Selasa, 20 November 2018

Showing Willingness , Menunjukkan Keinginan Dalam Bahasa Inggris , Expression of Willingness

 

 

Showing Willingness

Menunjukan Keinginan / Kesedian /Kemauan

================

 

 

Willingness adalah ungkapan untuk mengekspresikan suatu  kesediaan dan kesiapan  untuk melakukan sesuatu.

 

Kata yang paling umum digunakan adalah :

  1. S+ Will + V1 (....akan ... )
  2. S+ Would + V1 (....akan ...  /past).
  3. S+ Is willing to+V1 ( ....bersedia ... )
  4. Are you willing to + V1... ?

( Apakah kamu bersedia untuk... )

  1. Will you +V1...?  ( Maukah kamu... ? )

 

---

Study     - Studied  -Studied  - Studying

Write      - Wrote   -Written   - Writing

Cut         - Cut       - Cut         - Cutting

 

 

 

Agus      : Good morning , Dina

                Selamat pagi, Dina

 

Dina       : Good Morning

                Selamat pagi

                Hi Agus , How are you ?

                Hai Agus, apa kabar?

 

Agus       : I am fine .

                Aku baik-baik saja,

                What are you doing here ?

                Apa yang kamu lakukan disini

 

Dina       : I will buy chicken meat at the market

                Saya akan membeli daging ayam di pasar

 

Agus       : Chicken meat ?

                 Daging ayam ?

 

Dina       : Yes , I will cook “Chicken Satay”

                Ya, saya akan memasak "Sate Ayam"

                for my birth day party

                untuk pesta ulang tahunku

 

Agus       : Oh, I almost forget. 

                Oh, saya hampir lupa.

                Tomorrow is your  birthday , isn’t it ?

                Besok adalah hari ulang tahunmu, bukan?

                I am sure your Chicken Satay is delicious

                Saya yakin Sate Ayam Anda enak

 

Dina       : Yes , Of course .

                 Ya tentu saja .

                Will you come to my birthday party ?

                Maukah kamu datang ke pesta

                ulang tahunku?

 

Agus       : Sure . Don’t worry

                Tentu . Jangan khawatir

                I will come with my brother

                Aku akan ikut dengan saudaraku

 

Dina       : Thank you very much.

                 Terima kasih banyak.

                You are my best friend , See you .

                Anda adalah sahabat saya, sampai jumpa.

 

Agus       : See you.

               Sampai jumpa.

 

 

 

 

 

Asking

Willingness

 

Meminta Kesediaan

 

 

Showing

Willingness

 

Menunjukan Kesediaan

1

Will you come to my birthday party ?

Maukah kamu datang ke pesta ulang tahunku?

Yes, I will go

Ya aku akan pergi

2

Will you help me to bring this book ?

Maukah kamu membantu saya membawa buku ini?

 

Sure , Why not ?

Tentu saja , Mengapa tidak ?

3

Would you like to going with me to my uncle's house?

Apakah kamu ingin pergi dengan saya ke rumah paman saya?

Of course, I would

Tentu saja saya akan

4

Will you help me to do the homework, please ?

Maukah kamu membantu saya mengerjakan PR,

 

With pleasure . I have no any activities now

Dengan senang hati . Saya tidak memiliki kegiatan apa pun sekarang

5

Will you clean the table for me, please

Maukah kamu membersihkan meja untuk saya.

Yes, Sir . I will

Ya Pak . aku akan

6

Will you be careful when you are playing skateboard ?

Apakah kamu akan berhati-hati saat bermain skateboard?

Don’t worry. I am sure can do it 

Jangan khawatir Saya yakin bisa melakukannya..

7

You pass by Ridwan house . Will you give this note to him , please ?

 

Anda melewati rumah Ridwan. Maukah kamu memberikan catatan ini kepadanya ? .

 

Of course . I will

Tentu saja . aku akan

8

Where will you go ?

