Song Lagu
Part A
Do you like music? Apakah Anda suka musik? - Who is your favorite singer ? Siapa penyanyi favoritmu? - What type of music do you like ? Jenis musik apa yang Anda suka ? - When do you like to listen to the songs or to sing? Kapan kamu suka mendengarkan lagu atau bernyanyi? - How do you feel when you listen to or sing a song? Bagaimana perasaan Anda ketika mendengarkan atau menyanyikan sebuah lagu? - Do you listen the same songs when you feel sad or happy? Apakah Anda mendengarkan lagu yang sama saat Anda merasa sedih atau bahagia? -
Salah satu alat terbaik untuk belajar bahasa asing adalah menggunakan lagu karena
|
|
Part B
The generic structure of the song : Struktur umum lagu
|
|
Part C
Country Road Sung by : John Denver 1971
Lagu Country Road menceritakan orang yang sangat rindu dengan kampung halaman sehingga penyayi merasa ingin pulang selalu
|
|
Intro |
G G/D x4 |
Verse 1
Cerita Lagu |
G Em D C G
Almost heaven, West Virginia Hampir seperti surga, Virginia Barat - Blue Ridge Mountains, Shenandoah River Barisan biru gunung gunung, Sungai Shenandoah - Life is old there, older than the trees Kehidupan sudah tua di sana, lebih tua dari pepohonan - Younger than the mountains, growin' like a breeze Lebih muda dari pegunungan, tumbuh seperti hembusan angin sepoi-sepoi |
Chorus Pengulangan |
G D7 Em C
Country roads, take me home Jalan pedesaan, bawa aku pulang - To the place I belong Ke tempat saya berada - West Virginia, Mountain mama Virginia Barat, Gunung mama - Take me home, country roads Bawa aku pulang, jalan desa |
Verse 2
Cerita Lagu |
G Em D C G All my memories gather 'round her Semua kenanganku berkumpul di sekelilingnya - Miner's lady, stranger to blue water Wanita penambang, Orang asing ke air yang biru
Dark and dusty, painted on the sky Gelap dan berdebu, terlukis di langit - Misty taste of moonshine, teardrop in my eye Rasa kabut dari sinar bulan, tetesan air mata di mataku |
Chorus Pengulangan |
G D7 Em C Country roads, take me home Jalan pedesaan, bawa aku pulang - To the place I belong Ke tempat saya berada - West Virginia, mountain mama Virginia Barat, mama gunung - Take me home, country roads Bawa aku pulang, jalan desa |
Bridge
Berubah tempo |
Em D/F# G I hear her voice in the mornin' hour, she calls me Aku mendengar suaranya di pagi hari, dia memanggilku - The radio reminds me of my home far away Radio mengingatkan saya pada rumah saya yang jauh - Drivin' down the road, I get a feelin' Berkendara menyusuri di jalan, aku merasakannya - That I should've been home yesterday, yesterday Seharusnya aku sudah pulang kemarin, kemarin |
Chorus Pengulangan |
G D7 Em C Country roads, take me home Jalan pedesaan, bawa aku pulang - To the place I belong Ke tempat saya berada - West Virginia, mountain mama Virginia Barat, Gunung mama Take me home, country roads Bawa aku pulang, jalan desa |
Chorus Pengulangan |
G D7 Em C
Country roads, take me home Jalan pedesaan, bawa aku pulang - To the place I belong Ke tempat saya berada - West Virginia, mountain mama Virginia Barat, mama gunung - Take me home, country roads Bawa aku pulang, jalan desa |
Outro
Akhir Lagu |
D G
Take me home, (down) country roads Bawa aku pulang, (turun) jalan desa - Take me home, (down) country roads Bawa aku pulang, (turun) jalan desa |
Pertanyaan terkait lagu Country Road
Lagu itu menggambarkan penulis ....
Rasa rindu akan rumahnya
"Bawa aku pulang, jalan pedesaan". Apa arti kata yang digarisbawahi/dicetak tebal?.
