Minggu, 19 Agustus 2018

Expressing Intention , Asking Plan , State The Purpose Or Intention To Do Something , Menyatakan Tujuan Atau Niat Melakukan Sesuatu Dalam Bahasa Inggris , State the purpose to do something

 

 

Expressing Intention

Mengekspresikan Niat

-------------------------------

Asking Plan

Menanyakan Rencana

--------------------------------------

State the purpose to do something

Menyatakan tujuan untuk melakukan sesuatu

----------------------------------------------

State the intention to do something

Nyatakan niat untuk melakukan sesuatu

 

 

 

An intention (niat) adalah ide yang di rencanakan(plan /intent) untuk laksanakan.

 

Sebuah rencana adalah tindakan untuk melakukan sesuatu yang dipertimbangkan  dan dipikirkan sebelumnya.

 

Jika kita ingin melakukan sesuatu, itu berarti kita punya tujuan ( aim), rencana (plan), niat (intention) atau alasan(reason)

 

===================

NB :

  1. so that ...

sehingga ...

  1. in order that ...

sehingga...

  1. In order to ...

agar supaya ...

  1. to ...

untuk...

  1. will not ... = Won’t ...

 tidak akan ...

 

 

Doni : Good morning , Bela . How are are ?

           Selamat pagi, Bella. Apa kabar

Bela : Good morning Doni , I am fine , Thank

           Selamat pagi Doni, saya baik-baik saja, Terima

Doni : We will have a holiday next week.

           Kami akan libur minggu depan.

           What will you do ?

          Apa yang akan kamu lakukan ?

Bela  : I will attend a cooking course

           Saya akan menghadiri kursus memasak

Doni :That is a good activity

           Itu adalah aktivitas yang bagus

           By the way ,

           Ngomong-ngomong,

           What are you going to do after school ?

           Apa yang akan kamu lakukan setelah sekolah?

Bela : I am going to eat oranges .

           Saya akan makan jeruk.

Doni : Why do you plan  to eat  oranges ?

            Mengapa Anda berencana makan jeruk?

Bela  : I plan to eat enough oranges 

            Saya berencana untuk makan jeruk yang

            so that I will  be healthy .

            cukup agar saya sehat

           By the way, What is your favorite food ?

           Ngomong-ngomong, apa makanan favoritmu?

Doni : Well,  I usually eat mix vegetable

             Nah, biasanya saya makan sayur campur

            in order to to have strong  body

            untuk memiliki tubuh yang kuat

Bela  : Good, By the way .

            Baik, Ngomong-ngomong.

            What is your favourite sport ?

            Apa olahraga favorit Anda ?

Doni : My favourite sport is Swimming.

            Olahraga favorit saya adalah Renang.

            I always swim to stay in shape

            Saya selalu berenang untuk tetap bugar

Bela : Remember ,

           Ingat,

          You must  eat breakfast before swimming.

          Anda harus makan sarapan sebelum berenang.

Doni : Thank , I always have my breakfast to have

            Terima kasih, saya selalu sarapan

            energy to  do my activities during the day

            energi untuk melakukan aktivitas saya di

            siang hari

Bela : You are welcome. Sorry must go home .

             Sama sama. Maaf harus pulang.

Doni : OK , Be careful !

            OK, Hati-hati!

 

 

Part A

Asking Intention

 

 

Asking Intention

Meminta Niat

---

Asking Plan

Menanyakan Rencana

 

Response

Tanggapan

-----

Answer                         

Menjawab

 

1

Tomorrow is holiday.

Besok adalah hari libur.

What is your plan ?

Apa rencanamu ?

 

I plan to visit borobudur temple

Saya berencana mengunjungi candi borobudur

2

If you have a lot of money

Jika Anda punya banyak uang

What are you going to do?

Apa yang akan kamu lakukan?

 

 

I am going to spend my money to travel around Bali

 

3

What are you going to do if you get a lot of money ?

Apa yang akan kamu lakukan jika mendapatkan banyak uang?

I hope to have a new  car next year

Saya berharap bisa punya mobil baru tahun depan

 

4

What are you going to do to improve english skill ?

I’m going to take an english course at the end of the year to fulfill my language course

 

5

What are you going to do to celebrate your birthday party ?

Apa yang akan kamulakukan untuk merayakan pesta ulang tahun Anda?

