Selasa, 19 November 2019

Expression of Advice , Asking For And Giving Advice , Meminta dan Memberi Nasihat Dalam Bahasa Inggris, Contoh dialog Expression of Advice

GMES English Yogyakarta

 

 

Asking For  and Giving Advice

                        Meminta dan Memberi Nasihat

 

                                                    

 

Toto :     Hello Rudi

                Halo Rudi

                You look sad.

                Kamu terlihat sedih.

                What the matter with you ?

                Ada apa denganmu?

Rudi :     I  got bad mark in english because

                I am bored

                Saya mendapat nilai buruk dalam bahasa

                Inggris karena saya bosan

                What do you advise me to do ?

                Apa yang kamu sarankan untuk saya lakukan?

Toto :     I think you should try to study english

                through english song

                Saya pikir Anda harus mencoba belajar

                bahasa Inggris melalui lagu bahasa inggris

Rudi :     That is a good idea.

                Itu ide yang bagus.

                How can I get the songs ?

                Bagaimana saya bisa mendapatkan lagu?

 

Toto :     There are many english songs together

                with the lyric in Youtube

                Ada banyak lagu bahasa Inggris bersama

                dengan lirik di Youtube

                So you’d better browse the internet

                Jadi Anda sebaiknya menjelajah internet

Rudi :     But I do not know the  of song which is

                easy to study english

                Tapi saya tidak tahu lagu yang mana

                mudah untuk belajar bahasa inggris

                What do you suggest ?

                Apa yang Anda sarankan ?              

Toto :     I advise you to choose pop song .

                Saya menyarankan Anda untuk

                memilih lagu pop.

                It is easy to learn english like

                “ west life boy band”

                Sangat mudah untuk belajar bahasa Inggris

                 seperti "west life boy band"

Rudi :     Is the song can improve my speaking ?

                Apakah lagu dapat meningkatkan

                kemampuan berbicara saya?

Toto  :    Yes, of course if you sing regularly you will

                get a lot of vocabulary and pronunciation

                Ya, tentu saja jika Anda bernyanyi secara

                teratur, Kamu akan mendapat banyak

                kosakata dan pengucapan

Rudi :     Tank you for your advice

                Terima kasih atas saran Anda

Rudi :     You’re welcome.

                Sama-sama.

 

 

 

Cara menanyakan dan memberikan nasehat ( advice)

 

 

 

  1. Advise/ Menasehati   sebagai kata kerja ( Verb)

I advise you to study English if you want to be a succesful person

Saya menyaranakan anda untuk belajar bahasa Inggris jika anda ingin menjadi orang sukses

 

  1. Should / Harus

You should  study English if you want to be a succesful person

  1. Ought to /Seharusnya begitu ( secara moral)

You ought to study english if you want to be a succesful person

  1. You had better + Verb (Anda akan lebih baik)  You had better study English if you want to be a succesful person
  2. If I were you I should + Verb ( Jika aku jadi kamu, aku harus)

If I were you I should  study English if you want to be a succesful person

  1. Why don’t you + Verb ( Mengapa Anda tidak )

Why don’t you   study English if you want to be a succesful person

  1. =

 

   

Asking For  Advice

 

Giving Advice

 

I have a birthday party tonight

Saya mengadakan pesta ulang tahun malam ini

What should I wear ?

Apa yang harus saya kenakan ?

You should wear a white dress

Anda harus mengenakan gaun putih

        

I want to be strong and healthy

Saya ingin kuat sehat

What should I do ?

Apa yang harus saya lakukan ?

You should eat more vegetables and fruits

Anda harus makan lebih banyak sayur dan buah-buahan

It’s raining and I don’t want to get my dress wet

Hari iniHujan dan saya tidak ingin baju saya basah

 

What should I do ?

 

Apa yang harus saya lakukan ?

You had better bring an umbrella

Anda sebaiknya membawa payung

 

 

My eyes hurt

Mataku sakit

You should go to the doctor

Anda harus pergi ke dokter

What do you think I should do about my low grades  in english?