Desa
|
|
Part D
Social function of the song : Fungsi sosial lagu - The purpose of the song Tujuan dari lagu tersebut
Untuk menghibur pendengar
Menginspirasi pendengar
Mengajarkan nilai moral melalui lirik lagu
Memotivasi pendengar
Mengungkapkan persaan penulis lagu
Berbagi perasaan dengan yang lain
Mengajar pada pendengar
Mengeritik lingkungan atau kondisi
Menyediakan cara mengelola hubungan antara kehidupan emosional publik dan pribadi
Berbagi emosinya dengan orang lain
Untuk memprotes suatu kondisi
|
|
|
|
Part E
Theme /Topic of the song : Tema / Topik lagunya
|
|
Part F
Jenis Genre lagu
1. Klasik ( Karya Mozart Sympony No. 40) 2. Pop ( nada dan lirik sederhana ) 3. Rock 4. Jazz ( Rose dari Louis Armstrong) 5. Metal 6. Balada ( mengalun dengan lambat) 7. Country ( ringan /sanatai/ceria) 8. Reggae ( sanatai beat berdentum) / Bob Marley 9. Gospel 10. Blues ( kesan sedih) 11. Funk 12. Hip Hop ( didominasi dengan rap) 13. Rhythm and Blues ( RnB) 14. Techno 15. Dangdut 16. Keroncong
|
|
Part G
Lyric adalah seperangkat kata yang membentuk lagu
Rhyme (sajak) adalah pengulangan bunyi yang sama
Singkatan kata yang sering muncul di lagu :
Wanna / want to = Ingin I wanna study english Saya ingin belajar bahasa Inggris --- Gonna / be going to = akan I’m gonna play badminton tomorrow Saya akan bermain badminton besok --- Ain’t /is not /are not = Tidak I ain’t kidding . I miss you so much Saya tidak bercanda . Aku sangat merindukamu ---
Gotta / got to = harus I gotta watch this movie Saya harus menonton film ini
|
|
|
|
|
|
Part H
Figure of speech of the song : Gaya bahasa dari lagu tersebut :
“Life is a rollercoaster “ Hidup adalah roller coaster ( naik turun)
“She is like the wind” Dia seperti angin
“My heart cries out loud” Hatiku menangis keras
“I have told you a million times” Aku sudah memberitahumu jutaan kali
“There was a loud bang on the door” Ada ledakan keras di pintu
“The autumn leaves are a blanket on the ground” Daun musim gugur adalah selimut di tanah
The lion licked his lips. Singa itu menjilat bibirnya. Dewi cooked cakes in the kitchen Dewi memasak kue di dapur
|
|
|
|
Part I
Language in the song : Bahasa di lagu
|
|
Part J
Contoh pertanyaan :
What is the possible tittle of the song ? Apa kemungkinan judul lagu tersebut?
Jalan Desa
Bukan Anak siapa pun
Saya punya mimpi --- What is the message of the lyric ? Apa pesan dari lirik tersebut?
Perasaan rindu kampung halaman
Setiap orang membutuhkan cinta dan perhatian
Jangan tak berdaya dalam mimpimu --- From the lyric of the song above , we can infer that .... Dari lirik lagu di atas kita dapat menyimpulkan bahwa .... For the composer a friend is very inportant for his life Bagi seorang komposer seorang sahabat sangat berarti bagi kehidupannya --- What lesson can you get from the lyrics .... Pelajaran apa yang bisa Anda dapatkan dari lirik .... Though we’re different , we must support each other Meskipun kita berbeda, kita harus saling mendukung --- Why do you think the composer compose the song ? To tell that a good friend is always there for you. --- From the song what does the singer want to say ? Dari lagu tersebut apa yang ingin dikatakan oleh penyanyi tersebut? --- What is the song about ? Lagunya tentang apa ? --- Who is the song addressed to ? Kepada siapa lagu itu ditujukan? --- Why do you think the composser compose the song ? Menurut Anda mengapa komposer membuat lagu itu? --- What was probably the composer feeling when he/she compose the song ? Apa yang mungkin dirasakan sang komposer saat ia membuat lagu tersebut? - What do you feel when you listen to the song ? Apa yang kamu rasakan saat mendengarkan lagu tersebut? --- Do you like the song ? Apakah kamu menyukai lagunya ? --- Which part of the song that you like most ? Bagian lagu mana yang paling kamu suka? --- When do you think the best moment/occasion to sing the song ? Menurut Anda kapan momen/kesempatan terbaik untuk menyanyikan lagu tersebut?