I am going to invite all my friends

Saya akan mengundang semua teman saya

6

If you meet your grandfather in the village

Jika Anda bertemu kakek Anda di desa

What will you do ?

Apa yang akan kamu lakukan ?

 

I will tell him anything he wanted to know about my activities

Saya akan memberi tahu dia apa pun yang dia ingin tahu tentang aktivitas saya

7

Your ambition is to become a businessman.

Ambisi Anda adalah menjadi seorang pengusaha.

 

You need some preparation

Anda perlu persiapan

 

What are you planning to do ?

Apa yang kamu rencanakan ?

 

Well, I’m going to attend a computer course and to learn how to surf the internet and to send emails

Baiklah, Saya akan menghadiri kursus komputer dan belajar cara menjelajahi internet dan mengirim email

8

Your bicycle is very dirty

Sepeda Anda sangat kotor

 

What do you want to do ?

Apa yang ingin kamu lakukan ?

 

I want to wash it  so my bicycle will look brighter

Saya ingin mencucinya agar sepeda saya terlihat lebih cerah

 

9

What would you rather do at the library ?

Apa yang lebih Anda sukai di perpustakaan?

 

 

Read a book or use the internet ?

Membaca buku atau menggunakan internet?

 

I would use the internet than read a book

Saya akan menggunakan internet daripada membaca buku

10

What time are you going to call John tomorrow ?

Jam berapa kamu akan menelepon John besok?

I’m going to call him at 6 a.m

Saya akan meneleponnya jam 6 pagi

11

What are you going to do after school ?

Apa yang akan kamu lakukan setelah sekolah?

I am going to play tennis

Saya akan bermain tenis

12

What are you doing tonight ?

Apa yang kamu lakukan malam ini ?

 

I am planning on visiting my uncle in the village

Saya berencana mengunjungi paman saya di desa

 

13

What would you like to do on the long holiday?

Apa yang ingin kamu lakukan pada hari libur panjang?

 

I would like to inform you further details about the picnic program

Saya ingin memberi tahu Anda detail lebih lanjut tentang program piknik

 

14

What would you like to do after finishing your study  ?

Apa yang ingin Anda lakukan setelah menyelesaikan studi Anda?

I ‘m going to be a professional lawyer when I grow up

Saya akan menjadi pengacara profesional saat besar nanti

15

What would you like to do next Sunday ?

Apa yang ingin kamu lakukan minggu depan?

I would like to have a conversation with tourists at Prambanan Temple

Saya ingin berbincang dengan wisatawan di Candi Prambanan

 

16

What will you be doing tomorrow ?

Apa yang akan kamu lakukan besok?

I will celebrate my graduation with my parents by flying to Jakarta next month

Saya akan merayakan kelulusan saya bersama orang tua dengan terbang ke Jakarta bulan depan

 

17

Where  are you going to go next Sunday ?

Ke mana kamu akan pergi minggu depan?

 

I’m going to visit my grandmother in the village

Saya akan mengunjungi nenek saya di desa

18

What are you going to do at home on Sunday ?

Apa yang akan kamu lakukan di rumah pada hari Minggu?

I have the intention to finish all my homework on time

Saya memiliki niat untuk menyelesaikan semua pekerjaan rumah saya tepat waktu

 

19

What would you like to do after graduating from senior high school?

Apa yang ingin kamu lakukan setelah lulus SMA?

 

I might go to the university and study  biology

Saya mungkin pergi ke universitas dan belajar biologi

 

20

What would you like to do if you can speak english fluently ?

Apa yang ingin Anda lakukan jika Anda dapat berbicara bahasa Inggris dengan lancar?

I would like to visit many places in the world

Saya ingin mengunjungi banyak tempat di dunia

21

What is your plan for holiday

?

Apa rencanamu untuk liburan?

 

I plan to have  a  beautiful vacation in Australia

Saya berencana untuk memiliki liburan yang indah di Australia

 

22

What do you intend to do after sending an application letter ?

Apa yang ingin kamu lakukan setelah mengirimkan surat lamaran?

 

I intend to have an interview with the manager

Saya berniat untuk wawancara dengan manajer

 

23

Where would you like to go for a vacation ?

Ke mana kamu ingin pergi berlibur?

