Rabu, 15 Juli 2020

Greeting And Parting , Salam dan Perpisahan Dalam Bahasa Inggris ,Greeting Dalam Bahasa Inggris , Parting Dalam Bahasa Inggris , Leave Taking Dalam Bahasa Inggris

 

 

Greeting and Parting

 

Salam dan Perpisahan

 

Greeting (Salam ) adalah tindakan berkomunikasi untuk membuat kehadiran Anda diketahui satu sama lain dan untuk menunjukkan perhatian

 

Parting (Berpisah) dapat didefinisikan sebagai ekspresi atau tindakan yang dengan siapa seseorang itu akan pergi/ berpamitan

 

 

 

Meeting a new friend at the School  Garden

Bertemu teman baru di taman sekolah

 

A

Good morning ,

My name is Rudi ,

What is your full name ?

Selamat pagi,

Nama saya Rudi,

Siapa nama lengkap Anda?

B

Good morning ,

My name is Kiki Fatmala

Selamat pagi,

Nama saya Kiki Fatmala

A

Well, How do you spell your name  ?

Nah, bagaimana Anda mengeja nama Anda?

B

K-I-K-I

How do you do, Rudy

(Offer your hand.)

K-I-K-I

Bagaimana kabarmu, Rudy

(Tawarkan tangan Anda.)

A

How do you do,

Nice to see you.

(Shake hands.)

Apa kabar,

Senang bertemu Anda.

(Bersalaman.)

B

Thanks,

It’s nice to meet you too.

Terima kasih,

Senang bertemu dengan  kamu juga.

A

Are you a new student  here ?

Apakah kamu murid baru disini ?

B

Yes , I am .

Ya, benar .

A

Well .

What class are you in ?

Nah.

 di kelas berapa kamu?

B

I am in the 7A

What about you ?

Saya di 7A

Bagaimana dengan kamu?

A

I am in 7B .

It is next to your class

Saya di 7B.

Itu di sebelah kelas Anda

B

Great!

By the way .

What is your favorite subject at school ?

Bagus!

Ngomong-ngomong .

Apa pelajaran favorit Anda di sekolah?

A

My favorite subject at school is english.

 

 

--

Maths

Physics

Physical Education

Science

Music

Geography

Biology

 

Mata pelajaran favorit saya di sekolah adalah bahasa Inggris.

 

-

Matematika

Fisika

Pendidikan Jasmani

Ilmu

Musik

Geografi

Biologi

B

Good.

Why  do you like english ?

Baik.

Kenapa kamu suka bahasa inggris?

A

I like english because english is the international language

Saya suka bahasa Inggris karena bahasa Inggris adalah bahasa internasional

B

How long have you learned english ?

Berapa lama Anda belajar bahasa Inggris?

A

I have been learning for 3 years

Saya sudah belajar selama 3 tahun

B

Where do you come from ?

Darimana asal kamu ?

A

I come from Jogja

Saya berasal dari Jogja

B

Where do you live in Jogja?

Di mana kamu tinggal di Jogja?

A

I live at 5 Beo Street

Saya tinggal di 5 Jalan Beo

B

Really ?

I also live on that street

Betulkah ?

Saya juga tinggal di jalan itu

A

Great ,

We are neighbours .

What is your address ?

Bagus ,

Kita tetangga .

Alamat anda dimana ?

B

My address is  at 250  Beo Street

 

Well , Rudi

How do you go to school ?

Alamat saya di 250 Jalan murai

 

Baiklah, Kiki

Bagaimana kamu berangkat sekolah

A

I go to school by bus

 

How about you ?

Aku pergi ke sekolah dengan bus

Bagaimana dengan kamu ?

B

By bicycle .

It is more healthy

 

What time do you usually go to school everyday ?

Dengan sepeda .

Itu lebih sehat

 

Jam berapa kamu biasanya pergi ke sekolah setiap hari?

A

I usually go to school at 6.30

 

By the way,

With whom do you live ?

Saya biasanya pergi ke sekolah pukul 6.30

 

Ngomong-ngomong,

Dengan siapa kamu tinggal ?

B

I live with parents

Saya tinggal bersama orang tua

A

How many people are there in your family ?

