Rabu, 05 Juli 2023

Rangkuman Materi Pelajaran Bahasa Inggris Kelas 8 Kurikulum Merdeka

 

 

 

Ringkasan Materi Bahasa Inggris

English For Nusantara

Class 8

 

 

Ringkasan Materi Bahasa Inggris ini

Dirangkum dari buku :

English for Nusantara untuk SMP/MTs Kelas VIII

 

Penulis

Ika Lestari Damayanti

Iyen Nurlaelawati

Mahmud Layan Hutasuhut

Yusnita Febrianti

Raymon Rahmadhani

Gilang Asri Devianty

 

Penerbit

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

2022

 

 

Chapter 1

Bab 1

Celebrating Independence Day

Merayakan Hari Kemerdekaan

                                

Unit 1.1. The Champion of Panjat Pinang

Unit 1.1. Juara Panjat Pinang

 

Function: Fungsi:

 

Talk about personal experiences in the past

Bicara tentang pengalaman pribadi di masa lalu

-

Language features: Fitur bahasa:

Past tense, regular and irregular past verbs

Bentuk lampau, kata kerja lampau teratur dan tidak teratur

-

Listening and Viewing: Mendengarkan dan Melihat:

 

Listen to conversations of experiences of independence day celebration

Dengarkan percakapan pengalaman perayaan hari kemerdekaan

-

Speaking: Berbicara:

 

Ask and give information about experiences of

independence day celebration

Bertanya dan memberikan informasi tentang pengalaman

perayaan hari kemerdekaan

 

 

 

Unit 1.2. Going to a Parade

Unit 1.2. Pergi ke Parade

 

 

Function:

Identify specific information about personal experiences

Mengidentifikasi informasi spesifik tentang pengalaman pribadi

Language features:

Past tense, the use of time connectives

Bentuk lampau, penggunaan penghubung waktu

Listening and Viewing:

Listen to conversations of experiences of independence

day celebration

Dengarkan percakapan pengalaman perayaan hari kemerdekaan

Reading:

Read recount texts for specific information

Baca teks recount untuk informasi spesifik

 

 

 

Unit 1. 3. Congratulations! You Won the Game

Unit 1. 3. Selamat! Anda Memenangkan Permainan

 

 

Function:

Sequence main events of personal experiences

Urutan peristiwa utama dari pengalaman pribadi

Write a congratulation card for one’s achievement

Tulis kartu ucapan selamat atas pencapaian seseorang

Language features:

Formal and informal expressions to congratulate others

Ekspresi formal dan informal untuk memberi selamat kepada orang lain

Reading:

Read a dialogue and a congratulations card

Baca dialog dan kartu ucapan selamat

Writing:

Write a congratulations card

Tulis kartu ucapan selamat Fungsi:

 

 

 

Chapter 2

Bab 2

Kindness Begins with Me

Kebaikan Dimulai dari Saya

 

Unit 2.1. Kindness Towards Differences

Unit 2.1. Kebaikan Terhadap Perbedaan

 

Function:

Connect and sequence events in an

imaginative story

Menghubungkan dan mengurutkan peristiwa dalam sebuah cerita imajinatif

Language features:

Past tense (positive sentences)

Bentuk lampau (kalimat positif)

Listening and viewing:

Listen to dialogues about a story

Dengarkan dialog tentang sebuah cerita

Listen to a story of The Ugly Duckling

Dengarkan kisah The Ugly Duckling

Speaking:

Retell a story of The Ugly Duckling

Menceritakan kembali kisah The Ugly Duckling

 

 

 

Unit 2.2. Kindness and Happiness

Unit 2.2. Kebaikan dan Kebahagiaan

 

 

Function:

Interpret characters’ action, feelings, and behavior in an

imaginative story

Menafsirkan tindakan, perasaan, dan perilaku karakter dalam sebuah cerita imajinatif

Language features:

Vocabularies of feelings

Kosakata perasaan

The yellow ducklings were not happy to see the Ugly

Duckling.

