Selasa, 17 Agustus 2021

Expression of Apologizing , Ungkapan Permintaan Maaf , Expessing Apology , Saying Sorry

 

 

Expression Of Apologizing

Ekspresi Meminta Maaf

---

Expression of Apology

Ekspresi Permintaan Maaf

---

Express Apology

Mengungkapkan permintaan maaf

---

Saying Sorry

Mengatakan Maaf

 

Meminta maaf adalah berkata kepada seseorang bahwa kita menyesali atas sesuatu yang telah dilakukan yang menyebabkan orang lain tidak senang atau tidak bahagia". 

 

Meminta maaf ( saying sorry) dilakukan ketika kita membuat kesalahan , melukai perasaan seseorang atau melakukan sesuatu yang buruk

 

Seseorang meminta maaf karena melakukan kesalahan , baik yang disengaja maupun tidak

 

To apologize is to tell someone that you are sorry for having done something that has caused him/her inconvenience or unhappiness

Meminta maaf adalah memberi tahu seseorang bahwa Anda menyesal telah melakukan sesuatu yang menyebabkan ketidaknyamanan atau ketidakbahagiaannya

 

 

 

Lisa is a new student. She comes late to the class in the first meeting

 

Lisa          : Good morning, Mr. Edi.

                   Selamat pagi Pak Edi.

Mr. Edi     : Good morning, Lisa.

                   Selamat pagi, Lisa.

Lisa          : I’m sorry. I’m late because my purse has lost.

                  Maafkan saya. Saya terlambat karena dompet

                  saya hilang.

Mr Edi      : That’s allright.  Come in, please.

                  Tidak apa-apa. Silahkan masuk.

Lisa          : Thank you.

                   Terima kasih.

Mr. Edi    : You’re welcome.

                   Terima kasih kembali.

                   By the way do you bring a photo of your city ?

                   Omong-omong, apakah Anda membawa

                   foto kota Anda?

Lisa         : Ups, I’m sorry, I forgot to bring it.

                  Ups, maaf, saya lupa membawanya.

Mr. Edi   : It’s all right, but don’t forget to bring it

                  tomorrow, okay?

                  Tidak apa-apa, tapi jangan lupa untuk

                  membawanya besok, oke ?

Lisa         : Okay, don’t worry. I will bring it tomorrow.

                  Oke, jangan khawatir.

                  Aku akan membawanya besok.

                  Well, you have  new classmates.

                  Nah, Anda memiliki teman sekelas baru.

Mr.Edi    : I would like to introduce you to other students

                  Saya ingin memperkenalkan Anda

                  kepada siswa lain

                 

                  Students, this is Lisa.

                  Siswa, ini Lisa.

Lisa         : Hello, I’m Lisa. I’m from Yogyakarta.

                  Halo, saya Lisa. Saya dari Yogyakarta.

Students  : Hi, Lisa. Nice to meet you

                  Hai, Lisa. Senang bertemu denganmu

Lisa        : Nice to meet you too

                 Senang bertemu denganmu juga

 

 

 

 

 

Expression of Apology

Ekspresi Permintaan Maaf

---

Expression of Apologizing

Ekspresi meminta maaf

Response of Apologizing

Tanggapan Meminta Maaf

 

--------

 

Accepting apologies (+)

Menerima permintaan maaf (+)

 

--------

 

Refused Apologizing (-)

Menolak Meminta Maaf (-)

 

1

I apologize for...

Saya minta maaf atas..

----.

I apologize for my mistake

Saya minta maaf atas kesalahan saya

That’s quite alright (+)

Itu cukup baik (+)

----

I can't accept your apology(-)          

 

Aku tidak bisa menerima permintaan maafmu (-)

2

I’m sorry about...

Aku minta maaf tentang...

---

I’m sorry about the noise you are hearing. I am playing a guitar.

Saya minta maaf tentang kebisingan yang Anda dengar. Saya sedang bermain gitar.

No harm done (+)

Tidak ada salahnya (+)

----

I am tired of hearing you saying sorry (-)

 

Aku lelah mendengarmu meminta maaf (-)

3

Excuse me for...

Maaf  atas...

---

Excuse me for the inconveniences

Maaf atas ketidaknyamanannya

No problem .  Forget it (+)

Tidak masalah . Lupakan

4

Forgive me for...

Maafkan aku karena ...