Berapa banyak orang yang ada dalam keluarga Anda ?

B

There are 4 people in my family .

They are my father, my mother , my sister and Me

Ada 4 orang di keluarga saya. Mereka adalah ayah saya, ibu saya, saudara perempuan saya dan saya

A

Excuse me, Kiki

What are your hobbies ?

Permisi Rudi.

Apa hobimu?

B

My hobby is playing badminton

---

Reading books

Playing games

Surfing the internet

Collecting stamps

Listening to music

Go shopping

Chatting

What about you ?

Hobi saya bermain bulu tangkis

---

Membaca buku

Bermain permainan

Menjelajahi internet

Mengoleksi perangko

Mendengarkan musik

Pergi belanja

Mengobrol

Bagaimana dengan kamu?

A

My hobby is playing badminton too

 

How about playing badminton together  ?

Hobi saya bermain bulu tangkis juga

 

Bagaimana kalau bermain bulutangkis bersama?

B

Oh , that is a good idea

 

When can we play badminton ?

Oh, itu ide yang bagus

 

Kapan kita bisa bermain bulu tangkis?

A

On Sunday morning in sport hall .

 

I think will be better

Pada hari Minggu pagi di aula olahraga .

 

Saya pikir akan lebih baik

B

I agree with you

 

Well , What is your favorite singer ?

Saya setuju denganmu

 

Nah, apa penyanyi favorit Anda?

A

My favorite singer is Justin Bieber because he has beautiful voice

Penyanyi favorit saya adalah justin bieber karena dia memiliki suara yang indah

B

I love justin bieber too

Well, I am glad to meet you

Saya suka justin bieber juga

Yah, aku senang bertemu denganmu

A

I am glad to meet you too

 

Listen the bell is ringing

 

I am sorry but I must be going to my class now

 

Saya senang bertemu dengan Anda juga

 

Dengarkan bel berbunyi

 

Saya minta maaf tapi saya harus pergi ke kelas saya sekarang

B

Wait a minute.

No hurry please

What is your phone number?

Tunggu sebentar.

Tolong, jangan terburu-buru

Berapa nomor telepon mu?

A

My phone number is 0812 274 7050

 

Are you free next Sunday ?

 

Nomor telepon saya adalah 0812 274 7050

 

Apakah Anda bebas Minggu depan?

B

Yes , I am free

Why ?

Ya saya bebas

Mengapa

A

Good.

Can you come to my birthday  party this evening ?

Baik.

Bisakah kamu datang ke pesta ulang tahunku malam ini?

B

Yes ,  I can

How old are you ?

Ya saya bisa

Berapa usia kamu ?

A

I will be 17 years old

Saya akan berusia 17 tahun

B

Great

Sweet seventeen

 

When were you born ?

Bagus

Tujuh belas tahun yang indah

 

Kapan kamu lahir ?

A

I was born on 15 June 2002

Saya lahir pada 15 Juni 2002

B

I hope we will meet again this evening

Saya harap kita akan bertemu lagi malam ini

A

I hope so

saya berharap begitu

B

By the way ,

 

What kind present do you want from me ?

Ngomong-ngomong,

 

Hadiah apa yang Anda inginkan dari saya?

A

No bother

 

Your coming will be a great present for me

 

 

And This is my card address.

Tidak usah repot - repot

 

Kedatangan Anda akan menjadi hadiah besar bagi saya

 

Dan ini alamat kartu saya.

B

Thank you

Terima kasih

A

You’re welcome

Sama-sama

B

Sorry , I have to go now .

See you

Maaf aku harus pergi sekarang .

Sampai jumpa

A

See you , Take care

Sampai jumpa, hati-hati

B

Good bye

Selamat tinggal

A

Good bye

Selamat tinggal

 

 

 

 

 

Part A

Greeting

Salam

 

 

Greeting ( Salam)

 

Responses ( Jawaban)

 

1

Good morning

Selamat pagi

--

06.00 a.m – 12.00 a.m

06.00 pagi - 12.00 siang

 

Good morning / Morning

Selamat pagi / pagi

2

Good afternoon

Selamat sore

--

12.00a.m – 06.00 p.m

12.00 siang - 06.00 sore

Good afternoon  / Afternoon

Selamat siang / sore

3

Good evening

Selamat malam

--

06.00 p.m – the time you go to bed

06.00 malam - waktu Anda pergi tidur

 

Good evening / Evening

Selamat sore / malam

4

Good night

Selamat malam

 

The time you go to bed

Waktu kamu tidur

 

Good night / Night

 

Selamat malam / malam

5

Good day

Selamat siang

 

Good day ( Di Australia)

Selamat siang (Di Australia)

 

6

How are you ?