Bebek kuning tidak senang melihat si Jelek

Anak itik.

Quotation marks (“___”)

Tanda kutip ("___")

 “Can I please stay here?” asked the Ugly Duckling politely.

“Bisakah aku tinggal di sini?” tanya Bebek Jelek dengan sopan.

Reading and viewing:

Read dialogues about a story for specific information

Baca dialog tentang cerita untuk informasi spesifik

Read the last part of The Ugly Duckling for specific

Baca bagian terakhir The Ugly Duckling untuk spesifiknya

 

 

Unit 2.3. Kindness and Friendship

Unit 2.3. Kebaikan dan Persahabatan

 

 

Function:

Retell and rewrite an imaginative story

Menceritakan kembali dan menulis ulang cerita imajinatif

Language features:

Past tense

Waktu lampau

Adjectives related to characters’ traits and behavior

Kata sifat yang terkait dengan sifat dan perilaku karakter

Reading:

Read a story entitled Elephant and Friends for

specific information

Baca cerita berjudul Elephant and Friends for

informasi spesifik

Writing:

Write a similar story with the story of Elephant and friends

Tulis cerita yang mirip dengan cerita Gajah dan teman-teman

Write a short poem

Tulis puisi pendek

 

 

 

Chapter 3

Bagian 3

Love Our World

Cintai Dunia Kita

 

Unit 3.1. Look Around You

Unit 3.1. Lihatlah Di Sekitar Anda

 

Function:

Ask and give opinion about familiar  topics around the school

Bertanya dan memberikan pendapat tentang topik yang akrab di sekitar sekolah

Language features:

Expressions used in a presentation

Ekspresi yang digunakan dalam presentasi

Listening:

Listen to dialogues about actions in saving the environment

Mendengarkan dialog tentang tindakan dalam menyelamatkan lingkungan

Listen to a monologue about washing hands

Mendengarkan monolog tentang cuci tangan

Speaking:

Presenting a procedure of saving water

Mempresentasikan prosedur penghematan air

 

 

 

Unit 3.2. This is the Way

Unit 3.2. Inilah Jalannya

 

Function:

Categorize based on the given situation

Mengkategorikan berdasarkan situasi yang diberikan

Language features:

Ways to make appropriate comments

Cara membuat komentar yang tepat

Listening:

Listen to a dialogue about saving the earth

Dengarkan dialog tentang menyelamatkan bumi

Reading and Viewing:

Read posts and comments

Baca posting dan komentar

 

 

 

Unit 3.3. Act Now

Unit 3.3. Bertindak sekarang

 

 

Function:

Write instructions in posters

Tulis instruksi di poster

Language features:

Colors and illustrations to make posters

Warna dan ilustrasi untuk membuat poster

Viewing:

Read posters about how to donate books and

how to wash hands

Baca poster tentang cara menyumbangkan buku dan

cara mencuci tangan

Writing and Representing:

Create a poster about ways to save the earth

Buat poster tentang cara menyelamatkan bumi

 

 

 

 

Chapter 4

No Littering

 

Unit 4.1. Did It Rain Last Night?

 

Function:

Talk about past incidents or events

Bicara tentang insiden atau peristiwa masa lalu

Language features:

Past tense (interrogative questions)

Bentuk lampau (pertanyaan interogatif)

Did you swim in the river?

Apakah Anda berenang di sungai?

Listening:

Listen to conversations of recounting past

events/incidents

Dengarkan percakapan menceritakan masa lalu

peristiwa/kejadian

Speaking:

Recount a friend’s past incident

Menceritakan kejadian masa lalu seorang teman

 

 

 

 

Unit 4.2. What Happened to the Sea Animals?

Unit 4.2. Apa yang Terjadi pada Hewan Laut?