 

I’d love to travel to Jakarta

Saya ingin sekali bepergian ke Jakarta

24

How is  Ratna going to send the invitations ?

Bagaimana Ratna akan mengirimkan undangannya?

She is going to send them by air mail

Dia akan mengirim mereka melalui pos udara

25

Where are you going to save your money ?

Di mana kamu akan menyimpan uang Anda?

 

I’m going to save the money in the local bank

Saya akan menyimpan uang di bank lokal

 

26

You want to buy a new dictionary.

Anda ingin membeli kamus baru.

 

 

How are you going to pay for it ?

Bagaimana kamu akan membayarnya?

 

I hope to borrow some money from my aunt

Saya berharap dapat meminjam uang dari bibi saya

27

What is your future plan ?

Apa rencana masa depan mu?

 

I have the intention to buy my brother  a new  toy car

Aku berniat membelikan adikku mobil mainan baru

 

28

What are you doing to do with your teacher?

Apa yang kamu lakukan dengan guru mu?

I'm planning to submit my homework.

Saya berencana untuk menyerahkan pekerjaan rumah saya.

29

What will you do after finishing your  job ?

Apa yang akan kamu lakukan setelah menyelesaikan pekerjaan Anda?

 

I will  take a rest for two days

Saya akan istirahat selama dua hari

 

 

30

Do you already have any plan for this long weekend?

Apa kamu sudah punya rencana untuk akhir pekan yang panjang ini?

I am planning to spend my weekend at my hometown.

Saya berencana untuk menghabiskan akhir pekan saya di kampung halaman saya.

31

What are you going to do at the village of your grandparents ?

Apa yang akan kamu lakukan di desa kakek-nenek Anda?

 I’m going to go fishing.

Saya akan pergi memancing.

Kami akan menyanyikan sebuah lagu

32

What will you do  at the next farewell party?

Apa yang akan kamu lakukan di pesta perpisahan berikutnya?

 

I will sing a song

Saya akan menyanyikan sebuah lagu

 

 

What are you going to do in the summer ?

Apa yang akan kamu lakukan di musim panas?

I am going to practice swimming at the beach.

Saya akan berlatih berenang di pantai.

 

 

Part B

More Expression about Intention

Lebih Banyak Ekspresi tentang Niat

 

1

I’m going to finish my math classes in two semesters

Saya akan menyelesaikan kelas matematika saya dalam dua semester

2

I will also need to take one more cooking class

Saya juga perlu mengambil satu kelas memasak lagi

 

3

I think I plan to sleep after I meet my old friends

Saya pikir saya berencana untuk tidur setelah saya bertemu teman-teman lama saya

4

We plan to go fishing in a river  near my grandfather's village

Kami berencana pergi memancing di sungai dekat desa kakek saya

5

I’m going to take reading and writing classes

Saya akan mengambil kelas membaca dan menulis

 

6

I am thinking of buying my brother  a new hat

 

Saya berpikir untuk membelikan saudara saya topi baru

7

I want to tell you an old story of mine

 

Saya ingin menceritakan kisah lama saya

 

 

8

Lina is going to go to his aunt’s house

Lina akan pergi ke rumah bibinya

9

I want to go to the library to find some novels to read

 

Saya ingin pergi ke perpustakaan untuk mencari beberapa novel untuk dibaca

 

 

10

My father wants to to accompany my sister to attend a singing competition

Ayah saya ingin menemani adik saya mengikuti lomba menyanyi

11

I’m going to get something from my bag

Saya akan mengambil sesuatu dari tas saya

 

12

She is  planning to have another rabbit as a pet

 

Dia berencana memiliki kelinci lain sebagai hewan peliharaan

13

I’m going to call you again after lunch

Saya akan menelepon mu lagi setelah makan siang

14

Father will be here on Saturday night

Ayah akan berada di sini pada Sabtu malam

15

I will  practice playing a guitar

Saya akan berlatih bermain gitar

 

16

I am going to watch movie

Saya akan menonton film

17

She is going to have an english quiz tomorrow morning

Dia akan mengikuti kuis bahasa Inggris besok pagi

18

I hope to see my old friends when I go to my hometown

 

Saya berharap untuk melihat teman-teman lama saya ketika saya pergi ke kampung halaman saya

 

 