Kemana kamu akan pergi ?

I will go to the bookstore

 

Aku akan pergi ke toko buku

 

9

Will you close the gate , please ?

Maukah kamu menutup gerbangnya?

Certainly, Sir

Tentu saja, pak

10

Will you accompany me to the beach ?

Maukah kamu menemaniku ke pantai?

 

With pleasure . I don't have any activity so it’s nice to hang out with you.

Dengan senang hati . Saya tidak memiliki aktivitas apa pun sehingga senang bergaul dengan Anda

11

I am very thirsty . Will you buy me a glass of milk ?

Aku Sangat Haus . Maukah Anda membelikan saya segelas susu?

 

Sure

Yakin

 

More about Asking and Showing Willingness

Lebih lanjut tentang Bertanya dan menunjukkan kesediaan

 

 

1

She will help you

Dia akan membantumu

2

He will lend you a dictionary

Dia akan meminjamkanmu kamus

3

John is willing to feed the  bird

 

John bersedia memberi makan burung itu

4

Are you willing to help me?

Apakah kamu bersedia membantu saya?

5

Did you do this job willingly?

 

Apakah kamu melakukan pekerjaan ini dengan sukarela?

6

I will take you to the cinema. I have nothing to do tomorrow.

Aku akan membawamu ke bioskop. Saya tidak ada kegiatan besok.

7

I pick you up willingly.

Aku menjemputmu dengan sukarela.

8

Will you help me bring my bag ?

Maukah kamu membantu saya membawa tas saya?

9

I will wash my bicycle.

Saya akan mencuci sepeda saya

10

We are willing to join with you at the party

 

Kami bersedia bergabung dengan Anda di pesta

11

Father will come back home soon

Ayah akan segera pulang

12

I will be late to school because of traffic jam

Saya akan terlambat ke sekolah karena macet

13

I would  sweep the floor yesterday

Saya akan menyapu lantai kemarin

14

He is willing to come back to school

 

Dia bersedia kembali ke sekolah

15

Devina will cuddle the rabbit lovingly

Devina akan memeluk kelinci dengan penuh cinta

16

My friends will push the break down car

Teman-teman saya akan mendorong mobil mogok

17

Mother will kiss my sister before she sleeps

Ibu akan mencium adikku sebelum dia tidur

18

I would like to drink a cup of coffee

 

Saya ingin minum secangkir kopi

19

I will show you right way to Jakarta

Saya akan menunjukkan jalan yang benar ke Jakarta

20

My aunt will make a cake for your family

Bibiku akan membuat kue untuk keluargamu

21

He is willing to leave for Bandung to get a job.

Dia bersedia berangkat ke Bandung untuk mendapatkan pekerjaan.

22

My father will wait for me at home patiently

Ayah saya akan menungguku di rumah dengan sabar

23

Bambang is a really good person. He will always help me if I need something.

Bambang benar-benar orang yang baik. Dia akan selalu membantu saya jika saya butuh sesuatu.

24

I will take you to the bus station. I have nothing to do next Sunday.

Saya akan membawa kamu ke stasiun bus. Saya tidak ada kegiatan lain hari Minggu depan.

25

Martha is willing to mop a floor this afternoon

 

Martha bersedia mengepel lantai sore ini

26

If you want to wait for a moment, You will meet Mr. Rudi at school

Jika Anda mau untuk menunggu sebentar, Anda akan bertemu Tuan Rudi di sekolah

27

Don’t worry . I will help you day and night

Jangan khawatir. Saya akan membantu Anda siang dan malam

29

I would like to see you at the restaurant

 

Saya ingin melihat Anda di restoran

30

My father is very busy but he will come to my school to collect my report

Ayah saya sangat sibuk tetapi dia akan datang ke sekolah saya untuk mengumpulkan laporan saya

31

I would  water the flower in the garden

Saya akan menyirami bunga di kebun

32

My brother will paint the wall my room

Adikku akan mengecat dinding kamarku

33

I wish I could help you.

 

Saya berharap dapat membantu Anda.

34

My brother loves sport. He will walk 2 kilometers to his school tomorrow

Saudaraku suka olahraga. Dia akan berjalan 2 kilometer ke sekolahnya besok

35

Rahmat will accompany Rangga to the drugstore after school

 

Rahmat akan menemani Rangga ke apotek sepulang sekolah

36

I will get up early tomorrow morning

Saya akan bangun pagi besok pagi

37

I  am sure the students will pass the english examination

Saya yakin para siswa akan lulus ujian bahasa inggris

38

I am willing to study hard for my future

 

Saya bersedia belajar keras untuk masa depan saya

39

The little girl is very naughty . She will not stop crying before her mother buys him the toys he wants

Gadis kecil itu sangat nakal. Dia tidak akan berhenti menangis sebelum ibunya membelikannya mainan yang dia inginkan

40

I would like to accompany you to the bird market.

 

Saya ingin menemani Anda ke pasar burung.

41

I am willing to play our drama  project at  school hall

Saya bersedia untuk memainkan proyek drama kami di aula sekolah

42

I can sing, and I will do it even If I’m tired

Saya bisa bernyanyi, dan saya akan melakukannya bahkan jika saya lelah

43

I can cook fried rice, and I will do it everday

Saya bisa memasak nasi goreng, dan saya akan melakukannya setiap hari

44

Will you bring some of these books for me ?

Maukah kamu membawa beberapa buku ini untuk saya?

45

I will send the letter this evening

Saya akan mengirimkan surat itu malam ini

46

Mom will cook the dinner tonight

 

Ibu akan memasak makan malam ini

 

Unwillingness or Refusal to do something

Keengganan atau penolakan untuk melakukan sesuatu

 

1

My father won’t allow me to watch music concert at night

 

NB:

Will not = Won’t

Tidak akan

 

Ayah saya tidak akan mengizinkan saya menonton konser musik di malam hari

2

John  doesn't want to talk to me. He won't answer my phone calling.

John tidak mau berbicara dengan saya. Dia tidak akan menjawab panggilan telepon saya.

3

It’s not my will.

 

Bukan keinginan saya.

4

I’m not willing to help you.

 

Saya tidak bersedia membantu Anda.

5

The door won’t be opened if you come late

Pintu tidak akan dibuka jika kamu datang terlambat

6

I am not willing to help you.

 

Saya tidak bersedia membantu Anda.

7

I can dance but I will not do it in front of many people

Saya bisa menari tetapi saya tidak akan melakukannya di depan banyak orang

8

My brother always helped with the cooking, but he wouldn't wash the plates and forks

Saudaraku selalu membantu memasak, tetapi dia tidak akan mencuci piring dan garpu

 

 

 

Alamat kami :

Gadjah Mada English School ( GMES)

 

Jl. Kadipaten Kulon No. 27 B, Kraton , Yogyakarta

 

Website : gmesenglish.blogspot.com

 

Bantuan Transportasi :

 

Google Map : tulis “gmes english”

Gojek           : tulis “ gmes english”

Grab             : tulis “gmes english”

 

----

Belajar Bahasa Inggris bisa dengan sistim jarak jauh /online/internet dengan Aplikasi ” Zoom Meeting “

 

 

 

.

 

" A Man Without Ambition is Like A Bird Without Wings , Manusia tanpa cita cita bagaikan seekor burung tanpa sayap" 

Test Tag break
Postingan terkait, Klik dibawah ini :
Les Inggris SMP Jogja
Les Inggris SMA,SBMPTN dan STAN di Jogja
Les TOEFL Jogja
Hitung Nilai TOEFL
Adjective , Kata sifat
Adverb , Kata Keterangan
Conjunction , Kata Hubung
Pronouns , Kata Ganti
Preposition , Kata Depan
Regular Verb, Kata Kerja Teratur
Irregular Verb, Kata Kerja Tidak Teratur
Question Words , Kata Tanya
Adverb of Frequency , Keterangan Keseringan
Klik , Peta Google Map ke GMES English Jogja
Klik , Google Translate

88 komentar:

  1. menterinya sangat berguna 👍

    BalasHapus
  2. Materinya mudah dipahami dan sangat berguna 👍👍👍👍👍👍👍

    BalasHapus
  3. Materinya sangant membantu 🖒

    BalasHapus
  4. Bagus gambarnya mudah dipahami kalimatnya

    BalasHapus
  5. Materinya berguna dan mudah di pahami

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  7. Dengan materi ini saya menjadi lebih tau tentang kosakata yang sulit dipahami

    BalasHapus
  8. Sangat berguna bagi nusa dan bangsa:)

    BalasHapus
  9. Sangat berguna mantul mantap betull :)

    BalasHapus
  10. Materinya sangat berguna untuk semua pelajar👍

    BalasHapus
  11. mantul mantab betul,, materinya 👌

    BalasHapus
  12. Terima kasih atas materinya yang sangat bermanfaat, pak.

    BalasHapus
  13. Thx you materinya pak, bermanfaat dan simple dipelajari dimana saja🤗👍

    BalasHapus
  14. the material is good, sir, so I can learn vocabulary

    BalasHapus
  15. The material is good sir, easy to understandv:)

    BalasHapus
  16. Materinya mudah dipahami. Thank you so much

    BalasHapus
  17. Materinya sangat bagus dan mudah di cerna serta di paham.

    BalasHapus
  18. Mantap pak👍 materinya mudah dipahami pak🤗 sukses terus pak....

    BalasHapus
  19. Terimakasih pak,easy to understand :)

    BalasHapus
  20. Materinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami..Thank you sir

    BalasHapus
  21. Materinya menambah wawasan saya, thank you sir.

    BalasHapus
  22. thank you mr.joko the material is very helpful😄😉

    BalasHapus
  23. thank you mr.joko the material is very helpful😄😉

    BalasHapus
  24. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  25. Thank you, it's so helpfull! 🙏✨

    BalasHapus
  26. Masyaallah
    Makasih banyak ya
    Telah membantu saya dalam mempelajari stating Willingness

    BalasHapus
  27. please, mention the Responses of showing willingness

    BalasHapus
  28. Terimakasih atas materinya pak

    BalasHapus
  29. Materinya mudah di pahami dan sangat membantu

    BalasHapus
  30. Materinya sangat berguna dan sangat membantu

    BalasHapus
  31. The material is good, simple, and easy to understand

    BalasHapus
  32. the material is very useful and very helpful

    BalasHapus

  33. thank you sir the material is very interesting and very useful

    BalasHapus
  34. Mr.Joko widodo is very handsome and suitable to bee a teen Idol...
    Love yoouu Teachrs

    BalasHapus
  35. thank you sir today's material is very helpful

    BalasHapus
  36. thank you sir, the material is quite easy to understand

    BalasHapus
  37. Thank you for the material provided, this is very easy for you to learn

    BalasHapus
  38. Thank you for the material sir

    BalasHapus
  39. Terimakasih atas materinya pak🙌

    BalasHapus
  40. terimakasih banyak atas maternya pak, sangat membantu 👍🏻

    BalasHapus
  41. thank you very much sir, very helpful

    BalasHapus
  42. very good sir the material is very helpful

    BalasHapus
  43. Thanks for material Sir,easy to reach and can learn everytime

    BalasHapus
  44. Very helpful,clear,and useful,thank you

    BalasHapus
  45. Thank you sir,it's very useful

    BalasHapus
  46. thank u sir, this material is very helpful and easy to understand

    BalasHapus
  47. Thank you sir the material is very helpful for learning

    BalasHapus
  48. ok thank you sir,this material is very good

    BalasHapus