Menurut Anda apa yang harus saya lakukan tentang nilai rendah saya dalam bahasa Inggris?

I think you should try harder in the class

Saya pikir Anda harus berusaha lebih keras di kelas

 

 

 

I am really cold

Saya sangat kedinginan.

You should take a hot bath Anda harus mandi air panas

I am very hungry

Saya sangat lapar

Where should we have lunch today ?

Di mana kita harus makan siang hari ini?

 

In a restaurant

di restoran

I am very tired and pale

Saya sangat lelah dan pucat.

What do you suggest ?

Apa yang Anda sarankan ?

You should relax . You need a break and get fresh air

Kamu harus tenang . Anda perlu istirahat dan mendapatkan udara segar

I have a terrible  stomachache

Saya sakit perut parah

You should lie down on the bed

Anda harus berbaring di tempat tidur

I want to write a report about global warming

Saya ingin menulis laporan tentang pemanasan global

Why don’t you browse the internet to get more information

Mengapa Anda tidak menjelajah internet untuk mendapatkan informasi lebih lanjut

My body is overweight

Tubuh saya kelebihan berat badan

What is your advice ?

Apa nasihatmu ?

You should go on diet fat and carbohidrate

Anda harus melakukan diet lemak dan karbohidrat

I am very thirsty here

Saya sangat haus di sini

You should have some milk or tea in the cafetaria

Anda harus minum kopi atau teh di kafetaria

My baby didn’t sleep well

Bayi saya tidak tidur nyenyak

What do you think I should do ?

Menurutmu apa yang harus aku lakukan?

You shoud go to the doctor in the hospital

Anda harus pergi ke dokter di rumah sakit

I am bored at home

Saya bosan di rumah

 

You should go outside for a while

Anda harus keluar sebentar

I want to visit Malioboro on sunday morning

Saya ingin mengunjungi Malioboro pada hari minggu pagi

 

Where should I park the car ?

Di mana saya harus memarkir mobil?

You should park the car at Ngabean Parking Area

Anda harus memarkir mobil di Area Parkir Ngabean

I have got a high temperature.

Suhu badan saya tinggi.

You should stay at home.

Anda harus tinggal di rumah.

I failed my english test

Saya gagal tes bahasa Inggris saya

 

Can you give me some advice?

Bisakah anda memberi saya beberapa saran?

You should study harder everyday

Anda harus belajar lebih keras setiap hari

My brother often gets bad score in english

Adikku sering mendapat nilai buruk dalam bahasa Inggris

What should he do ?

Apa yang harus dia lakukan?

He  shouldn’t spend much time in front of the TV

Dia tidak harus menghabiskan banyak waktu di depan TV

I will go to Bali for picnic next week

Kami akan pergi ke Bali untuk piknik minggu depan

What should I do ?

Apa yang harus saya lakukan ?

I think you should reserve a hotel room in advance

Saya pikir Anda harus memesan kamar hotel terlebih dahulu

I am longing my father in my birthday party

Saya merindukan ayah saya di pesta ulang tahun saya

I think you should call them via WA

Saya pikir Anda harus memanggil mereka melalui WA

I have a problem with the teacher

Saya punya masalah dengan guru

 

 

Should I tell her the truth or should I say nothing ?

Haruskah saya mengatakan yang sebenarnya atau haruskah saya mengatakan apa-apa?