19

We’re going to try the new menu in the nearest restaurant

Kami akan mencoba menu baru di restoran terdekat

20

I ‘m going to drive to my campus for  30 minutes

Saya akan berkendara ke kampus saya selama 30 menit

21

My intention is to help my mother in the kitchen the best I can

 

Niat saya adalah membantu ibu saya di dapur sebaik mungkin

22

I want  to have dinner at a restaurant

Saya ingin makan malam di restoran

 

23

He is going to accompany my sister to the hospital

Dia akan menemani adikku ke rumah sakit

24

I am here to tell some important informations you need to know

 

Saya di sini untuk menyampaikan beberapa informasi penting yang perlu Anda ketahui

25

I hope to take the class of conversation next month

Saya berharap dapat mengikuti kelas percakapan bulan depan

 

26

I will  try to make fried rice in the kitchen

Saya akan mencoba membuat nasi goreng di dapur

27

She is determined to lose more weight by going on a diet and sport

 

Dia bertekad untuk menurunkan lebih banyak berat badan dengan melakukan diet dan olahraga

28

I think I would like to study biology  with Adam

Saya rasa saya ingin belajar biologi dengan Adam

29

John will play soccer with his brothers

John akan bermain sepak bola dengan saudara laki-lakinya

 

30

I would like to talk about the reunion with you

Saya ingin berbicara tentang reuni dengan Anda

 

31

I will go to the public library  at 4 P.M tomorrow

Saya akan pergi ke perpustakaan umum pada jam 4 sore besok

32

They’re going to study for chapter 2  tonight

Mereka akan belajar untuk bab 2 malam ini

33

I am thinking of cooking some chinese  food

 

Saya sedang berpikir untuk memasak makanan Cina

34

She is going to cook fried rice

Dia akan memasak nasi goreng

35

I’m determined to lose more weight by going on a wheat-free diet

 

Saya bertekad untuk menurunkan lebih banyak berat badan dengan menjalani diet bebas gandum

 

36

Doni would like  to buy a present for his brother

Doni ingin membelikan hadiah untuk kakaknya

37

We’are going to go shopping in traditional market

Kami akan berbelanja di pasar tradisional

38

I would rather stay at home than go swimming

Saya lebih suka tinggal di rumah dari pada pergi berenang

39

I intend to visit my grandparents in Surabaya

 

Saya berniat mengunjungi kakek-nenek saya di Surabaya

 

40

The Circus is going to be performed in the city mall next month

 

Sirkus akan dilakukan di mal kota bulan depan

41

We’re thinking that we’re gonna hold a big party in our house tomorrow

Kami berpikir bahwa kami akan mengadakan pesta besar di rumah kami besok

42

My family would like to have a new bigger house in this city

Keluarga saya ingin memiliki rumah baru yang lebih besar di kota ini

 

43

I am here to help you with your  homework

Saya di sini untuk membantu Anda dengan pekerjaan rumah Anda

44

She will join study club soon

Dia akan segera bergabung dengan klub belajar

45

I am planning to spend my pocket money in the traditional market.

Saya berencana  untuk menghabiskan uang saku saya di pasar tradisional.

 

46

I’m also going to take another dance class

Saya juga akan mengambil kelas dansa lagi

47

I’m also going to save all my money  in the bank

Saya juga akan menyimpan semua uang saya di bank

 

48

I’m going to take my brothers a soccer game at 16.00

Saya akan mengajak saudara-saudara saya bermain sepak bola pada pukul 16.00

49

My intention is to be a smart student so I won’t disappoint my father

 

NB:

Will not = Won’t

Tidak a kan

 

Niatku adalah menjadi murid yang pintar jadi aku tidak akan mengecewakan ayahku

 

 

 

 

 

 

Part C

 

So that ( sehingga )

S +V...so that + S + V

 

Awas bandingkan :

Shinta  so beautiful that Rama  loves her
Shita begitu cantik sehingga Rama menyintainya

 

1

I put the fruit in the refrigerator so that it will fresh all the time.