 

 

Function:

Make questions for a short interview about past incidents

or events

Buat pertanyaan untuk wawancara singkat tentang kejadian atau peristiwa masa lalu

Language features:

Past tense (Wh- Questions)

Bentuk lampau (Wh-Pertanyaan)

What did the plastic trash do to the sea animals?

Apa yang dilakukan sampah plastik terhadap hewan laut?

Reading and viewing:

Read a conversation for speciic information

Baca percakapan untuk informasi spesifik

Read the story of the scientists rescuing the sea turtle for

specific information

Bacalah kisah para ilmuwan yang menyelamatkan penyu laut

Read a story about anti littering campaigns in Australia

for specific information

Baca cerita tentang kampanye anti membuang sampah sembarangan di Australia untuk informasi spesifik

 

 

 

Unit 4.3. You Can Help

 

Function:

Identify the main idea and detailed information on a series of past incidents or events

Mengidentifikasi ide pokok dan informasi rinci tentang rangkaian kejadian atau peristiwa masa lalu

Write a series of past events

Menulis serangkaian peristiwa masa lalu

Language features:

Connector ‘when’A team of scientists from Texas University helped an injured sea turtle when they sailed in the ocean near Costa Rica.

Penghubung 'ketika'Sebuah tim ilmuwan dari Universitas Texas membantu kura-kura laut yang terluka

ketika mereka berlayar di lautan dekat Kosta Rika.

Reading:

Read a story of two teenagers who fought to clean up Bali from plastic trash for specific information

Baca kisah dua remaja yang berjuang membersihkan Bali dari sampah plastik untuk informasi spesifik

Writing:

Recount the Bye Bye Plastic Bags movement

Menceritakan kembali gerakan selamat tinggal tas Plastic

 

 

Chapter 5

Bab 5

Embrace Yourself

Rangkullah Diri Anda

 

Unit 5.1. Be Yourself

Unit 5.1. Jadilah diri sendiri

 

Function:

Ask for and give opinions

Meminta dan memberikan pendapat

Language features:

Expressions to express opinion (e.g., I think that…)

Ungkapan untuk menyatakan pendapat (misalnya, menurut saya…)

Listening and Viewing:

Listen to conversations about beauty advertisement and a

podcast about makeup

Mendengarkan percakapan tentang iklan kecantikan dan a

podcast tentang tata rias

Listen to a story about makeup

Dengarkan cerita tentang makeup

Speaking:

Retell conversations about beauty advertisement

Menceritakan kembali percakapan tentang iklan kecantikan

 

 

Unit 5.2. I Know You Can Do It

Unit 5.2. Saya Tahu Anda Bisa Melakukannya

 

 

Function:

Identify sequences of main events in a story

Mengidentifikasi urutan peristiwa utama dalam sebuah cerita

Language features:

Adverb of manners (e.g., Clumsy and Hesitantly)

Kata keterangan tata krama (mis., Kikuk dan Ragu-ragu)

Mendengarkan:

Listening:

Listen to a conversation about playing football

Dengarkan percakapan tentang bermain sepak bola

Reading:

Read a story about Mirza for specific information

Baca cerita tentang Mirza untuk informasi spesifik

Read a story about cheating for a speciic information

Baca cerita tentang menyontek untuk informasi spesifik

 

 

Unit 5.3. Practice Makes Perfect

 

Function:

Write the main events of a story

Tulis peristiwa utama dari sebuah cerita

Reading:

Read the story entitled Getting into the Band for a

speciic information

Baca cerita berjudul Masuk ke dalam Band untuk a

informasi spesifik

Writing:

Write a similar story with the story entitled Getting into the Band

Tulis cerita yang mirip dengan cerita berjudul Masuk ke Band

 

 

 

 

 

Part A

Teacher Talk

Bicara Guru

 

 

Would you pronounce the word “...”?

Apakah Anda akan mengucapkan kata "..."?

-

How do you spell that?

Bagaimana kamu mengucapkannya?

-

How do you say “…” in English/Indonesian?

