Adjective Clause Relative Clause
Adjective clause dapat diartikan sebagai anak kalimat yang menerangkan kata benda bermakna YANG
The girl is Shinta Anak perempuan itu Shinta --- Hanya ada satu anak perempuan yaitu Shinta saja( ditempat itu) --- Simple sentence
The girl who is playing a guitar in the park is Shinta Anak perempuan yang sedang bermain gitar di taman itu adalah Shinta --- Banyak anak perempuan di taman itu selain Shinta --- Complex Sentence --- Merupakan bentuk Adjective Clause
|
|
Bentuk : Adjective Clause adalah kumpulan dua kata atau lebih yang mengandung Subject dan Verb yang berfungsi sebagai kata sifat (adjective)
Fungsi :
Ciri cirinya : Agak rumit karena ada kalimat di dalam kalimat
Jenis Adjective Clause :
Petunjuk kata/tanda untuk :
========================= Catatan : that ( yang) bisa untuk manusia atau benda
|
|
Manusia
Part A Who Yang
|
|
Sebagai kata sifat menerangkan manusia
Manusia + Who + Verb
|
The boy is my brother --- utama Anak laki-laki itu adalah saudaraku The boy is playing tennis --- sisipan Anak laki-laki itu sedang bermain tenis
Digabung menjadi : The boy S V C
Anak laki-laki yang bermain tenis adalah saudaraku ================ Diperpendek menjadi : The boy playing tennis is my brother Manusia S V C Anak laki-laki yang bermain tenis adalah saudara lelakiku =============== I know the boy who is playing tennis S V O Saya kenal anak laki-laki yang bermain tenis |
Man + Who + KK
Wanita *yang meneleponmu* adalah bibiku. The woman is my aunt The woman called you ---
Pria *yang membantuku* adalah seorang dokter. The man is a doctor The man helped me ---
Koki *yang memasak makanan ini* sangat berbakat.
Seniman *yang melukis gambar ini* terkenal.
Aktor *yang membintangi film itu* sangat populer. ===
Penulis *yang menginspirasi saya* tinggal di California.
Teman-teman *yang mengunjungi saya* membawa hadiah.
Para dokter *yang merawatnya* menyelamatkan hidupnya.
Tim *yang mencetak gol* merayakan dengan meriah.
Para karyawan *yang datang lebih awal* mendapat kopi gratis.
Saudara laki-laki *yang tinggal di luar negeri* akan pulang.
Penulis *yang menulis buku itu* memenangkan penghargaan.
===
Aku punya teman *yang tinggal di New York*.
Dia kenal seorang anak laki-laki *yang bermain gitar*.
===
Siswa *yang lupa PR-nya* tampak kesal.
Pria *yang menjawab telepon* terdengar sibuk. ===
Guru *yang mengajar matematika* sangat baik
Orang *yang mengirim surat* ingin bertemu denganmu.
Kami bertemu seorang gadis *yang berbicara lima bahasa*.
Siswa *yang belajar keras* akan berhasil.
Tetangga *yang tinggal di sebelah* sangat ramah.
Pesepeda *yang memecahkan rekor* baru berusia 18 tahun.
Wanita *yang menjual bunga* di dekat taman itu baik.
Para karyawan *yang bekerja lembur* berhak mendapatkan bonus.
Anak-anak *yang bermain di luar adalah sepupu saya*.
Pengacara *yang membelanya* melakukan pekerjaan yang sangat baik.
Pria *pemilik toko* itu sangat kaya.
Para relawan *yang membantu di tempat penampungan* sangat baik.
Penyanyi *yang tampil tadi malam* memiliki suara yang indah.
Atlet *yang memenangkan perlombaan* berlatih selama berbulan-bulan.
Mekanik *yang memperbaiki mobil saya* sangat terampil.
Wanita *yang berkacamata* itu adalah guru saya.
Anak laki-laki *yang tinggal di sebelah saya* punya anjing.
Ilmuwan *yang membuat penemuan* itu merasa terhormat.
Orang-orang *yang menghadiri pertemuan* itu sangat tertarik.
Pria *yang memiliki rumah* itu sedang pergi.
Gadis *yang memenangkan hadiah* sangat gembira.
Wanita *yang mengajar bahasa Inggris* sangat sabar.
Anak *yang kehilangan mainan* mulai menangis.
Para tetangga *yang pindah minggu lalu* sangat pendiam.
Pengemudi *yang menyebabkan kecelakaan* meminta maaf.
Gadis *yang suka membaca* sangat pintar.
Orang-orang *yang tinggal di gedung ini* sangat ramah.
Tentara *yang menyelamatkan rekan-rekannya* merasa terhormat.
Wanita *yang menerima penghargaan* berterima kasih kepada semua orang.
Para siswa *yang berpartisipasi dalam kontes* melakukannya dengan baik.
Orang *yang membuat keputusan itu* sangat berani.
Anak laki-laki *yang memenangkan beasiswa* bekerja keras.
Penyanyi *yang membawakan lagu kebangsaan* memiliki suara yang kuat.
Siapa pun *yang ingin bergabung* harus mendaftar hari ini.
|
|
|
|
Part B Whose Yang ...nya
|
|
Sebagai kata sifat menerangkan manusia Manusia + Whose + Benda
|
Mr. Rudy teaches math. --- utama Pak Rudy mengajar matematika. His son won the race --- sisipan Putranya memenangkan perlombaan --- Pak Rudy yang putranya memenangkan perlombaan mengajar matematika
|
Man + Whose + Ben
.
Aktor yang penampilannya dipuji memenangkan penghargaan. The actor won an award The performance of the actor was praised The actor’s performances was praised --
Seniman yang lukisannya dicuri sangat berbaka The artist is very talented The pantaings of the artist were stolen The artist’s painting were stolen ---
Pria yang mobilnya dicuri segera menelepon polisi. -
Saya bertemu dengan seorang gadis yang ayahnya adalah seorang aktor terkenal.
Dia punya teman yang saudara laki-lakinya tinggal di Kanada.