 

Saya memasukkan buah kedalam kulkas sehingga buah itu segar sepanjang waktu

2

I need to drink a lot of fresh water so that I will not get dehydrated

Saya perlu banyak air segar sehingga saya tidak akan mendapat kekurangan cairan

3

He studied english hard so that he could pass the test easilly

Dia belajar bahasa inggris dengan keras sehingga dia bisa lulus ujian dengan mudah

4

I should eat enough fruit and vegetable so that I will be healthy

Saya seyogyanya makan cukup buah dan sayur sehingga saya akan sehat

5

I’ll take my raincoat so that I don’t get wet

Saya akan mengambil jas hujan saya sehingga saya tidak basah

6

I’ll go by jet plane so that I can come on time in the seminar.

Saya akan pergi dengan pesawat jet sehingga saya bisa datang tepat waktu di seminar

7

I planned to go early so that I can see sunrise in bromo mountain in the morning.

Saya berencana pergi lebih awal sehingga saya dapat melihat matahari terbit di gunung bromo di pagi hari

8

I should not eat too much instant food so that I will not get serious diseases

Saya  seyogyanya tidak makan terlalu banyak makanan cepat saji sehinga saya tidak akan mendapat sakit yang serius

9

I learn english at school so that I can speak english well with the tourists

Saya belajar bahasa inggris di sekolah sehingga saya dapat berbicara bahasa inggris dengan baik dengan turist

10

 You have to come the party so that you can meet him.

Anda harus datang ke pesta sehingga anda bisa bertemu dengannya

11

I can explain you the best route in the Google Map so that you arrive on time in this city

Saya dapat menjelaskan rute terbaik di Google Map sehingga anda tiba tepat waktu  di kota ini

12

I have to  clean our bath room  regularly so that mosquitos don’t lay their eggs there

Saya harus membersihkan kamar mandi secara teratur sehingga nyamuk tidak bertelur disana

13

I will cook fried rice so that I can eat right away for lunch in the office

Saya akan masak nasi goreng sehingga saya bisa langsung makan siang dikantor

14

I will leave the school  early so that I get a good seat in the bus tomorrow.

Saya akan meninggalkan sekolah lebih awal sehingga saya mendapatkan tempat duduk yang bagus di bis besok

15

She came to the hospital  yesterday so that she could meet the doctor to get a medicine.

Dia datang ke rumah sakit kemarin sehingga dia dapat bertemu dokter untuk mendapat obat

16

I will go by train so that I can take more bags

 

Saya akan pergi dengan kereta api sehingga saya dapat membawa lebih banyak tas

17

I buy you a new laptop  so that I can search many information in the internet.

Saya membeli laptop baru sehingga saya dapat mencari banyak informasi di internet

18

Please turn down the TV so (that) I can get to sleep.

Mohon kecilkan TV nya sihingga aku bisa tidur

19

I will finish the home work tomorrow so that I will have more spare time to play a guitar.

Saya akan menyelesaikan PR besok sehingga saya akan memiliki banyak waktu luang untuk bermain gitar

20

I should have breakfast so that I have energy to do my activities during the day

Saya seyogyanya  sarapan sehingga  saya memiliki energi untuk melakukan aktivitas saya di siang hari

21

I will take money at the ATM tomorrow  so that I have enough money to buy something in the shop.

Saya akan mengambil uang di ATM besok  sehingga saya mempunyai cukup uang untuk membeli sesuatu di toko

22

I take some cookies so (that) I have snack to watch the film in Ambarukmo Plaza.

Saya membawa beberapa kue sehingga saya memiliki makanan ringan untuk menonton film di Ambarukma  Plaza

 

Part D

In Order To  ( Agar)

S + V......in order to + V1

1

I look pale . I need to see the doctor soon in order to get help

Saya kelihatan pucat . Saya perlu bertemu dokter segera agar supaya mendapat bantuan

2

We must study hard in order to pass the english exam.

Kita harus belajar keras agar lulus ujian bahasa inggris

3

I should eat well in order not to get sick easily

Saya seyogyanya makan dengan baik agar  tidak mendapat sakit dengan mudah

4

I walked slowly into the room in order not to wake up her baby,

 

Saya berjalan pelan masuk ruang agar  tidak membangunkan bayinya

5

I  can also swim in order to have strong muscles

Sya juga dapat berenang agar  mempunyai otot yang kuat

6

I turned off the radio in order to enable my sister to study diligently

Saya mematikan radio agar membuat saudara perempuanku belajar dengan rajin

7

I should eat a lot more healty home-made food in order to stay healty

Saya seyogyanya makan lebih banyak makanan buatan rumah yang sehat agar tetap sehat

8

She go home from the office early in order to be at home with her family

 

Dia pulang dari kantor kerja lebih awal agar  di rumah bersama keluarganya

9

I will call you in order that you arrive on time for the appointment.