 

You should meet him and apoligize

Anda harus bertemu dengannya dan memohon maaf

I have a sore throat

Saya punya sakit tenggorokan

 

You should drink hot orange juice

Anda harus minum jus jeruk panas

I don’t know the meaning of words in the text

Saya tidak tahu arti kata-kata dalam teks

You should look it up in the dictionary

Anda harus mencarinya di kamus

I will have an english test tomorrow

Saya akan melakukan tes bahasa inggris besok

You should stay at home and study

Anda harus tinggal di rumah dan belajar

My class room is always dirty and messy

Ruang kelas saya selalu kotor dan berantakan

You should remind your friends to sweep the floor

Anda harus mengingatkan temanmu untuk menyapu lantai

I couln’t sleep well last night

Saya tidak bisa tidur nyenyak semalam

You  shoudn’t drink too much  coffee

Anda  jangan terlalu banyak minum  kopi

I want to speak english well

Saya ingin berbicara bahasa Inggris dengan baik

You should listen to more english songs and understand the lyric

Anda harus mendengarkan lebih banyak lagu bahasa Inggris dan memahami liriknya

 

More About Giving Advice 2

Lebih lanjut tentang memberi saran 2

           Giving Advice

Memberi nasihat

Accepting advice

Menerima saran

-----                  

Refusing Suggestion

Menolak Saran

 

You should brush your teeth after having breakfast  Anda harus menyikat gigi setelah sarapan

It’s a good suggestion

Itu saran yang bagus

---

Oh, I don’t think it’s necessary

Oh, saya pikir itu tidak perlu

 

I think that you should start sweeping the dirty floor

Saya pikir Anda harus mulai menyapu lantai yang kotor

 

Yes, I suppose I should

Ya, saya kira saya harus

---

I don’t think so

Saya kira tidak

 

You had better refuse this job.

Anda sebaiknya menolak pekerjaan ini.

Thanks, I’ll do it

Terima kasih, saya akan melakukannya

---

I guess not       

saya rasa tidak

 

You should do more exercise in the sport hall. It is good for you

Anda harus melakukan lebih banyak olahraga di gelangang olah raga. Itu bagus untuk kamu

It sounds good

Kedengarannya bagus

---

Oh No. I am very busy  

Oh, tidak, aku sangat sibuk

 

 

You should greet your friends in english

Anda harus menyapa teman-teman Anda dalam bahasa Inggris

 

I think good way

Saya pikir cara yang bagus

You should ask questions in english

Anda harus mengajukan pertanyaan dalam bahasa Inggris

All right

Baiklah

---

That's very interesting.

Itu sangat menarik

 

 You'd better see a surgeon!

Anda sebaiknya pergi ke dokter bedah!

 Yes, I will

Ya saya akan

---                      

 

I don't think I should do that.

Saya tidak berpikir saya harus melakukan itu.

 

 

 

You shouldn’t stay out too late in the concert. You have to work in the office tomorrow

 

Anda seharusnya tidak keluar terlalu larut di konser. Anda harus bekerja di kantor besok

!

 

Ok

Baik

May be 

Mungkin

---

I'm sorry, i can't agree with that.

Maaf, saya tidak bisa setuju dengan itu.

You should go on picnic for a few days. You’ve been working so hard. Anda harus pergi piknik selama beberapa hari. Anda sudah bekerja sangat keras.

 

I guess yes

saya rasa iya       

---

That's very interesting, but I don’t have enough money

Itu sangat menarik, tapi saya tidak punya cukup uang

 

I advise you to brush your teeth before sleeping

Saya menyarankan Anda untuk menyikat gigi sebelum tidur.

 

That sounds like a good idea!

Itu terdengar seperti ide yang bagus!

You shouldn’t drive over the speed limit in the city. It’s dangerous

 Anda tidak boleh mengemudi di atas batas kecepatan di kota. Itu berbahaya

 

Yes, I agree with that.

Ya saya setuju dengan itu.

 

---

I don't think that's a good idea because I am in hurry

---

Saya tidak berpikir itu ide yang bagus karena saya sedang terburu-buru

 

 

More About Giving Advice 3

Lebih lanjut tentang memberi saran 3

                              

 

 

You shouldn’t eat a lot of candy in the party. It’s bad for your teeth

Anda tidak harus makan banyak permen pesta. Ini buruk untuk gigi Anda

I would advise that you check the answers again.

Saya sarankan Anda memeriksa jawaban lagi

You should be more careful with your new motor cycle

Anda harus lebih berhati-hati dengan sepeda motor barumu

The best thing to do is talk about it at a seminar.