---

Forgive me for disturbing you during your work

Maafkan saya karena mengganggu Anda selama pekerjaan Anda

 

Don’t worry about it

Jangan khawatir tentang itu

5

Please accept my apologies for...

Terimalah permintaan maaf saya atas...

----

Please accept my apologies for the late reply of the letter

Mohon terima permintaan maaf saya atas keterlambatan balasan surat itu

That’s OK

Tidak apa-apa

---

It’s O.K

Tidak apa-apa

6

I’m sorry . I didn’t mean to ...

Maafkan saya . Aku tidak bermaksud...

---

I'm sorry. I didn't mean to make you cry

Maafkan saya. Aku tidak bermaksud membuatmu menangis

Never mind.

Lupakan.

----

I understand completely

Saya mengerti sepenuhnya

7

I’m awfully sorry for...

Saya sangat menyesal untuk...

---

I’m awfully sorry for causing this unnecessary trouble

Saya sangat menyesal telah menyebabkan masalah yang tidak perlu ini

It  doesn’t matter . Forget it

Tidak masalah. Lupakan

8

I beg your pardon for...

Saya mohon maaf untuk...

---

I beg your pardon for the delay of the plane

Saya mohon maaf atas keterlambatan pesawat

No Problem

Tidak masalah

---

 I can't accept your apology

Aku tidak bisa menerima permintaan maafmu

 

More about Expession

of Apologizing

Lebih lanjut tentang Expession of Apologizing

 

1

Excuse me ,sir

. I’m sorry for being late

 

Permisi Pak

Saya minta maaf karena terlambat

 

It doesn’t matter, Please Sit down !

Tidak masalah, Silakan Duduk!

---

 

 

You aren't really sorry (-)

Anda tidak benar-benar menyesal (-)



2

I do apologise for what I have done

Saya minta maaf atas apa yang telah saya lakukan

That’s all right

Tidak apa-apa

3

I’m sorry, Mum. I broke the glass.

Maaf, Bu. Aku memecahkan kaca.

That’s alright, next time just be careful.
Tidak apa-apa, lain kali berhati-hatilah.

 

3

I should not call you because you were with your girlfriend. I didn’t mean to make misunderstanding like that. Please accept my apologize.

Saya tidak harus menelepon Anda karena Anda dengan pacar Anda. Saya tidak bermaksud membuat kesalahpahaman seperti itu. Mohon terima permintaan maaf saya.

 

No problem

Tidak masalah

4

I’m sorry, Sir. I’m late to class.

---

Saya minta maaf Pak. Saya terlambat ke kelas.

 

It’s okay this time. Please be on time in the future.

Tidak apa-apa kali ini. Harap tepat waktu di masa depan.



5

I'm terribly sorry I behaved in such a childish way

---

 Saya sangat menyesal telah berperilaku kekanak-kanakan

 

That's all right. Don't worry about it'.

Tidak apa-apa. Jangan khawatir tentang it.

6

I’d like to apologise formy cancellation

Saya ingin meminta maaf karena membatalkan

.

Never mind

Lupakan itu

7

Forgive me please. I was in a rush, so that I forgot to tell you.

Tolong maafkan aku. Aku sedang terburu-buru, jadi aku lupa memberitahumu.

 

Okay. I can accept your excuse. But next time, you need to tell me anything.

Oke. Aku bisa menerima alasanmu. Tapi lain kali, Anda perlu memberi tahu saya apa pun.

 

8

I apologize I hurted your feelings.

Aku minta maaf telah menyakiti perasaanmu

Forget about it.

Don't say you are sorry
Lupakan saja.

Jangan bilang kamu menyesal

 

9

It’s all my fault

Itu semua salah ku

 

It doesn’t matter

Tidak masalah

 

10

I’m sorry. I ‘m late

Maafkan saya. saya terlambat

 

Okay, Please sit down

 Oke, Silahkan duduk

 

11

Please forgive me for my sharp sentences

Mohon maafkan saya atas kalimat saya yang tajam

Don’t worry about it

Jangan khawatir tentang itu

 

12

I ‘m sorry for being late

Saya minta maaf karena terlambat

 

Never mind

 

13

I’m terrible sorry for the incident

Saya sangat menyesal atas kejadian itu

 

That’s okay

Tidak apa-apa

 

14

I really must apologize for disturbing your weekend.

Saya benar-benar harus minta maaf karena mengganggu akhir pekan Anda.