Saya akan menghubungi anda agar anda tiba tepat waktu untuk janji temu

10

He works very hard everyday in order to be able to support his family  need

 

Dia bekerja sangatkeras setiap hari agar dapat mendukung kebutuhan keluarganya

 

11

I should keep our home and school clean in order to be healty

Saya seyogyanya menjaga kebersihan rumah dan sekolah agar  sehat

12

I'm going to Bandung in order to visit my  uncle.

Saya akan pergi ke Bandung agar mengunjungi pamanku

13

I have to wait for  ten minutes on the ticket box in order to get a good seat in the cinema

Saya harus menunggu 10 menit di kounter tiket agar  mendapat tempat duduk bagus di gedung bioskop

14

I should eat enough in order to be healthy

Saya harus makan cukup agar sehat

15

I have to stir the sugar well in order to make sweet ice tea.

 

Saya harus mengaduk gula dengan baik agar membuat es teh manis

16

I neeed to eat various kinds of healthy food in order to stay health

Saya perlu makan beraneka jenis makanan sehat agar tetap sehat

17

Some bus passanger   choose to go to their office early in the morning in order to avoid long traffic jam

Bebera penumpang us memilih pergi ke kantornya lebih awal di pagi hari agar menghindari kemacetan yang panjang

18

I should wash the dishes right away after meals  in order not to get harmful bacteria

Saya seyogyanya mencuci piring langsung setelah makan agar  tidak mendapat bakteria

18

I went to his house in order to meet him personaly.

Saya pergi kerumahnya agar bertemu dengannya secara pribadi

19

Some people in a big city consider to leave their place of work late in the evening in order to avoid traffic jam on the road

 

Beberapa orang di kota besar mempertibangkan untuk pulang dari tempat kerjanya agak malam agar  menghindari kemacetan lalu lintas di jalan

20

I have to run every morning  in order to be healthy.

Saya harus berlari setiap pagi agar sehat

21

I have to take some rest in the hospital in order to get well soon

Saya harus beristirahat  di rumah sakit agar segera sembuh

22

She practices badminton diligently  in order to win the competition.

Dia berlatih badminton dengan rajin agar memenangkan pertandingan

23

He works very hard everyday in order to be able to get a lot of money

Dia bekerja sangat keras setiap hari agar  bisa mendapatkan banyak uang

24

She came here in order to study english well.

Dia datang kesini agar belajar bahasa inggris dengan baik

25

I  plan to move house in order to be closer to my place of work.

 

Saya berencana pindah rumah agar lebih dekat dengan tempat kerja ku

26

I will study hard in order to pass the english exam tomorrow.

 

saya akan belajar keras agar lulus ujian bahasa inggris besok.

 

 

Part E

To ( untuk...)

S+ V...to +V1

 

1

I should eat vegetable and fruit to be healty

Saya seyogyanya makan sayuran dan buah untuk menjadi sehat

2

I went to the post office to buy some stamps yesterday

Saya pergi ke kantor pos untuk membeli beberapa pragko kemarin

3

I must jog to have stronger lung

Saya harus jalan santai untuk mendapat paru paru yang lebih kuat

4

 I have to wait for ten minutes in the ticket box to get a good seat at the cinema

Saya harus menuggu sepuluh menit di tempat tiket untuk mendapat tempat duduk bagus di gedung bioskop

5

A knife is used to cut vegetable

Pisau digunakan untuk memotong sayuran

6

I phoned John to invite him to dinner yesterday.

Saya menelepon John untuk mengundangnya makan malam kemarin

7

Swimming is also good to stay in shape

Berenang juga bagus untuk menjaga bentuk badan

8

My father  works very hard to be able to pay everything in my house .

Ayah saya bekerja sangat keras untuk dapat membayar semuanya di rumah saya

9

I go to school to meet the head master

 

Saya pergi ke sekolah untuk menemui kepala sekolah

10

I should sweep and mop the floors to get rid of dirt

Saya seyogyanya menyapu dan mengepel lantai untuk menghilangkan kotoran

11

I worked diligently to reach the company goal

Saya bekerja dengan giat untuk menjangkau tujuan perusahaan

12

You should study hard at school to pass the english exam.