Hal terbaik untuk dilakukan adalah membicarakannya di sebuah seminar.

You shoud try to sing on the stage. It’s so challenging !

Anda harus mencoba menyanyi di panggung. Ini sangat menantang

You shouldn’t ashamed to use english with me

Anda seharusnya tidak malu menggunakan bahasa Inggris dengan saya

You shouldn’t waste your time in the night club

Anda tidak harus membuang waktu Anda di klub malam

 

 

I would suggest that you send her flowers

Saya sarankan agar Anda mengiriminya bunga

You should speak and write to each other in english  everyday

Anda harus berbicara dan menulis satu sama lain dalam bahasa Inggris setiap hari

You should’t be selfish to your friend

Anda seharusnya tidak egois kepada temanmu

If I were you I should work at the embassy

 

Jika saya jadi Anda, saya harus bekerja di kedutaan besar

I think you should try to speak to her

Saya pikir Anda harus mencoba berbicara dengannya

 

You should never speak to your mother like that

Anda tidak boleh berbicara dengan ibumu seperti itu

If I were you I should take cooking class

Jika saya jadi Anda, saya harus mengambil kelas memasak

It’s rainy you should take an umbrella everywhere

Saat hujan, Anda harus membawa paying kemana mana

You shouldn’t drink too sweet. It’s bad for your  teeth and health

Anda tidak harus minum terlalu manis. Itu buruk untuk gigi dan kesehatanmu

 

Why don’t you sit down beside me on this sofa?

 

Kenapa kamu tidak duduk di sampingku di sofa in?

You should eat healthy food

Anda harus makan makanan sehat

 

You should n’t eat fast food

Anda tidak harus makan makanan cepat saji

One thing you could do is change the colour of the wall

Satu hal yang bisa Anda lakukan adalah mengubah warna dinding

You could try a different food or fruit.

Anda bisa mencoba makanan atau buah yang berbeda.

I think you should get a private english teacher.

Saya pikir Anda harus mendapatkan guru prifat bahasa inggris.

You should stop smoking in this room

 

Kamu harus berhenti merokok diruang ini

If I were you, I would go to the doctor.

Jika saya jadi Anda, saya akan pergi ke dokter.

 

Why don’t you go home to sleep now?

Kenapa kamu tidak pulang untuk tidur sekarang?

If I were you, I would  report the accident  to the police station

Jika saya jadi Anda, saya akan meloporkan kecelkaan  ke kantor polisi.

Have you thought about seeing a dentist.

 

Pernahkah Anda berpikir untuk mengunjungi dokter gigi.

 

 

Have you thought about visiting the zoo ?

Pernahkah Anda berpikir untuk mengunjungi kebun binatang?

 

It’s time you said the truth  this meeting

 

Sudah saatnya Anda mengatakan yang sebenarnya di pertemuan ini.

If you take my advice, you’ll go to the police.

Jika Anda menerima saran saya, Anda akan pergi ke polisi.

 

If you take my advice, you'll go to the dentist.

Jika Anda menerima saran saya, Anda akan pergi ke dokter gigi.

It’s time you stopped drinking too much coffee

Sudah saatnya Anda berhenti minum banyak kopi.

It might be a good idea keep an eye on your bag and money all the time.

Mungkin ide yang baik untuk mengawasi tas  dan uang Anda sepanjang waktu.

 

It might be a good idea to brush your teeth on a regular basis.

Mungkin ide yang baik untuk menyikat gigi secara teratur.

Make sure you don’t miss the train

Pastikan Anda tidak ketinggalan kereta

You’d better keep an eye on your bag all the time.

 

Anda sebaiknya mengawasi tas Anda setiap saat.

 

 

You had better brush your teeth before sleeping

Sebaiknya Anda menyikat gigi sebelum tidur

You'd better brush your teeth regularly

Anda sebaiknya menyikat gigi secara teratur

You ought to/should avoid crowded places.