Dia punya teman yang orang tuanya tinggal di luar negeri.
Ia bertemu dengan seorang wanita yang kebaikan hatinya sangat berkesan baginya.
===
Apakah Anda kenal guru yang murid-muridnya memenangkan kompetisi?
Ada seorang penulis yang bukunya disukai semua orang.
Mereka tinggal di lingkungan yang jalan-jalannya dipenuhi pepohonan.
Siswa yang nilainya paling meningkat menerima hadiah.
Penulis itu, yang novelnya telah terjual jutaan, akan datang ke kota.
Saya kenal seorang musisi yang lagu-lagunya diputar di radio.
Anak yang balonnya terbang mulai menangis.
Ilmuwan yang penelitiannya Anda kagumi memberikan kuliah hari ini.
Koki yang resepnya Anda inginkan terkenal di seluruh dunia.
Penyanyi yang konsernya dibatalkan sedang menjadwalkan ulang.
Saya punya tetangga yang kebunnya selalu penuh bunga.
Bintang film yang mobilnya rusak menyumbangkan uang untuk amal.
Sekolah yang siswanya meraih nilai tinggi sangat terkenal.
Pilot yang pesawatnya mendarat dengan selamat adalah seorang pahlawan.
Musisi yang gitarnya kamu sukai ada di band.
Arsitek yang desainnya unik memenangkan penghargaan.
Anak itu, yang senyumnya menular, membuat semua orang bahagia.
Penulis yang ceritanya diterbitkan masih sangat muda.
Tetangga kami, yang anjingnya banyak menggonggong, meminta maaf kemarin.
Penulis yang biografinya saya baca tinggal di New York.
Guru yang kelasnya saya sukai akan pensiun.
Orang yang teleponnya berdering seharusnya mematikannya.
Musisi yang albumnya terjual jutaan keping akan tampil langsung malam ini.
Anak yang mainannya hilang sedang mencari ke mana-mana.
Ia mengunjungi sebuah kota yang sejarahnya sudah ada sejak berabad-abad lalu.
Atlet yang rekornya dipecahkan berlatih lebih keras dari sebelumnya. ==== Waspada 1 : Bin + Whose + Ben ( 10 %)
Anjing yang pemiliknya sedang berlibur sangat ramah.
Ini adalah anjing yang gonggongannya membuat orang asing takut.
Aku melihat seekor kucing yang bulunya sangat lembut dan berkilau
Waspada 2 : Ben + Whose +Ben ( 0,5 %)
Taman yang bunganya mekar di musim semi sungguh indah.
Rumah yang atapnya rusak perlu diperbaiki.
Kami mengunjungi museum yang pamerannya sangat menarik.
Dia memiliki sepeda yang bannya kempes.
Restoran yang kokinya memenangkan penghargaan menyajikan makanan lezat.
Dia mengenakan kalung yang permatanya berkilau di bawah sinar matahari.
Mobil yang suara mesinnya Anda dengar itu milik sepupu saya.
Kami menginap di hotel yang pemandangannya menghadap ke laut.
Perusahaan yang produknya ramah lingkungan berkembang pesat.
Saya menonton film yang akhir ceritanya mengejutkan saya.
Perusahaan yang CEO-nya mengundurkan diri sedang merekrut pemimpin baru.
Ada sebuah toko yang pemiliknya suka mengoleksi barang antik.
Kastil itu, yang temboknya berusia berabad-abad, menarik banyak wisatawan.
Perpustakaan, yang buku-bukunya langka, terbuka untuk umum.
|
|
|
|
Part C Whom Yang
|
|
Sebagai kata sifat menerangkan manusia Manusia + Whom + S |
The man was Mr. Jones. --- utama Pria itu adalah Tuan Jones I saw him yesterday --- sisipan Saya melihatnya kemarin
---
Pria yang saya lihat kemarin adalah Tuan Jones -- The man that I saw was Mr. Jones Pria yang saya lihat adalah Mr. Jones -- Pria [] yang saya lihat adalah Tuan Jones
|
Man + Whom + S
Cara siswa *yang dipuji kepala sekolah* bekerja keras sepanjang tahun. The students worked hard all year The principal praised the students ---
Penulis *yang dikagumi saudara perempuan saya* menandatangani bukunya. The author signed her book My sister admires the author ---
Saya kenal keluarga *yang Anda lihat di festival*. I know the family You saw the family at the festival ---
Seniman *yang Anda sebutkan* akan memamerkan lukisannya bulan depan
Guru itu, *yang* dihormati semua orang, akan pensiun tahun ini.
Saya bertemu dengan seorang penulis *yang* dikagumi banyak pembaca.
Pria *yang* diteleponnya tadi malam tidak menjawab.
Dia adalah orang *yang* paling saya percayai.
Pengacara *yang mereka pekerjakan* sangat berpengalaman.
Ada seorang wanita *yang* saya kenal sejak kecil.
Musisi *yang disorak-sorai penonton* bermain dengan indah.
Kami mengunjungi ilmuwan *yang diwawancarai surat kabar* kemarin.
Aktor *yang dikencaninya* membintangi film baru.
Anak-anak *yang ditugaskan guru untuk proyek* melakukan pekerjaan dengan baik.
Senator *yang mereka pilih* menjanjikan reformasi.
Ia menemukan teman *yang* telah lama hilang kontak dengannya.
Para relawan *yang didukung oleh badan amal* berterima kasih.
Koki *yang mereka undang* memasak hidangan istimewa.
Para prajurit *yang dipuji oleh komandan* menunjukkan keberanian yang luar biasa.
Diplomat *yang dipanggil presiden* akan menghadiri pertemuan puncak.
Atlet *yang dilatih oleh pelatih* memenangkan perlombaan.
Perawat *yang direkomendasikan oleh pasien* bekerja di rumah sakit setempat.
Insinyur *yang mereka wawancarai* merancang jembatan baru.
Musisi *yang dipuji para kritikus* merilis album baru.