Don't say you are sorry

Jangan bilang kamu menyesal

 

 

15

I’m sorry for breaking your ruler

Saya minta maaf karena mematahkan  penggaris Anda

No problem

Tidak masalah

 

 

15

I am sorry for misspelling.
Saya minta maaf karena salah mengeja.

I am tired of hearing you saying sorry

Aku lelah mendengarmu meminta maaf

16

We apologize for the bad service

Kami mohon maaf atas layanan yang buruk

It’s OK

Tidak apa-apa

 

17

I'm extremely sorry for the failure.

Saya sangat menyesal atas kegagalan tersebut.

It doesn't matter(+)

Tidak apa-apa(+)

 

18

I deeply regret because I lose your English book

Saya sangat menyesal karena saya kehilangan buku bahasa Inggris Anda

Don't worry about it(+)

Jangan khawatir tentang itu(+)

 

 

19

I must apologize for making you sad

Aku harus minta maaf karena membuatmu sedih

 

Never mind(+)

Tidak apa-apa(+)

 

 

 

 

20

I really must apologize for disturbing your weekend.

Saya benar-benar harus minta maaf karena mengganggu akhir pekan Anda.

Forget it (+)                 

Lupakan (+)

 

 

21

I ‘m sorry. I dropped my ice cream on your shirt

Maafkan saya. Aku menjatuhkan es krimku di bajumu

 

Don’t worry about it

Jangan khawatir tentang itu

 

22

I’m sorry . I forgot to bring your dictionary Maafkan saya .

Aku lupa membawa kamusmu

 

Never mind

 Lupakan

Tidak apa-apa

23

I am sorry for coming late

 

That's all right    

Tidak apa-apa                                      

 

24

Excusse me for the cancelation of the seminar

Maaf atas pembatalan seminar

Don’t mention it

Jangan sebutkan itu

 

25

Forgive me for breaking your glasses

Maafkan aku karena memecahkan kacamatamu

 

That’s allright

Tidak apa-apa

26

I apologize for my late arrival. I got into the traffic jam.

Saya minta maaf atas kedatangan saya yang terlambat. Aku masuk ke kemacetan lalu lintas.

 

 I can't accept your apology
aku tidak bisa menerima permintaan maafmu

 

27

We do apologize for all the mistakes that our employees have done to the project last week.

Kami mohon maaf atas semua kesalahan yang dilakukan karyawan kami terhadap proyek minggu lalu.

- Don't apologize.(+)

 

28

Ouch ! I’m sorry I step on your foot

Aduh! Maaf aku menginjak kakimu

 

 

It doesn’t matter

30

 I am sorry to say that if you do not fix this problem soon, our work collaboration will be ended up.

Saya minta maaf untuk mengatakan bahwa jika Anda tidak segera memperbaiki masalah ini, kolaborasi kerja kami akan berakhir.

 

- That's OK.(+)

 

31

I am so sorry. I didn’t mean to do that.

Saya mohon maaf. Saya tidak bermaksud melakukan itu.

 

- Don't mention it.(+)

 

32

I'd like to apologize for not coming to your party

Saya ingin meminta maaf karena tidak datang ke pesta Anda

 

 

It doesn't matter.

 

33

I do apologize for the bad service.

Saya benar-benar minta maaf atas layanan yang buruk.

 

Forget it                                                  

 

34

I'm very sorry for the misunderstanding.

Saya sangat menyesal atas kesalahpahaman.

 

I can't accept your apology

 

35

I'm very terrible sorry, I can't meet you any longer.

Aku sangat menyesal, aku tidak bisa bertemu denganmu lagi.

 

Don't worry about it                                 

 

36

I'm so sorry for breaking my promise

Maafkan aku karena melanggar janjiku

 

 

Don't apologize.

 

37

Dad, I’m sorry , I forget to feed plecky

Ayah, maafkan aku, aku lupa memberi makan plecky

 

Never mind. But next time don’t forget

38

I'm ashamed of coming late

Aku malu datang terlambat

 

That's all right.

 

39

 I apologize for my late arrival.

Saya minta maaf atas kedatangan saya yang terlambat.

 

That's all right                                

40

I'm very sorry for the misunderstanding.

Saya sangat menyesal atas kesalahpahaman.

 

Don't say you are sorry (-)

41

I'm very terrible sorry, I can't meet you any longer.

Aku sangat menyesal, aku tidak bisa bertemu denganmu lagi.

.