Kita harus belajar keras  di sekolah untuk lulus ujian bahasa inggris

13

·I went to  the store to buy some bread.

Saya pergi ke toko untuk membeli roti

14

I must wash my fruits before I eat them so I will not take any germs into my tummy

Saya harus mencuci buah sebelum  saya memakannya sehingga saya tidak memasukanbibit penyakit ke perutku

 

Alamat kami :

 

Gadjah Mada English School ( GMES)

 

Jl. Kadipaten Kulon No. 27 B , Kraton

Yogyakarta

 

Phone / HP/ WA : 0812 274 7050

 

Website : gmesenglish.blogspot.com

 

Bantuan Transportasi :

 

Google Map     : tulis “ gmes english “

Gojek               : tulis “ gmes english ”

Grab                : tulis ” gmes english ”

 

----------

Belajar Bahasa Inggris bisa dengan cara jarak jauh / online/internet dengan Aplikasi “ Zoom Meeting”

 

 

 

 

 

 

" A Man Without Ambition is Like A Bird Without Wings , Manusia tanpa cita cita bagaikan seekor burung tanpa sayap" 

Test Tag break
Postingan terkait, Klik dibawah ini :
Les Inggris SMP Jogja
Les Inggris SMA,SBMPTN dan STAN di Jogja
Les TOEFL Jogja
Hitung Nilai TOEFL
Adjective , Kata sifat
Adverb , Kata Keterangan
Conjunction , Kata Hubung
Pronouns , Kata Ganti
Preposition , Kata Depan
Regular Verb, Kata Kerja Teratur
Irregular Verb, Kata Kerja Tidak Teratur
Question Words , Kata Tanya
Adverb of Frequency , Keterangan Keseringan
Klik , Peta Google Map ke GMES English Jogja
Klik , Google Translate

70 komentar:

  1. Uweee materi nya sangat lengkap dan sangat membantu , memang gmes english TERBAIKKKKKKKK:)

    BalasHapus
  2. Dulu saya tidak bisa bahasa inggris tapi setelah membaca gmes inggris langsung bisa berbahasa inggris 👌👌👌👌👌👌👌👌

    BalasHapus
  3. Yah..materi yang sangat membantu untuk belajar dan mengahafal

    BalasHapus
  4. Materinya sangat membantu dan mudah dipahami

    BalasHapus
  5. thank you for the vocabulary is very helpful, I am easy to memorize English, keep the spirit of English gmes

    BalasHapus
  6. This material is very helpful and easy to understand, thanks to this website, I can learn English

    BalasHapus
  7. Its very important to know, so that we can use the right expression.
    Thankyou miss.

    Aditya Syaefuloh
    9G

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah thanks KK ..sngkt membantu bngt;) mudah dimengerti jg... Dn bhsnya pn tdk rumit..skli lgi thanks kk..

      Hapus
  8. Sangat membantu ,trimakasih kak

    BalasHapus
  9. thank you sir the material is very helpful👍🏻

    BalasHapus
  10. Thank you sir for this material

    BalasHapus
  11. Thank you mr joko this material is helpfull

    BalasHapus
  12. Thank you for the material, sir

    BalasHapus
  13. This material is very helpful and easy to understand, Thank you sir

    BalasHapus
  14. The material id very easy and helpful Thank you sir

    BalasHapus
  15. thanks you sir the material very helpful ☺️

    BalasHapus
  16. The explanation really helped me sir, thank you🙏

    BalasHapus
  17. Thank you for the material provided🙏

    BalasHapus
  18. Thank you sir, the material is easy to understand

    BalasHapus
  19. thank you sir, clear material

    BalasHapus
  20. the material is very helpful thank you

    BalasHapus
  21. Thank you pak,materi nya jelas,dan mudah dipahami <3

    BalasHapus
  22. Makasih pak, mudah dipahami dan jelas

    BalasHapus
  23. Terimakasih pak materi nya jelas dan mudah dipahami

    BalasHapus
  24. Good material sir and easy to learn

    BalasHapus
  25. thank you sir this material is very easy to understand

    BalasHapus