Jurnalis *yang dipercaya oleh editor* mendapatkan berita eksklusif.
Teman *yang saya temui kemarin* pindah ke luar negeri.
Profesor *yang dikagumi para mahasiswa* memberikan kuliah yang menginspirasi.
Fotografer *yang kami sewa* mengambil foto-foto yang menakjubkan.
Seniman *yang dipajang di galeri* diundang ke acara khusus.
Pembimbing *yang dipilih oleh panitia* memiliki banyak pengalaman.
Penulis *yang diterima oleh penerbit* sedang mengerjakan sekuelnya.
Relawan *yang dihargai oleh penyelenggara* membantu sepanjang hari.
Pengacara *yang direkomendasikan klien* memenangkan kasus tersebut.
Aktor *yang dipilih sutradara* menjadi pemeran utama.
Anak *yang dibantu guru* menunjukkan peningkatan yang luar biasa.
Insinyur *yang dipekerjakan perusahaan* mengembangkan perangkat lunak baru.
Musisi *yang dikagumi penggemar* merilis video konser langsung.
Mentor *yang saya konsultasikan* memberi saya nasihat yang berharga.
Penulis *yang diabaikan kritikus* akhirnya menjadi terkenal.
Aktor *yang dicintai penonton* menerima tepuk tangan meriah.
Desainer *yang dipercaya klien* menciptakan logo yang indah.
Diplomat *yang ditemui duta besar* berbicara dalam beberapa bahasa.
Penulis *yang ditolak editor* terus mengirimkan naskahnya.
Pelatih *yang diikuti para pemain* sangat memotivasi.
Dokter *yang dipercaya pasien* bekerja selama bertahun-tahun.
Mahasiswa *yang diperhatikan profesor* memenangkan beasiswa.
Seniman *yang tidak disukai kritikus* terus melukis.
Relawan *yang diandalkan tim* mengelola acara dengan lancar.
Pemimpin *yang dipilih masyarakat* menjanjikan perubahan.
Reporter *yang dihormati penonton* menyampaikan berita secara profesional.
|
|
|
|
|
|
Benda
Part D Which Yang
|
|
Sebagai kata sifat menerangkan manusia Benda + Which+S/V
|
The food is delicious --- utama Makanannya enak I eat the food every week --- sisipan Saya makan makanan setiap minggu
The food which I eat everyweek is delicious
---- I have seen the car --- utama Saya telah melihat mobil Mr. John bought the car yesterday --- sisipan Pak John membeli mobil kemarin
I have seen the car which Mr. John bought yesterday S V O Saya telah melihat mobil yang Pak John beli kemarin
|
Part D.1 Ben + Which+ S
Buku *yang* saya pinjam dari perpustakaan sangat menarik. The book is very interesting I borrowed the book from the library ---
Kue *yang* yang dia panggang rasanya lezat. The cake tastes delicious She baked the cake ---
Ponsel *yang* yang saya hilangkan kemarin telah ditemukan. The phone has been found I lost the phone yesterday
Lagu *yang* yang sedang Anda dengarkan adalah favorit saya.
Restoran *yang* kami kunjungi tadi malam sangat bagus.
Jaket *yang* dia kenakan terlihat sangat hangat.
Laptop *yang* saya gunakan untuk bekerja sangat cepat.
Sepatu *yang* dibelinya terlalu ketat.
Surat *yang* ditulisnya penuh dengan permintaan maaf.
Rencana *yang* telah kita bahas sebelumnya perlu direvisi.
Gaun *yang* yang dia rancang memenangkan hadiah pertama.
Mesin *yang* kami gunakan masih baru.
Puisi *yang* Anda bacakan sangat indah.
Pulau *yang* kami kunjungi musim panas lalu adalah surga.
Mobil *yang* yang dibelinya tahun lalu sudah rusak.
==== Part D.2 Ben+ Which +KK
Taman *yang* di belakang sekolah penuh dengan bunga The garden is full of flowers The garden is behind the school -
Dia memakai kalung *yang* berkilau di bawah sinar matahari. She wore a necklace A necklace sparkled in the sunlight ---
Rumah *yang* berdiri di atas bukit itu milik paman saya.
Mereka menunjukkan kepada saya dokumen *yang* berisi tanda tangan mereka.
Film *yang* memenangkan penghargaan itu adalah film komedi. .
Lukisan *yang* yang tergantung di museum itu sangat tua.
Bangunan *yang* runtuh itu sedang dalam pembangunan.
Surat *yang* tiba pagi ini dari teman saya.
Rak buku *yang* terletak di sudut ruangan penuh dengan novel.
Sungai *yang* mengalir melalui kota tercemar.
Panggilan telepon *yang* mengganggu rapat itu mendesak.
Proyek *yang* mereka mulai bulan lalu sudah selesai.
Cangkir *yang* ada di atas meja jatuh dan pecah.
Hewan-hewan *yang* hidup di hutan terancam punah.
Anak-anak *yang* bermain di luar sangat berisik.
Guru, *yang* mengajar matematika, sangat ketat.
Pertandingan, *yang* ditunda, akan diadakan besok.
Museum, *yang* kami kunjungi, memiliki banyak artefak kuno.
Vas *yang* kamu pecahkan sangat mahal.
Sepatu, *yang* sedang obral, pas sekali.
Laptop, *yang* saya hilangkan, berisi semua berkas pekerjaan saya.
Mobil, *yang* diparkir di luar, bannya kempes.
Gaun, *yang* ada di manekin, terlihat memukau.
Kopi, *yang* saya pesan, terlalu kuat.
Gadis itu, *yang* kamu temui kemarin, adalah sepupuku.
Kursi itu, *yang* rusak, perlu diperbaiki.
Buku itu, *yang* kamu rekomendasikan, sangat menarik.
Resepnya, *yang* dia bagikan, sangat mudah diikuti.
Sepatu *yang* bertali merah itu milikku.
Rumah *yang* beratap merah itu dijual.
Kalung *yang* dia temukan adalah pusaka keluarga.