Apa kabar ?

 

Fine

Baik

--

I’m fine

saya baik-baik saja

--

Great

Bagus

--

Not Bad

Tidak buruk

 

 

7

How do you do ?

Apa kabar ?

---

(Pertama kali bertemu)

 

--

 

 

How do you do ?

Apa kabar ?

 

 

8

How are you getting on today ?

Bagaimana kabarmu hari ini?

Very Well / I’am fine

Sangat Baik / Saya baik-baik saja

9

How is it going on ?                                      

Bagaimana kabarnya?

--

What’s up ?

Ada apa ?

--

How are things with you ?

Bagaimana hal dengan Anda ?

--

How is life been treating you ?

Bagaimana hidupmu memperlakukanmu?

 

I am alright

Saya baik-baik saja

--

Good

Baik

 

10

How is everything with you ?

Bagaimana kabarmu ?

I am fine , thanks

 

Aku baik terimakasih

11

How are you doing ?

Apa kabar ?

 

Not bad

Tidak buruk

 

12

How have you been ?

Bagaimana kabarmu?

I am very well

Saya sangat baik

13

Hi, guys

Hai kawan

 

--

How are you ?

Apa kabar ?

 

Hi,

Hai,

--

We are fine, Thanks

Kami baik-baik saja, terima kasih

--

How about you ?

Bagaimana dengan kamu ?

 

14

Nice too meet you

Senang bertemu denganmu

Nice too meet you

Senang bertemu denganmu

15

Good to meet you

Senang berjumpa denganmu

Good to meet you

Senang berjumpa denganmu

16

Hi

Hai

 

Hi

 

17

Hello  

Halo

 

Hello

18

How’s life ?

Bagaimana hidup ?      

Not bad /

Tidak buruk /

--

Great /

Bagus /

--

Never better

Tidak pernah lebih baik

 

19

How is everything going ?

Bagaimana semuanya?

Fine , thanks

 

Baik, terima kasih

20

How is everything ?

Bagaimana semuanya ?

 

Good

Baik

21

How are you doing ?

Apa kabar ?

--

How have you been keeping ?

Bagaimana Anda menjaga?

--

Is trust that everything is well  ?      

Adalah kepercayaan bahwa semuanya baik-baik saja ?

           

Not bad /

Tidak buruk /

--

Great /

Bagus /

--

Never better

Tidak pernah lebih baik

--

Pretty well

Cukup baik

22

Nice to meet you

Senang bertemu denganmu

Nice to meet you too

Senang bertemu dengan kamu juga

23

Glad to meet you                       

Senang bertemu denganmu

Glad to meet you too

Senang bertemu denganmu juga

24

Good to see you

Senang melihatmu

Good to see you too

Senang melihatmu juga

25

How come I never see you?

Kenapa aku tidak pernah melihatmu?

 

Fine

Baik

Not bad

Tidak buruk

 

26

It’s been such a long time.

Sudah lama sekali.

Long time no see.

Lama tidak bertemu.

 

Yes, Long time no see. 

Ya, Lama tidak bertemu.

--

How are you ?

Apa kabar ?

 

27

Where have you been hiding?

Di mana Anda bersembunyi?

 

Fine

Baik

 

28

It’s been ages since we last met.

Sudah lama sejak kita terakhir bertemu.

Yes

Iya

29

Pleased to meet you

Senang bertemu denganmu

Pleased to meet you too

Senang bertemu denganmu juga

30

How nice to meet you

Senang bertemu denganmu

 

 

Yes, it’s been so nice

Ya, sangat menyenangkan

 

 

 

 

Part B

 

 Parting /Leave Taking

Berpisah

 

Parting /Leave Taking

( Berpisah)

 

Responses

( Jawaban)

 

1

Goodbye !