--- What do you think the message of the song that the song brings ? Kira-kira apa pesan dari lagu yang dibawakan oleh lagu tersebut? --- The message of the song is that ... ( we should not give up) Pesan dari lagu tersebut adalah ... (kita tidak boleh menyerah) --- What is the purpose of the song ? Apa tujuan dari lagu tersebut? --- What does the first verse tell about ? Apa yang diceritakan ayat pertama? --- What does the word “ tiger” symbolize ? Apa yang dilambangkan oleh kata “harimau”? --- What is the message of the song ? Apa pesan dari lagu tersebut? --- What do you understand from the first verse ? Apa yang Anda pahami dari ayat pertama? --- What can you get from the chorus ? Apa yang bisa Anda dapatkan dari paduan suara/ ulang? --- According to your opinion, what does the word “ it” in the bridge refer to ? Menurut pendapat Anda, apa yang dimaksud dengan kata “itu” pada jembatan /pindahan tersebut? --- How is the mood of the song ? Bagaimana mood lagunya? --- Which figure of speech does the first verse use ? Gaya bahasa manakah yang digunakan ayat pertama? --- Which lyric shows methapor ? Lirik mana yang menunjukkan metapor? ---
What do you learn from the song ? Apa yang kamu pelajari dari lagu tersebut? --- Are you familiar with the singer ? Apakah Anda akrab dengan penyanyi itu? --- What message can we learn from the lyrics ? Pesan apa yang bisa kita pelajari dari liriknya? --- From the first verse , we know that .... Dari ayat pertama, kita tahu bahwa ....
--- ...“ and I won’t let you get me down”... “dan aku tidak akan membiarkanmu menjatuhkanku” Which of the following phrases is similar to underlined words ? – Make me sad Manakah dari frasa berikut yang mirip dengan kata-kata yang digarisbawahi? - Membuatku sedih
|
|
Part K
Contoh soal
Nobody’s Child Bukan Anak Siapapun
As I was slowly passing an orpan’s home one day Saat saya perlahan-lahan melewati rumah anak yatim suatu hari - And stopped there for a moment just to watch the children play Dan berhenti sejenak disana hanya untuk melihat anak-anak bermain - Alone a boy was standing and when I asked him why Sendirian seorang anak laki-laki sedang berdiri dan ketika saya bertanya mengapa - He turned with eyes that could not see and he began to cry Dia berbalik dengan mata yang tidak bisa melihat dan dia mulai menangis
Reff :
I’m nobody’s child I’m nobody’s child Aku bukan anak siapa-siapa. Aku bukan anak siapa-siapa - I’m like a flower just growing wild Aku seperti bunga yang tumbuh liar - No mommy’s kisses and no daddy’s smile Tidak ada ciuman ibu dan tidak ada senyum ayah - Nobody wants me I’m nobody’s child Tidak ada yang menginginkan saya, saya bukan anak siapa pun
-------------- People come for children and take them for their own Orang-orang datang untuk anak-anak dan membawa mereka sendiri - But they all seem to pass me and I am left alone Tetapi mereka semua tampaknya melewati saya dan saya ditinggalkan sendirian - I know they’d like to take me but when they see I’m blind Saya tahu mereka ingin membawa saya tetapi ketika mereka melihat saya buta - They always take some other child and I am left behind Mereka selalu mengambil beberapa anak lain dan saya tertinggal
Melalui lagu tersebut, penulis ingin mengajarkan kepada kita bahwa... a. Children like to live alone b. The blind wants to be happy c. Everyone needs love and care Setiap orang membutuhkan cinta dan perhatian d. Children enjoy living in orphanage
‘Saya tahu mereka ingin membawa saya, tetapi ketika mereka melihat saya buta” The underlined word means unable to... Kata yang digarisbawahi berarti tidak dapat... a. See ( melihat/ blind/buta) b. Walk ( berjalan/paralysed/lumpuh) c. Hear ( mendengar/deaf/tuli) d. Speak ( berbicara/mute/bisu)
'Tapi mereka semua sepertinya melewatiku ... " The underlined word refers to... Kata yang digarisbawahi merujuk kepada... a. Singer ( penyayi) b. Children ( anak anak) c. People ( orang) d. Nobody ( tak seorangpun)
Kita harus menemukan ... untuk menebak arti dari sebuah kata a. Clues (petunjuk) b. Notes ( catatan) c. Sound (suara) d. symbol (simbol)
Bagian yang paling banyak diulang disebut ..... a. Verse b. Chorus c. Bridge d. Coda
Kata apa yang paling menggambarkan kondisi penyanyi di kalimat pertama lagu tersebut... a. happy(senang) b. hopeless (tanpa harapan) c. lonely ( kesepian) d. cauraged ( hati –hati)
=============================
Time Of My Life Waktu dalam hidupku Singer : David Cook
I’ve been waiting for my dreams Saya sudah menunggu impian saya
To turn into something I could believe in Untuk berubah menjadi sesuatu yang bisa saya percayai
And looking for that magic rainbow Dan mencari pelangi ajaib itu
On the horizon I couldn’t see it Di cakrawala aku tidak bisa melihatnya -
Until I let go, gave into love Sampai aku melepaskan, menyerah pada cinta
and watched all the bitterness burn dan menyaksikan semua kepahitan terbakar
Now I’m coming alive , body and soul Sekarang saya menjadi hidup, tubuh dan jiwa
And feeling’ my world start to turn Dan merasakan 'duniaku mulai berputar
---------------- Chorus : ----------------- And I’ll taste every moment Dan aku akan merasakan setiap saat
And live it out loud Dan menjalaninya dengan lantang
I know this is the time, This is the time Aku tahu inilah saatnya, inilah saatnya
To be more than a name Or a face in the crowd Menjadi lebih dari sekedar nama Atau wajah di keramaian
I know this is the time , This is the time of my life Aku tahu inilah saatnya, Inilah waktu hidupku
Time of my life Waktu dalam hidupku ------------------------------
Holding onto things that vanished Memegang hal-hal yang lenyap
Into the air , left me in pieces Ke udara, tinggalkan aku berkeping-keping
But now I’m rising from the ashes Tapi sekarang aku bangkit dari abu
Finding my wings and all that I needed Menemukan sayap saya dan semua yang saya butuhkan
Was there all along ,within my reach Apakah ada selama ini, dalam jangkauan saya
As close as the beat of my heart Sedekat detak jantungku --------------------- ( chorus) --------------------
And I’m out on the edge of forever Dan aku berada di tepi selamanya
Ready to run Siap untuk berlari
I’m keeping my feet on the ground Aku menjaga kakiku di tanah
My arms open wide Lenganku terbuka lebar
Apa tema lagunya?
Apa pesan dari lagu tersebut?
Kita seharusnya tidak menyerah
Hidup bisa menjadi baik, tetapi terkadang bisa menjadi buruk
Kita harus siap menghadapi hidup kita
Kita tidak bisa memutar kembali waktu
Kita masih punya kesempatan untuk berubah
'berpegang pada hal-hal yang lenyap" The underlined word has the same meaning with ... Kata yang digarisbawahi memiliki arti yang sama dengan ...
Menghilang secara tiba-tiba
Mapan
Lewat
Rusak parah
Tertinggal
|
|
|
|
Alamat kami : Gadjah Mada English School ( GMES)
Jl. Kadipaten Kulon No. 27 B, Kraton , Yogyakarta
Website : gmesenglish.blogspot.com
Phone /WA : 0812 274 7050
Bantuan Transportasi :
Google Map : tulis “gmes english” Gojek : tulis “ gmes english” Grab : tulis “gmes english”
--- Sekarang belajar bahasa inggris bisa dilakukan dengan sistim jarak jauh /online dengan aplikasi “ Zoom Meeting “ atau “ Google Meet”
|
Postingan terkait, :
Les Inggris SMP Jogja
Les Inggris SMA,SBMPTN dan STAN di Jogja
Les TOEFL Jogja
Hitung Nilai TOEFL
Adjective , Kata sifat
Adverb , Kata Keterangan
Conjunction , Kata Hubung
Pronouns , Kata Ganti
Preposition , Kata Depan
Regular Verb, Kata Kerja Teratur
Irregular Verb, Kata Kerja Tidak Teratur
Question Words , Kata Tanya
Adverb of Frequency , Keterangan Keseringan
Klik , Peta Google Map ke GMES English Jogja
Klik , Google Translate