Esai *yang* dia tulis mendapat nilai tinggi.
Stadion, *yang* baru saja dibangun, dapat menampung 50.000 orang.
Telepon, *yang* berdering setiap pagi, sangat mengganggu. ---
Saya tidak tahu alasan *yang* membuatnya marah.
|
|
|
|
The girl to whom I was introduced is balinese The lady to whom this letter is addressed has moved to another city The problem about which people are now complaining has become popular topic
Discused/Concern/Complain/Tell + about Buy/ Get/ take/borrow/+ from Based/Depend/Write/Sit/count+ on Talk/Introduce/addressed/Go+ to
Part D.3 Man +To whom + S ( 0,5 %) Yang
Profesor yang saya ajak bicara kemarin adalah seorang pakar sejarah kuno. The professor is an expert in ancient history. I spoke to the professor yesterday ---
Beliau adalah seniman yang menerima penghargaan dari galeri.
Pria yang Anda kirimi surat itu belum membalas.
Saya tidak tahu siapa pemilik buku ini.
Pengacara yang menangani kasus ini sangat berpengalaman.
Guru yang dikeluhkan para siswa mendengarkan dengan saksama.
Direktur yang menerima proposal tersebut langsung menyetujuinya.
Wanita yang menerima paket itu adalah tetangga saya.
Beliau adalah pejabat yang dapat dihubungi warga untuk melaporkan keluhan mereka.
Teman yang sangat saya sayangi telah pindah ke kota lain.
Part D.4 From Whom
Guru yang memberi saya surat itu sangat baik. The teacher is very kind. I received the letter from the teacher ---
Dia adalah teman saya yang meminjam buku itu.
Perusahaan tempat kami membeli perlengkapan mengirimkannya tepat waktu.
Kantor tempat saya menerima dokumen itu tutup hari ini.
Seniman yang memberi saya lukisan itu sangat terkenal.
Mentor yang memberi saya banyak pelajaran akan segera pensiun.
Organisasi yang kami minta pendanaannya menyetujui proyek kami.
Ilmuwan yang kami kutip karya penelitiannya di universitas.
Orang yang memberi saya informasi itu sangat dapat dipercaya.
Keluarga yang mewarisi rumah itu tinggal di dekat sini.
Part D.4
About Whom
Penulis yang kita bicarakan sangat berbakat. The author is very talented. We were talking about the author is very talented. ---
Dia adalah ilmuwan yang menjadi subjek film dokumenter tersebut.
Guru yang dikeluhkan para siswa dipindahkan tugasnya.
Selebritas yang menjadi subjek rumor tersebut membantah semua tuduhan.
Saya tidak kenal orang yang Anda tanyakan kemarin.
Manajer yang menjadi subjek laporan akan menghadiri rapat.
Seniman yang dipuji para kritikus baru saja merilis pameran baru.
Politisi yang menjadi subjek skandal tersebut langsung mengundurkan diri.
Siswa yang menjadi subjek cerita tersebut tidak bersalah.
Sejarawan yang menjadi subjek buku ini mengkhususkan diri pada abad pertengahan. Part D.4
On Whom
Pelatih yang dipercaya para pemain memiliki reputasi yang hebat. The coach has a great reputation. The players trust on the coach . ---
Hakim yang menjadi sandaran kasus ini dikenal adil.
Tim yang menjadi sandaran keberhasilan proyek ini telah bekerja sangat keras.
Keputusan tentang siapa yang akan memberikan penghargaan masih tertunda.
Dia adalah penasihat yang diandalkan para siswa untuk bimbingan.
Yayasan yang menjadi sandaran badan amal ini sedang mengalami masalah pendanaan.
Ilmuwan yang menjadi dasar eksperimen ini menerbitkan penelitian inovatif.
Komite yang bertanggung jawab atas proyek ini bertemu kemarin.
Saksi yang diandalkan pembela memberikan kesaksian yang meyakinkan.
Konsultan yang diandalkan perusahaan menyarankan strategi baru.
|
|
|
|
Place ( Tempat)
Part E Where Dimana |
|
Sebagai kata sifat menerangkan tempat Tempat + where+..... Tempat + in which+..... |
The house is big --- utama Rumahnya besar I live in the house --- sisipan Saya tinggal di rumah ----- The house where I live is big Rumah tempat tinggal saya besar
Bisa diganti dengan :
The house in which I live is big Rumah dimana saya tinggal (adalah) besar Rumah tempat saya tinggal itu besar
---
We visited Bogor Palace where the president spends his weekends
|
Tempat + Where+ S
Perpustakaan tempat saya belajar buka 24 jam. The library is open 24 hours I study in the library ---
Kafe tempat kami minum kopi telah tutup. The café has closed down. We had coffee in the café ---
Rumah tempat saya dibesarkan sekarang menjadi museum.
Dia menunjukkan taman tempat dia dulu bermain saat kecil.
Ini adalah restoran tempat kami kencan pertama.
Saya mengunjungi kota tempat kakek-nenek saya dilahirkan.
Apakah kamu ingat sekolah tempat kita bertemu?
Hotel tempat mereka menginap sangat mewah.
Mereka membangun mal baru di lokasi bekas pabrik.
Ini adalah taman tempat penyair terkenal menulis puisinya.
Pantai tempat kami menghabiskan liburan sangat indah.
Bisakah kamu memberi tahuku di mana kamu membeli jaket itu?
Kota tempat temanku tinggal dekat pegunungan.
Kantor tempatku bekerja berada di pusat kota.
Aku suka desa tempat orang tuaku berasal.
Stadion tempat pertandingan akan berlangsung sangat besar.
Dia menunjukkan kepadaku ruangan tempat kecelakaan itu terjadi.
Museum tempat mereka menyimpan artefak itu sangat tua.
Restoran tempat mereka menyajikan makanan laut terbaik sudah penuh dipesan.
Ini adalah negara yang ingin aku kunjungi tahun depan.
Taman tempat kami piknik sekarang sedang direnovasi.
Pulau tempat mereka syuting film itu merupakan objek wisata.