You aren't really sorry (-)

42

I am sorry for misspelling.

Saya minta maaf karena salah mengeja.

 

Don't worry about it    (+)   

 

Please don’t be sorry

43

I'm extremely sorry for the failure.

Saya sangat menyesal atas kegagalan tersebut

Okay     (+)

Iam tired of hearing you saying sorry (-)

44

I apologize. I broke your vase.

No problem.

I don’t let you pay for the damage.

Tidak masalah.

Saya tidak akan membiarkan Anda membayar kerusakannya.

45

Oh I am sorry. I forget to tell you.

I just had my graduation ceremony yesterday.

No problem

Tidak masalah

46

It's all my fault.

 

No harm done.

Tidak ada salahnya dilakukan.

47

I'm terribly sorry for making you ashamed

Aku benar-benar minta maaf karena membuatmu malu

Don't worry about it.

Jangan khawatir tentang itu.

 

 

48

Pardon me for disappointing you

Maafkan aku karena mengecewakanmu

You couldn't help it

Anda tidak bisa menahannya

 

49

I apologize for my bad manners

Saya minta maaf atas perilaku buruk saya

Saya minta maaf

Saya sangat menyesal

Please don’t be sorry

 Tolong jangan menyesal

 

 

50

I’m so sorry

That’s all right

Tidak apa-apa

 

51

I’m awfully sorry

Saya sangat menyesal

No problem

Tidak masalah

53

Mom., I forget to buy some sugar

Bu., aku lupa membeli gula

 

Never mind

Lupakan

 

55

Forgive me

Maafkan aku

 

Don’t take it seriously

Jangan dianggap serius

 

56

Pardon me

Maaf

Forget it

Lupakan

57

Pardon me

Maaf

 

It doesn’t matter

Tidak masalah

 

58

Please, I’m sorry

Tolong, saya minta maaf

 

 

Don’t Worry

Jangan khawatir

 

 

59

I am very sorry for breaking the window

Saya sangat menyesal telah memecahkan jendela

It’s okay

Tidak masalah

60

I am very sorry. I break that glass

Saya sangat minta maaf. Aku memecahkan gelas itu

That’s quite alright

Tidak apa-apa

 

61

I am terribly sorry for not coming to the party

Saya sangat menyesal tidak datang ke pesta

That’s okay

Tidak apa-apa

 

 

62

I am extremely sorry for dropping your glass

Saya sangat menyesal menjatuhkan gelas Anda

Never mind

Lupakan

 

63

I am sorry for disturbing

Saya minta maaf karena mengganggu

That’s all right

 

64

Excuse me for coming late

Maaf datang terlambat

It doesn’t matter

65

It’s all my fault

Itu semua salah ku

No, I don’t think so

66

I apologize for my behaviour

Saya minta maaf atas perilaku saya

 

I quite understand (+)

67

Sorry for losing the CD

Maaf CD nya hilang

.

Don’t worry about it

Jangan khawatir tentang itu

 

68

I'd like to apologize for my trouble making.

Saya ingin meminta maaf atas masalah yang saya buat

Never mind

Lupakan

 

69

I apologize for being late

Saya minta maaf karena terlambat

There’s no need to apologize

Tidak perlu meminta maaf

 

70

I must apologize to him for my late arrival.

Saya harus meminta maaf kepadanya atas kedatangan saya yang terlambat.

It’s okay

Tidak masalah

71

I’m sorry. I’m late. I was late.

Maafkan saya. Saya terlambat. Aku terlambat.

 

 

That’s OK. Come in, please.

Tidak apa-apa. Silahkan masuk.

 

 

72

I do apologize to you because off all my fault. I will get the same book for you while I also try to find it out soon.

Aku benar-benar minta maaf padamu karena semua salahku. Saya akan mendapatkan buku yang sama untuk Anda sementara saya juga mencoba menemukannya segera.

No problem

Tidak masalah

 

73

Ups, I’m sorry, I forgot to bring the dictionary.”

Ups, maaf, saya lupa membawa kamus.”

 

 

It’s all right, but don’t forget to bring it tomorrow, okay

Tidak apa-apa, tapi jangan lupa untuk membawanya besok, oke

 

74

Please, accept my apologies for not trusting you

Tolong, terima permintaan maaf saya karena tidak mempercayai Anda

I quite understand.

saya cukup mengerti.

 

75

Excuse me for breaking your glass

Maafkan aku karena memecahkan gelasmu

Don't mention it.