 

Anda harus / harus menghindari tempat ramai.

 

 

You ought to/should avoid eating sweets.

Anda harus / harus menghindari makan permen.

 

More about asking for advice 2

Lebih lanjut tentang meminta saran 2

 

1

What’s your advice?

Apa saran Anda?

 

2

What would you advice us to do?

Apa yang akan Anda sarankan untuk kami lakukan?

3

What should I do?

Apa yang harus saya lakukan?

4

Do you have any suggestions?

Apakah Anda punya saran?

5

Do you think that I should go to school?

Apakah Anda pikir saya harus pergi ke sekolah?

6

If you were me what would you do?

Jika kamu adalah aku, apa yang akan kamu lakukan?

 

7

What do you advise me to do?

Apa yang Anda sarankan untuk saya lakukan?

8

What do you suggest us to do?

Apa yang Anda sarankan untuk kita lakukan?

9

What do you think I should do?

Menurutmu apa yang harus aku lakukan?

10

What would you do in this situation ?

Apa yang akan kamu lakukan dalam situasi ini?

11

What do you suggest?

Apa yang Anda sarankan?

12

What is your suggestion?

Apa saranmu

13

What do you recommend we do about the project ?

Apa yang Anda rekomendasikan dari kami tentang proyek ini?

14

What would you do about the problem?

Apa yang akan Anda lakukan tentang masalah ini?

 

15

What ought I to do?

Apa yang harus saya lakukan?

 

More About Declining Advice /

Rejecting Advice

Lebih lanjut tentang Menolak saran

1

I don't know what to advise, I'm afraid.

Saya tidak tahu harus memberi tahu apa, saya khawatir.

2

I wish I could help.

Saya berharap bisa membantu.

3

I wish I could suggest something, but I can't.

Saya berharap saya bisa menyarankan sesuatu, tetapi saya tidak bisa..

4

I’m afraid I can’t really help you.

Saya khawatir saya tidak bisa membantu Anda

5

I'm afraid I can't really help you.

Aku khawatir aku tidak bisa membantumu.

 

 

 

 

 

Devi: You look pale . What is the matter ?.
Aldo : Yes, I get a  a bad toothache
Devi : You should go to a dentist.

           Come on, I will accompany you.
Aldo : Ok.

The underlined words show ....
A. Agreement
B. Advice

C. Compliment
D. Prohibition
E. Plan

 

 

Alamat kami :

Gadjah Mada English School ( GMES)

 

Jl. Kadipaten Kulon No. 27 B, Kraton , Yogyakarta

 

Website : gmesenglish.blogspot.com

 

Phone / WA : 0812 274 7050

 

Bantuan Transportasi :

 

Google Map : tulis “gmes english”

Gojek           : tulis “ gmes english”

Grab             : tulis “gmes english”

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

" A Man Without Ambition is Like A Bird Without Wings , Manusia tanpa cita cita bagaikan seekor burung tanpa sayap" 

Test Tag break
Postingan terkait, Klik dibawah ini :
Les Inggris SMP Jogja
Les Inggris SMA,SBMPTN dan STAN di Jogja
Les TOEFL Jogja
Hitung Nilai TOEFL
Adjective , Kata sifat
Adverb , Kata Keterangan
Conjunction , Kata Hubung
Pronouns , Kata Ganti
Preposition , Kata Depan
Regular Verb, Kata Kerja Teratur
Irregular Verb, Kata Kerja Tidak Teratur
Question Words , Kata Tanya
Adverb of Frequency , Keterangan Keseringan
Klik , Peta Google Map ke GMES English Jogja
Klik , Google Translate

62 komentar:

  1. the material is very helpful.thank you,Mr.joko👍👌

    BalasHapus
  2. the material is very helpful.thank you,Mr.joko👍👌

    BalasHapus
  3. The material is very good and easy to understand, gmesenglish never disappoints, thanks gmesenglish