Jalan tempat tinggalnya sangat sepi.
Tempat kelahirannya terkenal akan sejarahnya.
Kafe tempat kami bertemu terakhir kali telah berganti pemilik.
Sekolah tempat adikku belajar sangat ternama.
Danau tempat kami memancing akhir pekan lalu sangat damai.
Kota tempat mereka menikah sangat menawan.
Ini adalah kota tempat saya mendapatkan pekerjaan pertama saya.
Hotel tempat kami menginap memiliki pemandangan yang menakjubkan.
Rumah tempat dia kehilangan kuncinya berada di Maple Street.
Restoran tempat mereka merayakan ulang tahun pernikahan mereka sangat elegan.
Taman tempat anak-anak bermain terawat dengan baik.
Saya ingin kembali ke negara tempat saya belajar di luar negeri.
Kafe tempat dia bekerja dekat dengan universitas.
Kota tempat paman saya tinggal terkenal dengan makanannya.
Tempat konser itu diadakan penuh sesak.
Toko tempat saya membeli ponsel sedang mengadakan obral.
Ruangan tempat rapat dijadwalkan berada di lantai dua.
Lingkungan tempat saya dibesarkan telah banyak berubah.
Kebun tempat mereka menanam pohon-pohon kini tumbuh subur.
Kota tempat kelahiranmu sedang merayakan festival.
Pantai tempat kita bertemu ramai musim panas lalu.
Teater tempat pertunjukan drama itu sangat tua.
Stadion tempat final berlangsung penuh listrik.
Ini adalah sekolah tempat banyak orang terkenal belajar.
Kafe tempat seniman itu melukis kini menjadi galeri.
Kantor tempat para staf berkumpul didekorasi dengan indah.
Pulau tempat mereka tinggal terkenal dengan satwa liarnya.
Taman tempat patung itu berdiri berusia lebih dari 100 tahun.
|
|
|
|
|
|
Part F When Ketika
Time ( waktu) Day (hari), Week ( minggu), Month ( bulan) , Century ( abad)
|
|
|
The APEC conference was held in November 1994 Konferensi APEC diadakan pada November 1994
The APEC conference was held in Bogor Konferensi APEC diadakan di Bogor
---
November 1994 was the month when the APEC converence was held in Bogor
November 1994 adalah bulan ketika konferensi APEC diadakan di Bogor ===========
Soal :
Dita : Why is November 1994 important in the history of Indonesia Evan : It was the month...... the APEC conference was` held
|
Waktu + When + S Ketika
Aku ingat hari *ketika* kita pertama kali bertemu.
Itulah momen *ketika* segalanya berubah.
Tahukah kamu kapan *ketika* film itu dimulai?
Dia bercerita kepadaku *ketika* dia masih kecil.
Tahun *ketika* mereka pindah ke sini sangat hujan.
Aku tidak mengerti situasi *ketika* dia marah.
Itu adalah tempat *ketika* kami dulu bermain saat kecil.
Ada masa *ketika* orang-orang percaya pada sihir.
Dia lupa waktu pasti *kapan* kereta akan tiba.
Ini adalah musim *ketika* bunga-bunga bermekaran dengan indah.
Festival adalah hari *ketika* kota menjadi hidup.
Dia menggambarkan momen *ketika* dia memenangkan hadiah.
Waktu *ketika* kami pergi cukup larut.
Apakah kamu ingat tahun *ketika* perang berakhir?
Ini adalah hari libur *ketika* keluarga berkumpul.
Saya tidak akan pernah melupakan hari *ketika* saya lulus.
Dia berdiri diam saat *ketika* cahaya berubah.
Musim panas *ketika* kami bepergian ke Italia sungguh tak terlupakan.
Ada masa *ketika* tidak ada seorang pun yang punya ponsel.
Acara itu berlangsung di saat *ketika* semua orang sedang sibuk.
Jam *ketika* mereka tiba sangat larut malam.
Inilah saat *ketika* saya merasa paling rileks.
Momen *ketika* alarm berbunyi itu menakutkan.
Dia menjelaskan masa *ketika* dia tinggal di luar negeri.
Ini adalah tahun **ketika dia menjadi terkenal.
Saat *ketika* matahari terbenam di sini sungguh menakjubkan.
Itulah hari *ketika* undang-undang baru disahkan.
Dia ingat saat *ketika* sepedanya rusak.
Ini adalah tahun *ketika* saya bepergian ke Australia.
Bisakah Anda memberi tahu saya kapan *kapan* pertemuan itu akan terjadi?
Momen *ketika* dia tersenyum membuat saya bahagia.
Saya suka musim *ketika* daun-daun berubah warna.
Ada satu tahun *ketika* panen gagal total.
Pagi *ketika* kami meninggalkan rumah sangat dingin.
Itulah saat *ketika* mereka semua berkumpul di taman.
Malam *ketika* kami menonton kembang api itu sungguh ajaib.
Tahukah kamu momen *ketika* dia memutuskan untuk berhenti?
Itu adalah tahun *ketika* kami membeli mobil pertama kami.
Momen *ketika* musik berhenti terasa canggung.
Inilah musim *ketika* burung-burung mulai bermigrasi.
Malam *ketika* mereka tiba sangat damai.
Saya ingat jam *ketika* permainan berakhir.
Hari *ketika* dia dipromosikan sangat menyenangkan.
Inilah saat *ketika* saya merasa benar-benar bahagia.
Tahun *kapan* bangunan itu dibangun tidak diketahui.
Itulah saat *ketika* semuanya masuk akal.
Inilah minggu **ketika festival berlangsung.
Momen *ketika* matahari terbit sangat indah.
Mereka merayakan hari *ketika* pertama kali mereka bertemu.
Saat *ketika* badai melanda sangat mengerikan.
|
|
|
|
|
|
Part G Mengapa
Why ( alasan)
|
|
|
She studies english because English is the international language
Dia belajar bahasa Inggris karena Bahasa Inggris adalah bahasa internasional
I know the reason why she studies english Saya tahu alasan mengapa dia belajar bahasa Inggris
|
The reason + Why + S
Dokter menjelaskan alasan mengapa pasien itu sakit.