Jangan menyebutkannya.

76

Pardon me for this accident

Maafkan aku atas kecelakaan ini

That's OK.

Tidak apa-apa.

 

77

Sorry… I am sorry for telling you a lie

Maaf ... saya minta maaf karena berbohong

That’s okay

Tak apa

 

78

Please forgive me for breaking the flower  vase

Maafkan aku karena memecahkan vas bunga

I forgive you

Aku memaafkanmu

 

79

Please accept my apology

Mohon terima permohonan maaf saya

Don’t worry, that’s fine

Jangan khawatir, tidak apa-apa

 

Expressing of Apologizing

Mengekspresikan Permintaan Maaf

 

Apologizing statement

Pernyataan permintaan maaf

1

I am sorry for interrupting

Saya minta maaf karena mengganggu

2

I'm really sorry.

Aku sangat menyesal.

3

 I must apologize for...

Saya harus meminta maaf untuk...

4

 I do apologize for...

Saya minta maaf untuk...

6

 I beg you Pardon

Saya mohon maaf

7

Please forgive me for ...

Mohon maafkan saya untuk...

8

Excuse me

Maafkan saya

9

Forgive me for disturbing you

Maafkan aku karena mengganggumu

10

May I be excused from attending your party?

Bolehkah saya izin menghadiri pesta Anda?

 

11

I beg your pardon

Maafkan saya

 

12

I'd like to apologize for...

Saya ingin meminta maaf untuk...

 

13

Pardon me

Maaf

 

14

I apologize for...

saya minta maaf untuk...

 

15

I shouldn't have...

Aku seharusnya tidak...

16

I'm so sorry for...

Aku sangat menyesal untuk...

 

17

I’m awfully sorry for...

Saya sangat menyesal untuk ...

 

18

I'm ashamed of...

aku malu...

19

It's all my fault.

Itu semua salah ku.

20

I'm terribly sorry for...

Saya sangat menyesal untuk...

21

Pardon me for...

Maafkan aku untuk...

22

Please, forgive me for my...

Tolong, maafkan saya untuk saya ...

23

Excuse me for...

Maaf untuk...

24

Pardon me for this...

Maafkan aku untuk ini...

25

Please accept my apologies for everything

 

Tolong terima permintaan maaf saya untuk semuanya

 

Accepting Apolozies

Menerima permintaan maaf

Accepted Apologizing

Menerima Permohonan Maaf

 

1

It’s Okay

Ttidak apa-apa

2

That's all right                               

Tidak apa-apa

3

Forget it

Lupakan itu

4

Don't worry about it       

Jangan khawatir tentang itu

5

It doesn't matter mention it

Tidak masalah menyebutkannya

6

It’s just fine

Tidak apa-apa

7

No harm done

Tidak ada salahnya dilakukan

8

No problem

Tidak masalah

9

Never mind

Lupakan

10

I forgive you

Aku memaafkanmu

11

That’s quite allright

Tidak apa-apa

12

Not at all

Tidak semuanya

13

I understand completely

Saya mengerti sepenuhnya

14

It’s all right

Ya, benar

15

Certainly

Tentu

16

Sure.

Tentu.

 

Refused Apologizing

 Menolak Permohonan Maaf

 

1

You aren't really sorry

Anda tidak benar-benar menyesal

2

Don't say you are sorry

Jangan bilang kamu menyesal

3

I can't accept your apology

Aku tidak bisa menerima permintaan maafmu

4

I am tired of hearing you saying sorry

Aku lelah mendengarmu meminta maaf

 

 

 

Short Dialogue

Dialog Singkat

 

Mother    :   Did you break my glasses?

                    Apakah kamu  memecahkan kacamata saya?

 

Dewi       :   Yes, I did. I am very sorry.

                     Ya, saya lakukan. Saya sangat minta maaf.

Mother   :  That’s quite all right . Don’t do it again

                   Tidak apa-apa. Jangan lakukan lagi

 

Dewi       : I promise to be more careful  next time

                Saya berjanji untuk lebih berhati-hati lain kali

 

 

Contoh Soal

 

 

 

  1. Edo : ...... , Sir. I am late

              Teacher : that’s all right . Go to your seat

  1. Let me explain
  2. I’m sorry
  3. I’m happy
  4. Sorry to trouble you

               UN 2002/2003 

 

  1. You have lunch with your friend in a restaurant. You spill her iced tea. To show your apology you will say  “..........”

 

a.       Thank you for your attention  

b.       I’m much obliged to you for your presents

c.        Oops, I am really sorry                              

d.       d. It’s very kind of you. Thank you for the gifts

 

  1. Teacher                 : Come here , John .

                 Where ‘s your homework ?

               John        : ....., Sir. I left it at home .

               Teacher : Promise to submit it tomorrow, Okay ?

               Jon           : Yes, Sir. I’ll do

               The correct expression for the following dialogue is ......

 

a.       I’m sorry                                                      

b.        Excuse me

c.        It’s too bad                                                  

d.       d. That’s a good idea

   

  1. The correct arrangement of the jumbled sentences below is......

1.       Oh God, I broke a glass tube

2.       It’s okay but as the rule, you must pay it.

3.       I don’t mean it, Sir                                                                       

4.       Okay, Sir. Thank you

5.       I’m sorry

a.       1-3-5-2-4                                                      

b.       1-3-2-4-5

c.        5-3-2-4-1                                                      

d.       5-3-2-4-1

 

 

6.        Mother     :  Rosi, did you break the plate?

          Rosi         :  Yes, I did mom. I terribly sorry for this.

          Mother     : ..., next time try to be more careful

a.         I am sorry too                                  

b.         Thank you

c.          That’s allright darling                    

d.         Don’t mention it

 

7.       Arrange the following words into a good sentence!

       not your I’mforsorryattendingparty

        1        2        3       4         5            6              7           

a.         3 – 6 – 2 – 7 – 4 – 1 – 5                      

b.         3 – 6 – 2 – 4 – 5 – 1 - 7

c.          3 – 5 – 4 – 1 – 6 – 2 – 7           

d.         3 – 5 – 4 – 1 – 6 – 7– 2

 

 

8.  Dimas         : Rona, why are you late?

     Riko            : _________. I missed the bus.

a.       Thanks                                                                           

b.       I’m sorry

c.        Never mind

d.       Get well soon

 

 

 

Alamat kami :

 

Gadjah Mada English School ( GMES)

 

Jl. Kadipaten Kulon No. 27 B, Kraton , Yogyakarta

 

Phone/WA :  0812 274 7050

 

Website : gmesenglish.blogspot.com

 

Bantuan Transportasi :

 

Google Map : tulis “gmes english”

Gojek           : tulis “ gmes english”

Grab             : tulis “gmes english”

 

 

---- 

 

Belajar  Bahasa Inggris bisa juga dengan jarak jauh /on line / internet menggunakan aplikasi “ Zoom Meeting ” dan “ Google Meet

 

 

 

" A Man Without Ambition is Like A Bird Without Wings , Manusia tanpa cita cita bagaikan seekor burung tanpa sayap" 

Test Tag break
Postingan terkait, Klik dibawah ini :
Les Inggris SMP Jogja
Les Inggris SMA,SBMPTN dan STAN di Jogja
Les TOEFL Jogja
Hitung Nilai TOEFL
Adjective , Kata sifat
Adverb , Kata Keterangan
Conjunction , Kata Hubung
Pronouns , Kata Ganti
Preposition , Kata Depan
Regular Verb, Kata Kerja Teratur
Irregular Verb, Kata Kerja Tidak Teratur
Question Words , Kata Tanya
Adverb of Frequency , Keterangan Keseringan
Klik , Peta Google Map ke GMES English Jogja
Klik , Google Translate

24 komentar:

  1. Silahkan berikan komentar untuk perbaikan isi materi

    Thank you

    BalasHapus
  2. Thank you sir for the explanation. The sentences used are quite simple so that it makes this material very easy to understand.🙏

    BalasHapus
  3. Terima kasih pak materinya sangat membantu

    BalasHapus
  4. the material is very helpful and easy to understand, thank you sir

    BalasHapus
  5. thank you sir helpful material

    BalasHapus
  6. This material is helpfull sir thank you

    BalasHapus
  7. Thank sir you are give have material

    BalasHapus
  8. The material is easy to understand and very helpful, thank you sir

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. The material is very helpful and easy to understand.
    Thank u Sir

    BalasHapus
  11. Thank you Sir, The material is easy to understand

    BalasHapus
  12. Thank you sir the material is very helpful and easy to understand👍🏻

    BalasHapus
  13. thank you sir, the material is very helpful

    BalasHapus