. 27 B , Kraton , Yogyakarta
Phone
/WA : 0812 274 7050
(
DepanTaman Kadipaten /
Pasar
Ngasem kebarat )
Website
: gmesenglish.blogspot.com
Bantuan
Transportasi :
Google
Map : tulis “gmes english”
Gojek :
tulis “gmes english”
Grab
: tulis “gmes english”
---
Belajar
bahasa Inggris dapat dilakukan dengan cara jarak jauh dengan internet/online
melalui aplikasi “ Zoom Meeting ” atau
“ Google Meet ”
|