Video itu menunjukkan alasan mengapa tanaman tumbuh lebih cepat di bawah sinar matahari.
Saya tidak tahu alasan dia pulang lebih awal.
Bisakah Anda menjelaskan alasan mengapa dia kesal?
Itulah satu-satunya alasan mereka membatalkan perjalanan.
Guru itu tidak mengungkapkan alasan mengapa ujian ditunda.
Kami tidak pernah mengerti alasan mengapa acara itu begitu sukses.
Dia tidak memberi tahu saya alasan mengapa dia tidak datang ke pesta.
Dia tidak memberikan alasan mengapa dia menolak tawaran pekerjaan itu.
Buku itu menjelaskan alasan mengapa percobaan itu gagal.
Mereka mencari alasan mengapa mesin itu berhenti bekerja.
Inilah alasan mengapa proyek itu memakan waktu begitu lama.
Dia akhirnya menemukan alasan mengapa mobil itu mogok.
Saya ingin tahu alasan mengapa Anda bertingkah aneh hari ini.
Surat itu tidak pernah menyebutkan alasan dia meninggalkan perusahaan.
Itulah alasan mengapa kita harus berhati-hati.
Berita itu juga menyebutkan alasan mengapa kecelakaan itu terjadi.
Dia memberi tahu saya alasan mengapa dia pindah ke kota baru.
Saya bertanya kepadanya alasan mengapa dia tidak menjawab telepon saya.
Laporan itu mencantumkan alasan mengapa penjualan turun bulan lalu.
Inilah alasan mengapa kita perlu memulai lebih awal.
Mereka tidak pernah mengerti alasan mengapa dia begitu marah.
Saya tidak mengerti alasan mengapa Anda berubah pikiran.
Itulah alasan mengapa tim kalah dalam pertandingan.
Bisakah Anda memberi tahu saya alasan mengapa rapat ditunda?
Dia tidak bisa menjelaskan alasan mengapa sistemnya macet.
Saya lupa alasan mengapa saya menutup jendela.
Cerita itu mengungkapkan alasan mengapa anak itu menangis.
Itulah alasan mengapa restoran itu selalu ramai.
Dia menjelaskan alasan mengapa penerbangannya dibatalkan.
Ilmuwan itu mempelajari alasan mengapa gunung berapi itu meletus.
Saya tahu alasan mengapa mereka merayakan hari ini.
Tanda itu menunjukkan alasan mengapa jalan ditutup.
Inilah alasan mengapa buku itu menjadi buku terlaris.
Dia tidak mengerti alasan mengapa dia kesal.
Itulah alasan perusahaan mengubah kebijakannya.
Dia memberi tahu saya alasan mengapa dia tidak menyelesaikan proyek.
Mereka menemukan alasan mengapa sungai berubah arah.
Surat itu menyatakan alasan mengapa kontrak dihentikan.
Inilah alasan mengapa saya sepenuhnya percaya padanya.
Investigasi tersebut mengungkap alasan mengapa gedung itu runtuh.
Bisakah seseorang menjelaskan alasan mengapa lampu padam?
Profesor itu tahu alasan mengapa teori itu penting.
Saya penasaran dengan alasan Anda memilih opsi itu.
Laporan itu merinci alasan mengapa anggaran dipotong.
Itulah alasan mengapa dia selalu membawa payung.
Dia memberi tahu alasan mengapa dia memutuskan untuk istirahat.
Kami menanyakan alasan mengapa pengiriman tertunda.
Saya membaca alasan mengapa festival itu dibatalkan.
|
|
|
|
|
|
Part H On Which Tempat / Saat/Yang
Ini meja *tempat* saya meletakkan buku saya.
Buku *yang menjadi dasar film* itu merupakan buku terlaris.
Bangku *tempat kami duduk* sudah tua tetapi kokoh.
Lantai *tempat anak-anak bermain* bersih. ---
Hari *saat* ia lulus adalah momen yang membanggakan bagi keluarganya.
Acara *saat* ia berpidato diselenggarakan dengan baik.
Hari *saat* kami bertemu sungguh tak terlupakan. ---
Kapal *yang* mereka tumpangi menyeberangi Samudra Atlantik.
Surat *yang* dia tuliskan permintaan maafnya datang terlambat. ---
Kebun *tempat* mereka tinggal menanam sayuran organik.
Dinding *tempat* ia melukis mural itu sangat besar.
Jembatan *tempat* para pekerja berdiri sudah sangat tua.
Festival *tempat* semua orang berdansa berlangsung akhir pekan lalu.
Cincin *tempat* ukiran prasasti itu milik nenek saya.
Rumah *tempat* saya menginap selama liburan itu luas.
Gunung *tempat* desa itu berdiri sangat indah.
Kursi *tempat kucing itu tidur* sangat nyaman.
Peron *tempat kereta berhenti* ramai setiap pagi.
Meja *tempat dia mengerjakan PR* berada di dekat jendela.
Dinding *tempat mereka menggantung lukisan* perlu diperbaiki.
Tanggal *penandatanganan kontrak* itu penting.
Mobil *yang logonya dipajang* itu milik teman saya.
Panggung *tempat para aktor tampil* didekorasi dengan indah.
Atap *tempat burung-burung membangun sarangnya* bocor.
Buku catatan *tempat ia menuliskan ide-idenya* hilang.
Komputer *tempat ia bekerja* sangat cepat.
Dinding *tempat jam tergantung* perlu dicat ulang.
Pena *yang ia gunakan untuk menandatangani dokumen* berwarna biru.
Taman *tempat bunga-bunga bermekaran* tampak menakjubkan.
Papan *tempat pengumuman ditempel* penuh.
Meja *tempat kue diletakkan* dihiasi bunga-bunga.
Kursi *tempat tamu duduk* rusak.
Film *yang menjadi dasar buku ini* memenangkan beberapa penghargaan.
Peta *yang menandai rute* sudah usang.
Hari *ketika mereka tiba* sangat panas.
Hari *festival diadakan* berubah setiap tahun.
Rumah *yang terbakar* dievakuasi dengan cepat.
Atap *tempat panel surya dipasang* mendapat banyak sinar matahari.
Dokumen *yang ia tandatangani namanya* resmi.
Kursi *tempat ia bersandar* tampak sangat nyaman.
Lantai *tempat anak-anak menari* licin.
Meja *tempat ia meletakkan laptopnya* berantakan.
Tas *yang di atasnya tercetak logo* sangat mahal.
Lukisan *yang digarap sang seniman* membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk diselesaikan.
Peron *tempat para penumpang menunggu* tertutup.
Dinding *tempat grafiti itu muncul* baru saja dicat.
Kursi *tempat potret itu dilukis* adalah barang antik.
Papan *tempat jadwal ditempel* diperbarui setiap hari.
Tempat *tempat kami berkemah* memiliki pemandangan yang indah.
Kursi *tempat lelaki tua itu duduk* diukir dari kayu ek
|
|
|
|
Part G In Which Tempat + in which + S
Ini adalah rumah *tempat* saya dibesarkan. This is the house I grew up in the house.
-
Perpustakaan adalah tempat *tempat* saya menemukan buku langka itu. Dia menggambarkan situasi *di mana* dia merasa paling rentan.
Ruang konferensi adalah lokasi *di mana* pertemuan akan berlangsung.
Film ini menggambarkan dunia *di mana* manusia hidup di bawah air.
Dia menemukan surat *di mana* dia menyatakan cintanya.
Kastil adalah bangunan *di mana* banyak peristiwa bersejarah terjadi.
Mereka mengunjungi kota *tempat* dia dilahirkan.
Kontrak tersebut memuat klausul *di mana* hukuman dijelaskan.
Ini adalah taman *di mana* mereka menanam pohon pertama.
Buku harian itu adalah dokumen *di mana* ia mencatat pikiran-pikirannya sehari-hari.
Ia tinggal di negara *di mana* musim dingin berlangsung selama enam bulan.
Buku itu menceritakan kisah *di mana* sang pahlawan mengatasi bahaya besar.
Laci adalah tempat *di mana* saya menyimpan dokumen-dokumen penting saya.
Laporan itu menyoroti situasi *di mana* kesalahan sering terjadi.
Hotel itu adalah tempat *di mana* banyak selebritas menginap.
Mereka membangun tempat penampungan *di mana* hewan-hewan dapat hidup dengan aman.
Drama itu berlatar di masa *di mana* sihir diyakini ada.
Desa itu adalah situs *tempat* reruntuhan kuno ditemukan.
Foto itu menunjukkan momen *di mana* kegembiraan tampak jelas.
Museum itu menyimpan artefak *di mana* keahlian yang luar biasa terlihat jelas.
Bab ini menggambarkan era *di mana* teknologi berkembang pesat.
Kantor itu adalah ruangan *di mana* semua keputusan penting dibuat.
Peta itu merinci wilayah *yang* belum pernah dikunjungi siapa pun.
Festival itu adalah acara *di mana* tradisi dirayakan.
Kotak itu berisi barang-barang *yang* memiliki nilai sentimental.
Strukturnya adalah bangunan *di mana* banyak generasi tinggal.
Kisah itu terungkap di negeri *di mana* naga itu nyata.
Mereka menunjukkan tempat *di mana* kecelakaan itu terjadi.
Ini adalah organisasi *di mana* dia menjadi sukarelawan.
Halaman web tersebut mencantumkan aturan *yang* harus dipatuhi oleh para anggota.
Ladang adalah area *di mana* bunga liar bermekaran setiap musim semi.
Kastil itu memiliki ruangan *di mana* raja menandatangani dokumen-dokumen penting.
Inilah kondisi *di mana* tanaman tumbuh paling baik.
Surat itu berisi sebuah bagian *di mana* ia mengungkapkan penyesalannya.
Panggung adalah ruang *di mana* ide-ide dipertukarkan secara bebas.
Rumah tua itu adalah tempat *di mana* banyak cerita tersembunyi.
Survei menyoroti situasi *di mana* pelanggan merasa tidak puas.
Kota ini memiliki distrik *di mana* para seniman berkumpul untuk berkarya.
Ruang bawah tanah adalah tempat *di mana* keluarga tersebut menyimpan barang-barang mereka.
Kontrak adalah dokumen *di mana* semua ketentuan dinyatakan dengan jelas.
Ini adalah ruangan *di mana* upacara berlangsung.
Lukisan itu menunjukkan sebuah adegan *di mana* cahaya dan bayangan bermain.
Jalan setapak melewati hutan *di mana* pepohonan kuno tumbuh.
Mereka membangun sebuah arena *di mana* para atlet bertanding.
Artikel ini membahas situasi *di mana* kepercayaan sangat penting.
Dia menggambarkan situasi *di mana* dia merasa paling rentan.
Waspada :
Ada momen *di mana* segalanya berubah.
Pameran ini menunjukkan periode *di mana* seni berkembang pesat.
Novel ini berlatar pada periode *di mana* perang terus-menerus terjadi.
Puisi tersebut menggambarkan momen *di mana* waktu seakan berhenti.
|
|
|
|
Part H Tempat + Of Which + KK
Rumah yang atapnya rusak membutuhkan perbaikan segera.
Buku yang sampulnya robek adalah milik perpustakaan.
Museum, yang pamerannya menarik banyak pengunjung, terletak di pusat kota.
Mobil, yang mesinnya sangat bertenaga, memenangkan perlombaan.
Kota yang sejarahnya menarik ini memiliki banyak bangunan kuno.
Hutan, yang pepohonannya berusia berabad-abad, dilindungi undang-undang.
Komputer, yang keyboard-nya rusak, harus diganti.
Lukisan itu, yang warnanya cerah, dilukis oleh seorang seniman terkenal.