Bagaimana Anda mengatakan “…” dalam bahasa Inggris/Indonesia?

-

You are going to work in pairs.

Anda akan bekerja berpasangan.

-

Open your book to page … .

Buka buku Anda ke halaman … .

-

Close your book, please.

Tutup bukumu, tolong.s

-

We’ll learn how to …

Kita akan belajar bagaimana…

-

Look at activity ive.

Lihatlah aktivitas ive.

-

Listen to this audio.

Dengarkan audio ini.

-

Do you follow me?

Apakah Anda mengikuti saya?

-

Come to the front and write it on the board.

Datang ke depan dan tulis di papan tulis.

-

Would you try the next one?

Apakah Anda akan mencoba yang berikutnya?

-

Who wants to read?

Siapa yang mau membaca?

-

Who hasn’t answered yet?

Siapa yang belum menjawab?

-

Let me explain what I want you to do next.

Izinkan saya menjelaskan apa yang saya ingin Anda lakukan selanjutnya.

-

You have …. minutes to do this.

Kamu punya …. menit untuk melakukannya.

-

We’ll do the rest of this chapter next time.

Kami akan melakukan sisa bab ini lain kali.

-

Let’s check the answers.

Mari kita periksa jawabannya.

-

Don’t forget to bring your … tomorrow.

Jangan lupa bawa… besok.

-

Do exercise … on page… for your homework.

Lakukan latihan … di halaman … untuk pekerjaan rumah Anda.

 

 

 

PART B

Student Talk

Siswa bicara

 

Could you repeat, please?

Bisakah Anda mengulanginya?

-

May I ask you a question?

Bolehkah saya mengajukan pertanyaan?

-

How should I pronounce “…”?

Bagaimana saya harus mengucapkan "..."?

-

How do you pronounce this word?

Bagaimana kamu mengucapkan kata ini?

-

Would you give us an example?

Maukah Anda memberi kami contoh?

-

How do you spell that?

Bagaimana kamu mengucapkannya?

-

Could you explain a little bit more about that?

Bisakah Anda menjelaskan sedikit lebih banyak tentang itu?

-

When is the homework due?

Kapan pekerjaan rumah jatuh tempo?

-

Could you speak more slowly?

Bisakah Anda berbicara lebih lambat?

-

Could you speak more loudly?

Bisakah Anda berbicara lebih keras?

-

What page are we on?

Di halaman mana kita berada?

-

Can I answer the question?

Bisakah saya menjawab pertanyaannya?

-

Can you help me, please?

Bisakah Anda menolong saya?

 

 

 

 

PART C

Complimentary Expressions

Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan untuk memuji sesuatu atau seseorang:

 

It's beautiful.

Cantiknya.

What wonderful work!

Pekerjaan yang luar biasa!

What a great job!

Pekerjaan yang luar biasa!

That’s Incredible.

Itu luar biasa.

How extraordinary!

Luar biasa!

Great!

Besar!

Outstanding performance!

Performa luar biasa!

Marvelous!

Menakjubkan!

Unbelievable work!

Pekerjaan yang luar biasa!

You should be proud!

Kamu harus bangga!

Keep up the good work!

Teruslah bekerja dengan baik  !

What a great idea!

Ide yang bagus!

Brilliant!

Cemerlang!

Thanks for helping.

Terima kasih telah membantu.

I am proud of you.

Aku bangga padamu.

 

 

 

PART D

Expressions of certainty

Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan yang dapat digunakan untuk menyatakan bahwa kita yakin mengenai suatu hal:

Yes, I am certain.

Ya, saya yakin.

-

I’m a hundred percent certain.

Saya seratus persen yakin.

-

I’m absolutely sure.

Saya sangat yakin.

-

I have no doubt about it.

Saya tidak ragu tentang itu.

-

I’m sure about it.

Saya yakin tentang itu.

-

I don’t think there can be any doubt about ….

Saya pikir tidak ada keraguan tentang….

-

Of course.