    BalasHapus
  4. the material is very good and very helpful👍

    BalasHapus
  5. Thanks Mr. Joko! With this matery a have new knowledge about asking for and giving Advise😊

    BalasHapus
  6. Thanks Mr.Joko! With this materi a have new knowledge about asking for and giving Advice 😊👍

    BalasHapus
  7. Saya jadi lebih mengetahui tentang materi memberi nasihat dalam bahasa inggris

    BalasHapus
  8. Saya jadi lebih tahu tentang memberi nasehat/saran dalam bahasa inggris

    BalasHapus
  9. material very helpful and easy to understand thank you

    BalasHapus
  10. I came to understand asking for and giving advice

    BalasHapus
  11. Mantap pak,saya menjadi lebih faham tentang materi ini😄

    BalasHapus
  12. thank you for the material asking and giving advice in English ,, the material is very helpful

    BalasHapus
  13. the material is very helpful and easy to understand thanks mr.Joko

    BalasHapus
  14. you to be teacher the amazing#@abell.fg_&@arum_290306

    BalasHapus
  15. thank you sir, the material is very useful

    BalasHapus
  16. very concise and helped me in giving or asking for advice

    BalasHapus
  17. the material taught really helped me while learning English😉

    BalasHapus
  18. the material taught really helped me while learning English😉

    BalasHapus
  19. the material is very good and easy to understand, I understand English more, thank you gmes english, thank you Mr. joko🤗the best english material is only in gmes english👍👌🤗

    BalasHapus
  20. very concise and helped me in giving or asking for advice

    BalasHapus
  21. the material is good sir and easy to learn because along with the meaning thank you sir

    BalasHapus
  22. Thank you sir, the material is very helpful

    BalasHapus
  23. Thank you, Mr. Joko, because I can understand about giving advice or receiving advice, the best Gmes English

    BalasHapus
  24. very good and must be improved again

    BalasHapus
  25. very good and must be improved again

    BalasHapus
  26. So helping and make me more easy to study english

    BalasHapus
  27. Very good and must be improved again

    BalasHapus
  28. Iji material is very good, it's just that Mr. Joko is the best and smart in teaching English. this material is complete thank you sir😀😀😀😀😀😀😀😀

    BalasHapus
  29. the material is easy to understand

    BalasHapus
  30. thanks sir the material is very helpful👍

    BalasHapus
  31. The material is very very good

    BalasHapus
  32. thank you sir, the material is very interesting and very useful

    BalasHapus
  33. The material is pretty good, and quite easy to understand

    BalasHapus
  34. This lesson is very helpful, thank you sir

    BalasHapus
  35. Thank you sir,the material is good

    BalasHapus
  36. Thank you Sir, the material is very helpful

    BalasHapus
  37. The material is very good, and the words are very interesting

    BalasHapus
  38. thank you sir the material is useful

    BalasHapus
  39. The material is easy to understand ... thank you, Mr. Joko.

    BalasHapus
  40. Thank you sir the material is very helpful

    BalasHapus
  41. thank you very much sir the material is easy to understand

    BalasHapus
  42. nice sir the material is very useful

    BalasHapus
  43. This material is very helpful and very useful for me to learn

    BalasHapus
  44. Good and thank you for the material very helpful

    BalasHapus
  45. this material is very good sir, thankyou

    BalasHapus
  46. The material is very helpful,useful,and clear,thank you

    BalasHapus
  47. the material is very helpful and easy to understand, thank u Mr. Joko

    BalasHapus
  48. I became more aware of the material to give advice in English

    BalasHapus
  49. This English material is very helpful and easy to understand, hopefully we can study it well so that we get good grades

    BalasHapus
  50. the material is very helpful and easy to understand, thank you sir, success always

    BalasHapus
  51. This material is very useful and easy to understand thank you,sir

    BalasHapus
  52. The material is very helpful and easy to understand

    BalasHapus
  53. This material is very useful and easy to understand thank

    BalasHapus
  54. Thr material is very useful and easy to understand, thank you sir.

    BalasHapus