Sungai, yang tepiannya terkikis, membutuhkan upaya konservasi.
Universitas, yang perpustakaannya sangat luas, menawarkan banyak mata kuliah.
Jam, yang jarumnya berhenti bergerak, membutuhkan baterai baru.
Apartemen yang jendelanya menghadap ke taman sangat terang.
Ponsel yang layarnya retak masih berfungsi.
Taman yang bunganya bermekaran di musim semi terawat dengan indah.
Hotel yang lobinya mewah sudah penuh.
Pulau itu, yang pantainya menarik wisatawan, berpenduduk sedikit.
Laptop, yang memorinya dapat diupgrade, ideal untuk bermain game.
Jembatan, yang kabelnya berkarat, perlu diperiksa.
Gaunnya, yang kainnya sutra, terasa sangat lembut.
Dokumen, yang tanda tangannya hilang, tidak lengkap.
Stadion, yang kursinya nyaman, menyelenggarakan banyak konser.
Kapal, yang lambungnya telah diperbaiki, berlayar hari ini.
Kastil, yang dindingnya sangat tebal, dibangun pada abad pertengahan.
Kalung itu, yang permatanya berharga, diwarisi dari nenek saya.
Kantor, yang jendelanya kedap suara, terletak di pusat kota.
Rak buku, yang raknya dapat disesuaikan, dapat menampung banyak buku.
Jam tangan yang talinya terbuat dari kulit sangat cocok dengan pakaiannya.
Teater yang panggungnya sangat besar menarik para pemain terkenal.
Pondok yang cerobong asapnya sudah tua terasa nyaman di musim dingin.
Lukisan yang bingkainya rumit itu dilelang minggu lalu.
Piano yang tutsnya terbuat dari gading menghasilkan suara yang merdu.
Toko roti yang resepnya telah diwariskan turun-temurun itu terkenal di kota ini.
Taman bermain, yang peralatannya aman, populer di kalangan anak-anak.
Hotel, yang spa-nya menawarkan perawatan yang luar biasa, sangat mewah.
Jurnal, yang artikel-artikelnya telah melalui tinjauan sejawat, sangat dihormati.
Perpustakaan, yang buku-bukunya mencakup banyak subjek, terbuka untuk umum.
Pabrik, yang produknya diekspor ke seluruh dunia, mempekerjakan banyak orang.
Lumbung, yang atapnya bocor saat badai, perlu diperbaiki.
Katedral, yang jendelanya berkaca patri, merupakan landmark utama.
Sepeda, yang bannya baru, dapat dikendarai dengan mulus.
Balkon, yang pagarnya terbuat dari besi, menawarkan pemandangan yang indah.
Kursus ini, yang isinya diperbarui setiap tahun, sangat populer di kalangan siswa.
Majalah, yang gambar-gambarnya memukau, diterbitkan setiap bulan.
Perpustakaan, yang katalognya digital, memudahkan pencarian.
Kontrak, yang ketentuannya ketat, harus ditinjau dengan saksama.
Sepeda, yang rangkanya terbuat dari serat karbon, sangat ringan.
Hotel, yang restorannya menyajikan masakan internasional, mendapat peringkat tinggi.
Sekolah, yang siswanya berprestasi secara akademis, memenangkan beberapa penghargaan.
Festival, yang puncaknya meliputi musik dan tari, menarik ribuan orang.
Komputer, yang casingnya terbuat dari logam, memiliki sistem pendingin yang sangat baik.
|
|
|
|
Contoh Soal Adjective Clause
I appreciate the man ... had given his money to the poor
The girl ... boy friend died last week is still very sad now
Fanny : Do you know the man ... I met in the party last night ? He is Mr. Edi
Adam : Really ?
She often meets the author ... her brother gave an interesting novel
Fredy : Are you sure that the criminal will get punishment soon Anton : Yes , I am certain . The criminal ... the police caught last week will be taken into jail
Mia : Mom, who buys these vegetables ? Mom : The woman ... hair is long
The man works in my father’s office . My mother is talking to him The best combination of the above sentences is ...
The boy is very intelligent His father is a rich bussinesman We can combine the two sentences into ...
The boy ... father is a rich businessman is very intelligent
Agus : Do you know the man I have talked to him but I don’t remember who he is Lusi : The man ... you have just talked to is Mr. Rudi
Dewa : Do you know Mrs Rina ? Agus : Yes ,Of course . Mrs Rina is a fat woman ... son is very naughty
The girl is my own classmate, Dewi She has the most beautiful eyes in my school The good combination of the two sentences above is ...
Pubs are place ... people relax , chat , make friends sometimes has light meals, play darts and of course drink
The students ... the teacher was really angry with realized their mistakes and asked apologize then
45III02
Marga T was a talented writer ... novel won the prize in the national competition last year
We’d like to invite you to the coordination meeting to prepare for the Students’ English Proficiency Competition which will be held next month ( 54 smp)
I want to tell you that I have just arrived from Jakarta ( 55 SMP)
The woman is a daughter of our former president. Our country is led by her now The correct combination of these sentences is ...
Armin : Who is the most beautiful girl in this class ? Jeffry : Elisabeth : ... I love , is the most beautiful
Bagyo : Do you know WR . Supratman ? Lelia : Well , he is the composer ... people consider one of the greatests in Indonesia
- The book ....the table is a dictionary a. in b. on c. at d. out
|
|
|
|
|
|
Alamat kami : Gadjah Mada English School (GMES)
Jl. Kadipaten Kulon No 27 B, Kraton, Yogyakarta ( Barat Pasar Ngasem Yogyakarta)
Phone /SMS/WA : 0812 274 7050
Website : gmesenglish.blogspot.com
Bantuan Transportasi : Google Map : tulis “ gmes english” Gojek : tulis “ gmes english” Grab : tulis “ gmes english”
---------------- Les Bahasa Inggris bisa dilakukan secara online/internet dengan aplikasi “ Zoom Meeting “ atau “ Google Meet “
|