Selamat tinggal !

 

Bye !

Sampai jumpa!

--

Take care . See you later

Hati hati . Sampai jumpa lagi

 

2

See you tomorrow  , guys

Sampai jumpa besok, teman-teman

See You

Sampai jumpa

--

Take care

Hati hati

 

3

See you around !

Sampai jumpa !

 

Yeah, See you !

Ya, sampai jumpa!

!

4

See you later

Sampai jumpa lagi

See you later

Sampai jumpa lagi

---

See you

Sampai jumpa

--

Take care !

Hati hati

 

5

Good Night

Selamat malam

--

Have a nice dream

Semoga mimpi indah

 

Good night

Selamat malam

--

Have a nice dream too

Semoga mimpi indah juga

 

6

See you soon

Sampai jumpa lagi

 

See you soon

Sampai jumpa lagi

 

7

See you tonight

sampai jumpa nanti malam

 

See you tonight

Sampai jumpa nanti malam

8

I have to rush. Bye

Saya harus buru-buru. Sampai jumpa

--

See you this afternoon

Sampai jumpa sore ini

 

See you later.

Take care

9

Take care youself

Jaga dirimu

 

Thank

Terima kasih

10

Sorry, I have to go now

Maaf aku harus pergi sekarang

 

Yes of Course, See you

Ya tentu saja, sampai jumpa

 

 

11

I’ll talk to you later

Saya akan berbicara denganmu nanti

 

Sure, See you later

Tentu, sampai jumpa

 

12

It’s been nice talking to you

Senang berbicara dengan Anda

 

So long

Sampai bertemu lagi

13

Goodbye

Selamat tinggal

Keep in touch

Tetap berhubungan

14

Good luck

Semoga berhasil

Thank you

Terima kasih

15

Bye

See you tomorrow

Sampai jumpa

Sampai jumpa besok

See you at school

Sampai jumpa di sekolah

 

16

Bye , Rudi

Get well soon

Sampai jumpa, Rudi

Semoga cepat sembuh

Bye, John

Wish me luck, OK

Sampai jumpa, John

Doakan aku, OK

17

Take care

Hati hati

You too

Kamu juga

18

I look forward to seeing you again soon, good bye

Saya berharap dapat melihat Anda lagi segera, selamat tinggal

Goodbye

Yes of course, it was nice to see you

Selamat tinggal

Ya tentu saja, senang melihatmu

19

Sorry, I’ve to go

Maaf saya harus pergi

 

I will be seeing you

Aku akan menemuimu

20

Well, talk to you later, then

Nah, berbicaralah denganmu nanti

 

Sure. See you later.

Tentu. Sampai jumpa lagi.

 

21

See you later

Good luck with your english english test

Sampai jumpa lagi

Selamat mencoba tes bahasa Inggris bahasa Inggris Anda

See you later

Sampai jumpa lagi

Thank

Terima kasih

 

22

Please, excuse me but I really have to be going

Tolong, permisi, tapi aku benar-benar harus pergi

 

See you soon

Sampai jumpa lagi

23

Sorry, I have to go now.

Maaf aku harus pergi sekarang.

.

 

Good luck

Semoga berhasil

--

See you next Sunday

Sampai jumpa minggu depan

 

24

 I’ll talk to you later.

Saya akan berbicara denganmu nanti.

 

Please keep in touch

Tolong tetap saling mengabari

 

25

It’s been nice talking to you

Senang berbicara dengan Anda

You too

Kamu juga

26

So, I’ll see you next week

Jadi, sampai jumpa minggu depan

 

Yes of course, it was nice to see you

Ya tentu saja, senang melihatmu

 

 

27

OK then…

Baiklah kalau begitu ...

--

I think I’d better be going now.

Saya pikir saya sebaiknya pergi sekarang.

 

Yes of course. See you.

Ya tentu saja. Sampai jumpa.

28

Well, it’s time for me to leave.

Nah, sudah waktunya bagi saya untuk pergi.

See you

Sampai jumpa

 

 

29

I think it’s already late at night.

Saya pikir ini sudah larut malam.