Tentu saja.

-

I’m positive.

Aku yakin.

-

I’m quite sure about it.

Saya cukup yakin tentang itu.

-

I’m absolutely certain that…

Saya sangat yakin bahwa…

 

 

 

PART E

Expressions of uncertainty

 

Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan yang dapat digunakan untuk menyatakan bahwa kita tidak yakin mengenai suatu hal:

I’m not sure about it.

Saya tidak yakin tentang itu.

-

I doubt it.

Aku meragukan itu.

-

I’m not really sure about…

Saya tidak begitu yakin tentang…

-

I don’t know for sure.

Saya tidak tahu pasti.

-

It’s very unlikely.

Sangat tidak mungkin.

-

I have my own doubts.

Saya memiliki keraguan saya sendiri.

-

I don’t think so.

Saya kira tidak demikian.

-

I don’t believe this is true.

Saya tidak percaya ini benar.

-

I’m not a hundred percent sure.

Saya tidak seratus persen yakin.

-

I don’t know yet.

Saya belum tahu.

 

 

 

 

PART F

Expressions of likes

 

Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan yang dapat digunakan

untuk menyatakan rasa suka:

I like…

Saya suka…

-

I love…

Aku cinta…

-

I really love…

Aku sangat cinta…

-

I enjoy…

Saya menikmati…

-

I really enjoy…

Saya sangat menikmati…

-

I am crazy about…

saya tergila-gila…

-

I am very fond of…

Saya sangat menyukai…

-

I am very keen on…

Saya sangat tertarik…

 

 

 

PART G

Expressions of dislikes

Ekspresi tidak suka

Berikut ini adalah beberapa contoh ungkapan yang dapat digunakan untuk menyatakan rasa tidak suka:

I dislike…

Aku tidak suka…

-

I don’t like…

Saya tidak suka…

-

I hate…

Aku benci…

-

Oh, how awful…

Aduh, betapa mengerikan…

-

I am not keen on…

Saya tidak tertarik…

-

I am fed up with…

Saya muak dengan…

-

I don’t think I like…

Saya tidak berpikir saya suka…

_

I can't stand with…

Saya tidak tahan dengan…

 

PART H

Grammar

Simple present tense

Positive sentences

 

I live in Kapuas.

Saya tinggal di Kapuas.

-

He lives in Singkawang.

Dia tinggal di Singkawang.

-

She wants to be a doctor.

Dia ingin menjadi dokter.

-

Rabbits eat carrots.

Kelinci makan wortel.

-

They speak English in the classroom.

Mereka berbicara bahasa Inggris diruang kelas.

-

He likes guava.

Dia suka jambu.

-

They play futsal every tuesday afternoon.

Mereka bermain futsal setiap selasa sore.

 

 

 

PART I

Grammar

Simple present tense

Negative sentences

 

I don’t live in Bogor.

Saya tidak tinggal di Bogor.

-

She doesn’t live in Bogor.

Dia tidak tinggal di Bogor.

-

They don't have any homework today.

Mereka tidak punya pekerjaan rumah hari ini.

-

Monita doesn't walk to school  everyday.

Monita tidak berjalan ke sekolah setiap hari.

-

My friend doesn't like rude people.

Teman saya tidak suka orang yang kasar.

-

You don't listen to me.

Anda tidak mendengarkan saya.

-

Banjarnegara is not in Kalimantan.

Banjarnegara bukan di Kalimantan.

 

 

 

PART J

Question sentences for Yes/No answers

Kalimat pertanyaan untuk jawaban Ya/Tidak

 

Do you live here?      Yes, I do /No, I do not

Kamu tinggal disini?

-

Does he live here?       Yes, She  does / No, He does not

Apakah dia tinggal di sini?

-

Do they eat a lot?        Yes, They do / No, They do not

Apakah mereka makan banyak?

Does he play takraw?         Yes, He does / No, He does not

Apakah dia bermain takraw?

-

Does your sister drink boba tea? Yes, She does/ No, She does not

Apakah adikmu minum teh boba?

 

 

PART J

 

Question sentences using WH- words

Kalimat tanya menggunakan kata WH-

 

What do you like to do in your free time?

Apa yang Anda suka lakukan di waktu luang Anda?

-

Who do you go to school with?

Dengan siapa kamu pergi ke sekolah?

-

What time does he go to work?

Jam berapa dia pergi bekerja?

-

Where does she buy groceries?

Di mana dia membeli bahan makanan?

-

Why do we need to study?

Mengapa kita perlu belajar?

-

How does the machine work?

Bagaimana cara kerja mesin?

 

 

 

 

PART K

 

Past tense

Waktu lampau

Positive sentences

Kalimat positif

 

I was an elementary student.

Saya adalah seorang siswa sekolah dasar.

She was late for school yesterday.

Dia terlambat ke sekolah kemarin.

We were a team.

Kami adalah sebuah tim.

They were our team competitors.

Mereka adalah pesaing tim kami.

Galang went to the grocery store yesterday.

Galang pergi ke toko kelontong kemarin.

-

Siti left her dictionary in the classroom yesterday.

Siti meninggalkan kamusnya di kelas kemarin.

=

Andre played online gaming last week.

Andre bermain game online minggu lalu.

-

Monita drew manga yesterday afternoon.

Monita menggambar manga kemarin sore.

-

Galang played

Galang dimainkan

 

 

 

PART L

Past tense

Waktu lampau

Negative sentences

Kalimat negatif

 

I was not good at drawing.

Saya tidak pandai menggambar.

-

Siti was not here yesterday.

Siti tidak ada di sini kemarin.

We were not at the library yesterday.

Kami tidak berada di perpustakaan kemarin.

-

They were not classmates.

Mereka bukan teman sekelas.

-

Galang didn’t go to the grocery store yesterday.

Galang tidak pergi ke toko kelontong kemarin

-

Siti did not come two days ago.

Siti tidak datang dua hari lalu.

-

Bu Ayu did not teach her class last week.

Bu Ayu tidak mengajar kelasnya minggu lalu.

-

Pak Rahmansyah did not ride his motorcycle yesterday.

Pak Rahmansyah tidak mengendarai sepeda motornya kemarin.

 

 

 

 

PART M

Question sentences

Kalimat tanya

Was Pipit happy to stay here?

Apakah Pipit senang tinggal di sini?

-

Were they happy to study English?

Apakah mereka senang belajar bahasa Inggris?

-

Were you late for school?

Apakah Anda terlambat ke sekolah?

Did Galang go to the grocery store yesterday?

Apakah Galang pergi ke toko kelontong kemarin?

Did Andre play video games?

Apakah Andre bermain video game?

Did Made forget to bring the paper?

Apa Made lupa membawa kertasnya?

Did Made and Siti inish the task?

Apakah Made dan Siti menyelesaikan tugas?

 

 

 

PART N

Subject-verb agreement

Kesepakatan subjek-kata kerja

Subject-verb agreement adalah perubahan yang terjadi pada kata kerja atau verbs sesuai dengan keadaan subjek dari sebuah kalimat, apakah singular (tunggal) atau plural (jamak).

Dalam pola kalimat present tense. Kalian harus menambahkan -s atau -es pada akhir kata kerja yang subjeknya singular (tunggal), seperti he, she, atau it.

Perhatikan contoh dibawah ini:

 

Andre plays online games.

Andre bermain game online.

-

Bu Ayu teaches everyday.

Bu Ayu mengajar setiap hari.

-

Ibu Posma cleans her house every week.

Ibu Posma membersihkan rumahnya setiap minggu.

-

They work in group

Mereka bekerja dalam kelompok

-

Galang and Andre help the librarian every thursday.

Galang dan Andre membantu pustakawan setiap kamis

-

You walk to school everyday.

Anda berjalan kaki ke sekolah setiap hari.

 

 

 

PART O

Sentence structure

Struktur kalimat

 

Verbal sentence atau kalimat verbal adalah kalimat yang digunakan untuk menjelaskan suatu tindakan atau aksi.

 

Contoh:

She studies English.

Dia belajar bahasa Inggris.

 

Kata studies dalam kalimat tersebut menunjukkan satu tindakan atau aksi belajar yang dilakukan oleh She sebagai subjek dalam kalimat.

 

Verbal Sentences

Kalimat Verbal

Monita studies the English language.

Monita mempelajari bahasa Inggris.

-

Galang, Andre, and Monita speakEnglish luently.

Galang, Andre, dan Monita berbicara bahasa Inggris dengan fasih.

-

We read the book at the library last week.

Kami membaca buku di perpustakaan minggu lalu.

-

Made eats satay every day.

Dibuat makan sate setiap hari.

 

 

 

PART P

 

Nominal Sentences

Kalimat nominal

 

Monita is a clever student.

Monita adalah murid yang pandai.

-

Galang, Andre, and Made are diligent students.

Galang, Andre, dan Made adalah murid yang rajin.

-

We are at school right now.

Kami berada di sekolah sekarang

­­-

Siti was tired after the Sport Subject.

Siti lelah setelah Pelajaran Olahraga.

-

I was at the hospital last month.

Saya berada di rumah sakit bulan lalu.

 

 

PART Q

 

Transition Signals

Sinyal Transisi

 

And…

Dan…

-

But…

Tetapi

=…

Or…

Atau

However…

Namun…

-

In contrast…

Sebaliknya…

-

Because…

Karena…

-

So…

Jadi…

-

For example…

Misalnya…

 

 

PART Q

 

Antonyms

Antonim

Big - small

Besar -kecil

-

Cheap - Expensive

Murah –mahal

-

Clean - Dirty

Bersih –kotor

-

Cool - Warm

Dingin - Hangat

-

Day - Night

Siang - Malam

-

Easy - Diicult

Mudah - Sulit

-

Give - Receive

Berikan – Terima

-

Heavy - Light

Berat – Ringan

-

High - Low

Tinggi -rendah

-

Liquid - Solid

Cair – Padat

-

Noisy - Quiet

Berisik – Tenang

-

Panic - Calm

Panik – Tenang

-

Remember - Forget

Ingat – Lupakan

-

Short – Tall

Pendek – Tinggi

 

 

PART R

 

Adjectives to describe personality traits

Kata sifat untuk menggambarkan ciri-ciri kepribadian

 

Adventurous

Petualang

-

Bold

Berani

-

Brave

Berani

-

Bright

Terang

-

Calm

Tenang

-

Careful

Hati-hati

-

Cheerful

Ceria

-

Confident

Percaya diri

-

Energetic

Energik

-

Friendly

Ramah

-

Funny

Lucu

-

Generous

Dermawan

-

Honest

Jujur

-

Kind

Baik

-

Helpful

Bermanfaat

-

Mature

Dewasa

 

 

Alamat kami :

 

Gadjah Mada English School ( GMES)

 

Jl.Kadipaten Kulon No. 27 B , Kraton , Yogyakarta

Phone /WA : 0812 274 7050

 

( DepanTaman Kadipaten /

Pasar Ngasem kebarat  )

 

 

Website : gmesenglish.blogspot.com

 

Bantuan Transportasi :

 

Google Map          : tulis “gmes english”

Gojek                     : tulis “gmes english”

Grab                       : tulis “gmes english”

 

---

Belajar bahasa Inggris dapat dilakukan dengan cara jarak jauh dengan internet/online melalui aplikasi “ Zoom Meeting ” atau “ Google Meet

 

 

 

" A Man Without Ambition is Like A Bird Without Wings , Manusia tanpa cita cita bagaikan seekor burung tanpa sayap" 

Klik , Google Translate