 

Good night, Dewi

Selamat malam, Dewi

 

30

I must be going home

Saya harus pulang

Take care

Hati hati

 

31

Goodbye and give me regard to Mr Joko

Selamat tinggal dan beri saya rasa hormat kepada Pak Joko

Certainly

Pasti

 

 

Contoh soal

Greeting and Parting/Leave taking

 

Iwan       : Hello, I’am Iwan.

                What ‘s your name ?

Didik      : My name is Irfan.

                How do you do ?

Iwan       : ...............................

  1.  a. I’m fine

 b. How do you do ?

         c. How are you ?

         d. I am very well

 

Linda     : Hi !

Ratna     : Hi !...............

Linda     : I’m very well

 

  1.  a.   How are you ?

 b.  What are you ?

         c.  How old are you

         d.  How do you do ?

    

Doni       : How are you today?

Ekky      : I’m fine thank you. And you?

Doni       : I’m fine too, thanks.

                Well, I have to go. See you tomorrow

Ekky      : ….

  1. a. Bye

b. Good night

        c. I have to go

        d. see you

 

Lina        : Hello, How are you ?

Reno      :...............

  1. a. Yes, I am

b. I am Reno

        c. I am fine , thank you

        d. I am six teen

 

Fanani   : I’m going to bed now.

                Good night, Dad

Mr. Eko                  : …, Sweet dreams

  1. a. Good morning

b. Good evening

        c. Good night

        d. Good bye

 

Rahayu : Hello . My name is Rahayu

Laksmi : ... I’m Laksmi

 

  1. a. Good afternoon

b. Thanks

        c. Hi

        d. I’m fine

 

Ema       : It’s nice to talk with you,

                but I have to leave now…

Dwi         : See you

 

  1. a. Nice to meet you

b. I’m fine

        c. Hi. How are you

        d. see you tomorrow

 

Doni       :  Hello, I’m Doni . What’s your name ?

Erik         : Hi My name’s Erik .This is my friend  Robert

Doni       : Nice to meet you both .Where are you from ?

Erik         : I’m from Canada

Robert    : And I’m from England

                   Are you Dutch ?

Doni       : No, I ‘m Belgium

                 By the way , how old are you ?

Doni       : I’m 14 years old

Erik         : I’m 13

Doni       : I’m 13, Too

 

  1. Who is Erik ’s frend ?

      a. I

      b. You

      c. Robert

      d. Doni

 

  1. Where is Doni from ?

      a. Belgium

      b. Holand

      c. England

      d. Canada

 

  1. From the text we know that ...

      a. Doni is 14 years old

      b. Robert is from Holland

      c. Robert is Doni’s friend

      d. Erik is from England

 

 

Alamat kami :

 

Gadjah Mada English School ( GMES)

 

Jl. Kadipaten Kulon No. 27 B, Kraton , Yogyakarta

 

Phone/WA :  0812 274 7050

 

Website : gmesenglish.blogspot.com

 

Bantuan Transportasi :

 

Google Map : tulis “gmes english”

Gojek           : tulis “ gmes english”

Grab             : tulis “gmes english”

 

 

---- 

 

Belajar  Bahasa Inggris bisa juga dengan jarak jauh /on line / internet menggunakan aplikasi “ ZOOM MEETING”

 

 

 

" A Man Without Ambition is Like A Bird Without Wings , Manusia tanpa cita cita bagaikan seekor burung tanpa sayap" 

Test Tag break
Postingan terkait, Klik dibawah ini :
Les Inggris SMP Jogja
Les Inggris SMA,SBMPTN dan STAN di Jogja
Les TOEFL Jogja
Hitung Nilai TOEFL
Adjective , Kata sifat
Adverb , Kata Keterangan
Conjunction , Kata Hubung
Pronouns , Kata Ganti
Preposition , Kata Depan
Regular Verb, Kata Kerja Teratur
Irregular Verb, Kata Kerja Tidak Teratur
Question Words , Kata Tanya
Adverb of Frequency , Keterangan Keseringan
Klik , Peta Google Map ke GMES English Jogja
Klik , Google Translate

5 komentar:

  1. Setelah membaca materi ini bila Anda berkenan berikan komentar yang membangun demi perbaikan isi materi ini dimasa yang akan datang.


    Thanks

    BalasHapus
  2. i need more boulets sir! thanks for the protein sir!

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus