Minggu, 04 Mei 2025

My School , Sekolahku, The features and facilities of the classroom, The rooms in the school and their purposes

< Gadjah Mada English School (GMES) Yogyakarta marquee> Gadjah Mada English School (GMES) Yogyakarta

 

 

My School

Sekolahku

 

 

 

Part A

 

The features and facilities of the classroom.

Fitur dan fasilitas ruang kelas

 

Mr. Rudi

Goodmorning, class! 

Selamat pagi, kelas!

 

-

Welcome to your new classroom. 

Selamat datang di kelas baru kalian.

-

Let me show you around.

Izinkan saya mengajak/ menujukan  kalian berkeliling.

 

Arya

I like the big windows!

Saya suka jendela besarnya!

 

Mr. Rudi

They let in plenty of natural light to make the room bright and cheer

Jendela itu membiarkan banyak cahaya alami masuk membuat ruangan menjadi terang dan ceria

 

Donita

Is that a smartboard?

Apakah itu papan tulis pintar?

 

Mr. Rudi

Yes, it's both a whiteboard and a smartboard. 

Ya, itu papan tulis dan papan tulis pintar.

-

We'll use it for lessons and activities

Kita akan menggunakannya untuk pelajaran dan kegiatan

-

We will = We’ll

 

Arka

What is  in the corner with the books?

Apa yang ada di pojok buku?

 

 

Mr. Rudi

That is our classroom library. 

Itu perpustakaan kelas kita.

-

You can borrow books for reading time.

Kalian dapat meminjam buku untuk waktu membaca.

 

Cintia

And the computers.

Dan komputer.

 

Mr. Rudi

Those are part of our tech station.

Itu adalah bagian dari stasiun teknologi kita.

-

We'll use them for research and projects.

Kita akan menggunakannya untuk penelitian dan proyek.

 

Rafa

I like the posters and the rug.

Saya suka poster dan permadani.

 

Mr. Rudi

The posters are for inspiration, and the rug is our meeting spot for discussions and group work.

Poster  adalah itu untuk inspirasi, dan permadani adalah tempat pertemuan kita untuk diskusi dan kerja kelompok.

 

 

Arya

This classroom has everything we need.

Kelas ini memiliki semua yang kita butuhkan.

 

Mr. Rudi

Exactly! 

Tepat sekali!

-

Let's make it a great space to learn and grow.

Mari kita membuat tempat yang bagus untuk belajar dan berkembang.

 

 

Taken from : 

  1. Buku Pendamping Bahasa Inggris, P43, C7
  2. pplx.ai/share

 

 

 

 

  1. Who is showing the students around the classroom?
     
    Siapa yang menunjukan siswa berkeliling kelas?

Mr. Rudi is showing the students around the classroom.

Pak Rudi meunjukkan siswa berkeliling kelas.

-

  1. Who mentioned liking the big windows?
     
    Siapa yang bilang suka jendela besar?

Arya mentioned liking the big windows.

Arya bilang suka jendela besar.

-

  1. What feature of the classroom lets in natural light?
     
    Fitur kelas apa yang memungkinkan masuknya cahaya alami?

The big windows let in plenty of natural light.

Jendela besar memungkinkan masuknya banyak cahaya alami.

-

  1. What is the smartboard used for?
     
    Untuk apa papan pintar itu digunakan?

The smartboard is used for lessons and activities.

Papan pintar itu digunakan untuk pelajaran dan kegiatan.

-

  1. What is in the corner with books?
     
    Apa yang ada di pojok dengan buku-buku?

The classroom library is in the corner with books.

Perpustakaan kelas ada di pojok dengan buku-buku.

-

  1. When did Mr. Rudi welcome the class to their new classroom?

Kapan Pak Rudi menyambut kelas di kelas baru mereka?

Mr. Rudi welcomed the class in the morning.

Pak Rudi menyambut kelas di pagi hari.

-

  1. When can students use the classroom library?
     
    Kapan siswa dapat menggunakan perpustakaan kelas?

Students can use the library during reading time.

Siswa dapat menggunakan perpustakaan selama waktu membaca.

-

  1. Where are the computers located?
     
    Di mana komputer-komputer itu terletak?

The computers are part of the tech station.

Komputer-komputer itu adalah bagian dari stasiun teknologi.

 

  1. Where will discussions and group work take place?

Di mana diskusi dan kerja kelompok akan berlangsung?

Discussions and group work will take place on the rug.

Diskusi dan kerja kelompok akan berlangsung di atas karpet.

  1. Whom can students ask to borrow books from the library?
     
    Siapa yang dapat diminta siswa untuk meminjam buku dari perpustakaan?

Students can ask Mr. Rudi to borrow books from the library.

Siswa dapat meminta Pak Rudi untuk meminjam buku dari perpustakaan.

  1. Whom does Mr. Rudi address while explaining features of the classroom?
     
    Siapa yang disapa Pak Rudi saat menjelaskan fitur-fitur kelas?

Mr. Rudi addresses all the students while explaining features of the classroom.

Pak Rudi menyapa semua siswa saat menjelaskan fitur-fitur kelas.

 

  1. Why do the big windows make a difference in the classroom?
     
    Mengapa jendela besar membuat perbedaan di kelas?

The big windows make a difference by letting in natural light, making the room bright and cheerful.

Jendela besar membuat perbedaan dengan membiarkan cahaya alami masuk, membuat ruangan cerah dan ceria.

-

 

  1. Why is there a rug in the classroom? 

Mengapa ada karpet di kelas?

The rug is there to serve as a meeting spot for discussions and group work.

Karpet ada di sana untuk berfungsi sebagai tempat pertemuan untuk diskusi dan kerja kelompok.

-

  1. Which feature combines a whiteboard and technology for lessons?
     
    Fitur apa yang menggabungkan papan tulis dan teknologi untuk pelajaran?

The smartboard combines a whiteboard and technology for lessons.

Papan pintar menggabungkan papan tulis dan teknologi untuk pelajaran.

-

  1. Which items in the classroom inspire creativity according to Rafa?
     
    Barang apa di kelas yang menginspirasi kreativitas menurut Rafa?

The posters inspire creativity according to Rafa.

Poster-poster menginspirasi kreativitas menurut Rafa.

-

  1. How will students use the computers in their tech station?
     
    Bagaimana siswa akan menggunakan komputer di stasiun teknologi mereka?

Students will use them for research and projects.

Siswa akan menggunakannya untuk penelitian dan proyek.

-

  1. How does Mr. Rudi describe their new classroom?

Bagaimana Pak Rudi menggambarkan ruang kelas baru mereka?

Mr. Rudi describes it as a great space to learn and grow.

Pak Rudi menggambarkannya sebagai ruang yang bagus untuk belajar dan berkembang.

-

  1. Who showed the classroom to the students?
     
    Siapa yang menunjukkan ruang kelas kepada para siswa?

Mr. Rudi showed the classroom to the students.

Pak Rudi menunjukkan ruang kelas kepada para siswa.

-

  1. What is in the corner with the books?
     
    Apa yang ada di sudut dengan buku-buku?

It is the classroom library where students can borrow books for reading time.

Itu adalah perpustakaan kelas tempat para siswa dapat meminjam buku untuk waktu membaca.

-

  1. When did Mr. Rudi welcome the class to their new classroom?
     
    Kapan Pak Rudi menyambut kelas di ruang kelas baru mereka?

In the morning when the class started.

Di pagi hari ketika kelas dimulai.

-

  1. Where can students conduct research and projects?
     
    Di mana para siswa dapat melakukan penelitian dan proyek?

At the tech station with computers.

Di stasiun teknologi dengan komputer.

  1. Whom did Mr. Rudi address when explaining about the smartboard?
     
    Siapa yang Pak Rudi ajak bicara ketika menjelaskan tentang papan pintar?

He addressed Donita when she asked about the smartboard.

Dia berbicara kepada Donita ketika dia bertanya tentang papan pintar.

  1. Why are there big windows in the classroom?
     
    Mengapa ada jendela besar di ruang kelas?

They let in plenty of natural light to make the room bright and cheerful.

Jendela tersebut membiarkan banyak cahaya alami masuk untuk membuat ruangan menjadi terang dan ceria.

-

  1. Which spot is designated for discussions and group work?
     
    Tempat mana yang diperuntukkan untuk diskusi dan kerja kelompok?

The rug is designated for discussions and group work.

Karpet diperuntukkan untuk diskusi dan kerja kelompok.

-

  1. How will students use the smartboard?
     
    Bagaimana para siswa akan menggunakan papan pintar?

They will use it for lessons and activities.

Mereka akan menggunakannya untuk pelajaran dan kegiatan.

-

  1. Where are they probably?
     
    Di mana mereka mungkin berada?

They are probably in a classroom.

Mereka mungkin berada di ruang kelas.

-

  1. What is Mr. Rudi?
     
    Siapakah Pak Rudi?

Mr. Rudi is a teacher.

Pak Rudi adalah seorang guru.

 

  1. What are Arya, Donita, Arka, Cintia, and Rafa?
     
    Siapakah Arya, Donita, Arka, Cintia, dan Rafa?

They are students.

Mereka adalah siswa.

  1. What are they talking about?
     
    Apa yang mereka bicarakan?

They are talking about the features and facilities of their new classroom.

Mereka berbicara tentang fitur dan fasilitas ruang kelas baru mereka.

 

What things are mentioned in the text?
 The following things are mentioned:

Big windows

A smartboard (also used as a whiteboard)

A classroom library

Computers (tech station)

Posters for inspiration

A rug for group discussions and meetings

Label the following pictures, and then identify the things:
 Without specific pictures provided in the query, here’s how you might label items based on the text:

Big Windows: Provide natural light to brighten the room.

Smartboard: Used for lessons and activities.

Classroom Library: Contains books for reading time.

Tech Station (Computers): Used for research and projects.

Posters: Serve as inspiration for students.

Rug: A meeting spot for discussions and group work.

 

 

 

Part B

The rooms in the school 

and their purposes

Ms. Sarah :

 

Today, we're going to take a tour of the school and learn about the different rooms.

Hari ini, kita akan berkeliling sekolah dan mempelajari tentang  berbagai ruangan.

 

Nanda

Where are we going first?

Ke mana kita akan pergi pertama?

 

Ms. Sarah :

 

Let's start with the library. 

Mari kita mulai dengan perpustakaan.

-

It's down the hall on the right.

Perpustakaan ada di ujung lorong sebelah kanan.

 

 

Tamara

Wow, look at all the books!

Wah, lihat semua bukunya!

 

Ms. Sarah :

Yes, the library has books for every subject age group. 

Ya, perpustakaan menyediakan buku untuk setiap kelompok usia mata pelajaran.

-

There are also computers for research and a quiet reading area.

Ada juga komputer untuk penelitian dan area baca yang tenang.

 

David

What's next?

Apa selanjutnya?

 

Ms. Sarah :

 

Next is the science lab.

Berikutnya adalah laboratorium sains.

 

James

Cool! There are so many tools and equipment here.

Keren! Ada banyak sekali peralatan dan perkakas di sini.

 

Ms. Sarah :

 

That's right. 

Benar sekali.

-

This is where we'll do experiments and hands-on activities. 

Di sinilah kita akan melakukan eksperimen dan kegiatan praktik.

-

Remember, safety rules are very important in the lab.

Ingat, peraturan keselamatan sangat penting di laboratorium.

 

Nanda

What about the big room with the stage?

Bagaimana dengan ruangan besar dengan panggung?

 

Ms. Sarah :

 

That's the auditorium. 

Itu auditorium.

-

We use it for assemblies, performances, and special events

Kita menggunakannya untuk pertemuan, pertunjukan, dan acara khusus

 

 

Tamara

Oh, and the room with all the art supplies?

Oh, dan ruangan dengan semua perlengkapan seni?

 

Ms. Sarah:

That's the art room. 

Itu ruang seni.

-

You'll get to paint, draw, and create projects there.

Di sana, Anda akan melukis, menggambar, dan membuat proyek.

 

David

I see a room with lots of instruments.

Saya melihat sebuah ruangan dengan banyak alat musik.

 

Ms. Sarah:

That's the music room. 

Itulah ruang musik.

-

You'll learn to play instruments and sing there.

Di sana Anda akan belajar memainkan alat musik dan bernyanyi.

 

James

What about the gym?

Bagaimana dengan pusat kebugaran?

 

Ms. Sarah:

The gym is where we have P.E. classes and sports activities. 

Pusat kebugaran adalah tempat kami mengadakan kelas P.E. dan kegiatan olahraga.

-

It's also a great place to stay active and have fun.

Tempat ini juga merupakan tempat yang bagus untuk tetap aktif dan bersenang-senang.

 

Nanda

This school has so many rooms for learning!

Sekolah ini memiliki banyak ruang untuk belajar!

 

Ms. Sarah:

It does! 

Benar!

Each room is designed to help you explore, discover, and grow in different ways.

 

Setiap ruang dirancang untuk membantu Anda menjelajahi, menemukan, dan berkembang dengan cara yang berbeda.

 

 

Adapted from :

Buku Pendamping Bahasa Inggris, P44,C7

 

$$ Questions and Answers $$

 

  1. Who is leading the school tour?

Siapa yang memandu tur sekolah?

Ms. Sarah is leading the school tour.

Ibu Sarah memimpin tur sekolah.

 

  1. Who noticed the room with lots of instruments?

Siapa yang memperhatikan ruangan dengan banyak instrumen?

David noticed the room with lots of instruments.

David memperhatikan ruangan dengan banyak instrumen.

 

  1. What is the first room Ms. Sarah shows the students?
     
    Apa ruangan pertama yang ditunjukkan Ibu Sarah kepada siswa?

First room Ms. Sarah shows is the library.

Ruangan pertama yang ditunjukkan Ibu Sarah adalah perpustakaan 

 

  1. The What activities can students do in the art room?
     
    Aktivitas apa yang dapat dilakukan siswa di ruang seni?

Students can paint, draw, and create projects in the art room.

Siswa dapat melukis, menggambar, dan membuat proyek di ruang seni.

 

  1. What is the gym used for?
     
    Untuk apa ruang olahraga digunakan?

The gym is used for P.E. classes, sports activities, and staying active.

Ruang olahraga digunakan untuk kelas P.E., kegiatan olahraga, dan tetap aktif.

-

  1. When do students need to follow safety rules?
     
    Kapan siswa perlu mengikuti aturan keselamatan?

Students need to follow safety rules in the science lab during experiments and hands-on activities.

Siswa perlu mengikuti aturan keselamatan di laboratorium sains selama eksperimen dan kegiatan praktik.

-

  1. When will students use the auditorium?
     
    Kapan siswa akan menggunakan auditorium?

Students will use the auditorium for assemblies, performances, and special events.

Siswa akan menggunakan auditorium untuk pertemuan, pertunjukan, dan acara khusus.

-

  1. Where is the library located?
     
    Di mana perpustakaan berada?

The library is down the hall on the right.

Perpustakaan berada di ujung lorong di sebelah kanan.

-

  1. Where can students play instruments and sing?

Di mana siswa dapat memainkan alat musik dan bernyanyi?

Students can play instruments and sing in the music room.

Siswa dapat memainkan alat musik dan bernyanyi di ruang musik.

-

  1. Whom should students listen to for safety instructions in the science lab?
     
    Siapa yang harus didengarkan siswa untuk mendapatkan petunjuk keselamatan di laboratorium sains?

Students should listen to Ms. Sarah for safety instructions in the science lab.

Siswa harus mendengarkan Bu Sarah untuk mendapatkan petunjuk keselamatan di laboratorium sains.

-

  1. Whom does Ms. Sarah address during the school tour?

Siapa yang disapa Bu Sarah selama kunjungan sekolah?

Ms. Sarah addresses all the students during the school tour.

Bu Sarah menyapa semua siswa selama kunjungan sekolah.

-

  1. Why is safety important in the science lab?
     
    Mengapa keselamatan penting di laboratorium sains?

Safety is important in the science lab to prevent accidents during experiments and activities.

Keselamatan penting di laboratorium sains untuk mencegah kecelakaan selama eksperimen dan aktivitas.

-

  1. Why does each room have a specific purpose?
     
    Mengapa setiap ruangan memiliki tujuan tertentu?

Each room has a specific purpose to help students explore, discover, and grow in different ways.

Setiap ruangan memiliki tujuan tertentu untuk membantu siswa menjelajahi, menemukan, dan tumbuh dengan cara yang berbeda.

-

  1. Which room has tools and equipment for experiments?
     
    Ruang mana yang memiliki alat dan perlengkapan untuk eksperimen?

The science lab has tools and equipment for experiments.

Laboratorium sains memiliki alat dan perlengkapan untuk eksperimen.

-

  1. Which room has books for every subject and age group?
     
    Ruang mana yang memiliki buku untuk setiap mata pelajaran dan kelompok usia?

The library has books for every subject and age group.

Perpustakaan memiliki buku untuk setiap mata pelajaran dan kelompok usia.

-

  1. How can students use the library effectively?
     
    Bagaimana siswa dapat menggunakan perpustakaan secara efektif?

Students can use it for reading, research with computers, or quiet study time.

Siswa dapat menggunakannya untuk membaca, meneliti dengan komputer, atau waktu belajar yang tenang.

-

  1. How does Ms. Sarah describe the purpose of each room?
     
    Bagaimana Bu Sarah menjelaskan tujuan setiap ruangan?

Ms. Sarah describes each room as a space designed to help students learn and grow in different ways.

Ibu Sarah menggambarkan setiap ruangan sebagai ruang yang dirancang untuk membantu siswa belajar dan tumbuh dengan cara yang berbeda.

-

  1. Where are they probably?
     
    Di mana mereka mungkin berada?

They are probably at a school, touring its various rooms and facilities.

Mereka mungkin berada di sekolah, menjelajahi berbagai ruangan dan fasilitasnya.

-

  1. What is Ms. Sarah?
     
    Siapakah Bu Sarah?

Ms. Sarah is likely a teacher or guide leading the students on a school tour.

Bu Sarah kemungkinan adalah seorang guru atau pemandu yang memimpin para siswa dalam tur sekolah.

-

  1. What are Nanda, Tamara, David, and James?

Siapakah Nanda, Tamara, David, dan James?

Nanda, Tamara, David, and James are students participating in the school tour.

Nanda, Tamara, David, dan James adalah siswa yang berpartisipasi dalam tur sekolah.

-

  1. What are they talking about?
     
    Apa yang mereka bicarakan?

They are talking about the different rooms in the school and their purposes, such as the library, science lab, auditorium, art room, music room, and gym.

Mereka berbicara tentang berbagai ruangan di sekolah dan tujuannya, seperti perpustakaan, laboratorium sains, auditorium, ruang seni, ruang musik, dan pusat kebugaran.

  1. What things are mentioned in the text?
     
    Hal-hal apa saja yang disebutkan dalam teks tersebut?

The text mentions:

Teks tersebut menyebutkan:

The library (books, computers, quiet reading area)

Perpustakaan (buku, komputer, area membaca yang tenang)

The science lab (tools, equipment, safety rules)

Laboratorium sains (peralatan, perlengkapan, peraturan keselamatan)

The auditorium (stage for assemblies and events)

Auditorium (panggung untuk pertemuan dan acara)

The art room (art supplies for painting and drawing)

Ruang seni (perlengkapan seni untuk melukis dan menggambar)

-

  1. The music room (instruments for playing and singing)

Ruang musik (alat untuk bermain dan bernyanyi)

The gym (P.E. classes and sports activities).

Pusat kebugaran (kelas P.E. dan kegiatan olahraga).

 

 

 

 

Part C

Finding  some of the rooms in the school

Menemukan beberapa ruangan di sekolah

 

Sonia           :

Excuse me, Mr. Dandy. 

Permisi, Tuan Dandy. 

-

Can you help us find some of the rooms in the school?

Dapatkah Anda membantu kami menemukan beberapa ruangan di sekolah?

 

Mr. Dandy  :

Sure! Which room are you looking for first?

Tentu! Ruangan mana yang Anda cari terlebih dahulu?

 

Rafa

Where is the library?

Di mana perpustakaan?

 

Mr. Dandy  :

The library is on the second floor. 

Perpustakaan berada di lantai dua. 

-

Take the stairs near the main entrance, tum left at

the top, and it's the first door on your right.

Naiki tangga dekat pintu masuk utama, belok kiri di

puncak, dan itu adalah pintu pertama di sebelah kanan Anda.

 

Donita

What about the science lab?

Bagaimana dengan laboratorium sains?

 

Mr. Dandy  :

The science lab is on the first floor, 

Laboratorium sains berada di lantai pertama, 

-

Go straight down this halfway, 

Lurus saja di lorong ini, 

-

and it's the last door on the left before the courtyard.

dan itu adalah pintu terakhir di sebelah kiri sebelum halaman.

 

Sonia

I need to find the music room.

Saya perlu menemukan ruang musik.

 

Mr. Dandy  :

The music room is next to the auditorium. 

Ruang musik berada di sebelah auditorium. 

?

-

Walk toward the gym, and you'll see the auditorium on your left.

Berjalanlah ke arah gimnasium, dan Anda akan melihat auditorium di sebelah kiri Anda.

-

The music room is the door just beside it.

Ruang musik berada di pintu tepat di sampingnya.

 

Rafa

Where can we find the art room?

Di mana kita dapat menemukan ruang seni ?

 

Mr. Dandy  :

The art room is on the second floor as well.

Ruang seni juga berada di lantai dua.

-

After you turn left at the top of the stairs.

Setelah Anda belok kiri di puncak tangga.

-

keep walking straight, 

Teruslah berjalan lurus,

-

and it's the second door on your left.

dan itu adalah pintu kedua di sebelah kiri Anda.

 

Donita

And how do we get to the gym?

Dan bagaimana kita bisa ke pusat kebugaran?

 

Mr. Dandy  :

The gym is easy to find. 

Pusat kebugaran mudah ditemukan. 

-

Go through the double doors at the end of this halway, and it's the big room directly in front of you.

Masuklah melalui pintu ganda di ujung lorong ini, dan Anda akan melihat ruangan besar tepat di depan Anda.

 

 

Sonia

Thanks for the directions, Mr. Dandy

Terima kasih atas petunjuknya, Tn. Dandy

-

This will help us a lot!

Ini akan sangat membantu kami!

 

Mr. Dandy :

You're welcome! 

Sama-sama! 

-

Let me know if you need help finding anything else.

Beri tahu saya jika Anda butuh bantuan untuk menemukan hal lain.

 

 

Questions and Answers

 

  1. Who is helping the students find the rooms in the school?
     
    Siapa yang membantu siswa menemukan ruangan di sekolah?

Mr. Dandy is helping the students find the rooms in the school.

Tn. Dandy membantu siswa menemukan ruangan di sekolah.

-

  1. Who needs to find the music room?
     
    Siapa yang perlu menemukan ruang musik?

Sonia needs to find the music room.

Sonia perlu menemukan ruang musik.

-

  1. What is located on the second floor?
     
    Apa yang terletak di lantai dua?

The library and art room are located on the second floor.

Perpustakaan dan ruang seni terletak di lantai dua.

-

  1. What is next to the auditorium?
     
    Apa yang berada di sebelah auditorium?

The music room is next to the auditorium.

Ruang musik berada di sebelah auditorium.

-

  1. When should students turn left at the top of the stairs?:

Kapan siswa harus belok kiri di puncak tangga?

Students should turn left at the top of the stairs to find both the library and art room.

Siswa harus belok kiri di puncak tangga untuk menemukan perpustakaan dan ruang seni.

-

  1. When will students see the gym?
     
    Kapan siswa akan melihat pusat kebugaran?

Students will see the gym after going through the double doors at the end of the hallway.

Siswa akan melihat pusat kebugaran setelah melewati pintu ganda di ujung lorong.

-

  1. Where is the science lab located?

Di mana laboratorium sains berada?

The science lab is on the first floor, down the hallway, and is the last door on the left before reaching the courtyard.

Laboratorium sains berada di lantai pertama, di ujung lorong, dan merupakan pintu terakhir di sebelah kiri sebelum mencapai halaman.

-

  1. Where can students find the gym?
     
    Di mana siswa dapat menemukan pusat kebugaran?

The gym is directly in front of them after going through double doors at the end of a hallway.

Pusat kebugaran berada tepat di depan mereka setelah melewati pintu ganda di ujung lorong.

-

  1. Whom did Sonia ask for help finding rooms?
     
    Kepada siapa Sonia meminta bantuan untuk mencari ruangan?

Sonia asked Mr. Dandy for help finding rooms.

Sonia meminta bantuan Tn. Dandy untuk mencari ruangan.

-

  1. Whom does Mr. Dandy give directions to?
     
    Kepada siapa Tn. Dandy memberikan petunjuk arah?

Mr. Dandy gives directions to Sonia, Rafa, Donita, and other students.

Tn. Dandy memberikan petunjuk arah kepada Sonia, Rafa, Donita, dan siswa lainnya.

-

  1. Why are directions important in this scenario?
     
    Mengapa petunjuk arah penting dalam skenario ini?

Directions are important to help students navigate and locate specific rooms in a large school building.

Petunjuk arah penting untuk membantu siswa menavigasi dan menemukan ruangan tertentu di gedung sekolah yang besar.

-

  1. Why is knowing room locations helpful for students?

Mengapa mengetahui lokasi ruangan membantu siswa?

Knowing room locations helps students save time and avoid confusion during their school activities.

Mengetahui lokasi ruangan membantu siswa menghemat waktu dan menghindari kebingungan selama kegiatan sekolah mereka.

-

  1. Which room is beside the auditorium?
     
    Ruang mana yang berada di samping auditorium?

The music room is beside the auditorium.

Ruang musik berada di samping auditorium.

-

  1. Which door leads to the library on the second floor?
     
    Pintu mana yang mengarah ke perpustakaan di lantai dua?

The library is the first door on your right after turning left at the top of the stairs.

Perpustakaan adalah pintu pertama di sebelah kanan Anda setelah belok kiri di puncak tangga.

-

  1. How can students reach the library?
     
    Bagaimana siswa dapat mencapai perpustakaan?

Students can take stairs near the main entrance, turn left at the top, and find it as the first door on their right.

Siswa dapat menaiki tangga di dekat pintu masuk utama, belok kiri di puncak tangga, dan menemukannya sebagai pintu pertama di sebelah kanan mereka.

-

  1. How do students get to the art room?
     
    Bagaimana siswa mencapai ruang seni?

Students should turn left at the top of the stairs, walk straight, and find it as the second door on their left.

Siswa harus belok kiri di puncak tangga, berjalan lurus, dan menemukannya sebagai pintu kedua di sebelah kiri mereka.

-

  1. What is Mr. Dandy?
     
    Siapakah Tn. Dandy?

Mr. Dandy is likely a teacher or staff member at the school who helps students navigate and find rooms.

Tn. Dandy kemungkinan adalah guru atau anggota staf di sekolah yang membantu siswa menavigasi dan menemukan ruangan.

-

  1. What are Sonia, Rafa, and Donita?
     
    Siapakah Sonia, Rafa, dan Donita?

Sonia, Rafa, and Donita are students at the school.

Sonia, Rafa, dan Donita adalah siswa di sekolah tersebut.

-

  1. What are they talking about?
     
    Apa yang mereka bicarakan?

They are talking about the locations of different rooms in the school and how to find them.

Mereka berbicara tentang lokasi berbagai ruangan di sekolah dan cara menemukannya. 

-

  1. What information does Sonia ask for?
     
    Informasi apa yang diminta Sonia?

Sonia asks for directions to the music room.

Sonia menanyakan arah ke ruang musik.

-

  1. What information does Rafa ask for?
     
    Informasi apa yang diminta Rafa?

Rafa asks for directions to the library and the art room.

Rafa menanyakan arah ke perpustakaan dan ruang seni.

-

  1. What information does Donita ask for?
     
    Informasi apa yang diminta Donita?

Donita asks for directions to the science lab and the gym.

Donita menanyakan arah ke laboratorium sains dan pusat kebugaran.

 

 

pplx.ai/share

 

 

 

 

Part D

Asking for and Giving Directions at School

Meminta dan memberi petunjuk arah di sekolah

 

Sarah

(looking at her schedule) 

(melihat jadwalnya)

-

Hey, Max, do you know where Room 203 is? 

Hai, Max, kamu tahu di mana Ruang 203? 

.

I can't seem to find it.

Sepertinya aku tidak dapat menemukannya.

 

 

Max

Hmm, I think it's on the second floor. 

Hmm, kurasa ada di lantai dua. 

-

Let me check my schedule. 

Coba aku periksa jadwalku. 

-

Oh, wait, I remember now. 

Oh, tunggu, aku ingat sekarang. 

-

It's near the science labs.

Ruang itu dekat laboratorium sains 

 

Sarah

But which staircase should we take to get to the second floor?

Tapi tangga mana yang harus kita ambil untuk sampai ke lantai dua?

 

 

Max

Let's ask Ms. Lisa. 

Mari kita tanya Bu Lisa. 

-

She's always helpful with directions.

Dia selalu membantu memberi petunjuk arah.

 

Ms. Lisa

(approaching the students) 

(mendekati murid-murid) 

-

Hello, Sarah and Max. 

Halo, Sarah dan Max. 

-

Is everything okay?

Apakah semuanya baik-baik saja?

 

Sarah

Hi, Ms. Lisa. 

Hai, Bu Lisa. 

-

We're trying to find Room 203. 

Kami sedang mencoba mencari Ruang 203. 

-

Can you help us with the directions?

Bisakah kamu membantu kami memberi petunjuk arah?

 

Ms. Lisa

Of course, Room 203 is on the second floor, 

and you can take either staircase near the main office.

Tentu saja, Ruang 203 ada di lantai dua, 

dan kamu dapat mengambil salah satu tangga di dekat kantor utama.

-

Once you're on the second floor, head towards the science labs, 

Begitu kamu berada di lantai dua, pergilah ke laboratorium sains, 

-

And you'll find it on your right.

Dan kamu akan menemukannya di sebelah kananmu

 

Max

Thank you, Ms. Lisa. 

Terima kasih, Bu Lisa.

-

We really appreciate it.

Kami sangat menghargainya.

 

 

Ms. Lisa

You're welcome. 

Sama-sama.

-

If you ever need help finding your way around the school, 

don't hesitate to ask any teacher or staff member. 

Jika Anda butuh bantuan untuk menemukan jalan di sekolah,

jangan ragu untuk bertanya kepada guru atau anggota staf.

-

We're here to help you navigate the school.

Kami di sini untuk membantu Anda menjelajahi sekolah.

 

Sarah

Thanks, Ms. Lisa.

Terima kasih, Bu Lisa.

-

We'll keep that in mind.

Kami akan mengingatnya.

 

Max

Let's head to Room 203 now, Sarah, 

Sekarang, mari kita ke Ruang 203, Sarah.

-

We don't want to be late for our next class. Kita tidak ingin terlambat untuk kelas berikutnya.

 

Sarah

Right, let's go. 

Baiklah, ayo.

 

Thanks again, Ms. Lisa!

Terima kasih sekali lagi, Bu Lisa!

 

 

Ms. Lisa

You're welcome. 

Sama-sama.

-

Have a great day, both of you!

Semoga hari Anda menyenangkan, kalian berdua!

 

 

 

Questions and Answers

 

  1. Who is looking for Room 203?
     
    Siapa yang mencari Ruang 203?

Sarah and Max are looking for Room 203.

Sarah dan Max sedang mencari Ruang 203.

-

  1. Who helps Sarah and Max with directions?
     
    Siapa yang membantu Sarah dan Max mencari petunjuk arah?

Ms. Lisa helps Sarah and Max with directions.

Bu Lisa membantu Sarah dan Max mencari petunjuk arah.

-

  1. What room are Sarah and Max trying to find?
     
    Ruang mana yang Sarah dan Max cari?

They are trying to find Room 203.

Mereka sedang mencari Ruang 203.

-

  1. What should they do if they need more help finding rooms?
     
    Apa yang harus mereka lakukan jika butuh bantuan untuk mencari ruang?

They should ask any teacher or staff member for assistance.

Mereka harus meminta bantuan guru atau staf.

-

  1. When do Sarah and Max decide to ask Ms. Lisa for help?
     
    Kapan Sarah dan Max memutuskan untuk meminta bantuan Bu Lisa?

They decide to ask Ms. Lisa after Max is unsure about which staircase to take.

Mereka memutuskan untuk meminta bantuan Bu Lisa setelah Max tidak yakin tangga mana yang harus diambil.

-

  1. When does Ms. Lisa offer to help them navigate the school?
     
    Kapan Bu Lisa menawarkan bantuan untuk mereka berjalan di sekolah?

Ms. Lisa offers help when she notices Sarah and Max discussing directions.

Bu Lisa menawarkan bantuan saat dia melihat Sarah dan Max mendiskusikan petunjuk arah.

-

  1. Where is Room 203 located?
     
    Di mana Ruang 203 berada?

Room 203 is on the second floor near the science labs.

Ruang 203 berada di lantai dua dekat laboratorium sains.

-

  1. Where should Sarah and Max go to reach the second floor?
     
    Ke mana Sarah dan Max harus pergi untuk mencapai lantai dua?

They should take either staircase near the main office.

Mereka harus mengambil salah satu tangga dekat kantor utama.

-

  1. Whom do Sarah and Max ask for directions?
     
    Ke siapa Sarah dan Max meminta petunjuk arah?

They ask Ms. Lisa for directions.

Mereka meminta petunjuk arah kepada Bu Lisa.

-

  1. Whom does Ms. Lisa encourage them to approach for future help?
     
    Kepada siapa Bu Lisa menganjurkan mereka untuk meminta bantuan di masa mendatang?

Ms. Lisa encourages them to approach any teacher or staff member for future help.

Bu Lisa menganjurkan mereka untuk meminta bantuan kepada guru atau staf mana pun di masa mendatang.

-

  1. Why do Sarah and Max need help finding Room 203?
     
    Mengapa Sarah dan Max butuh bantuan untuk menemukan Ruang 203?

They need help because they are unfamiliar with its location in the school.

Mereka butuh bantuan karena tidak tahu lokasinya di sekolah.

-

  1. Why does Ms. Lisa remind them to ask teachers or staff for assistance?
     
    Mengapa Bu Lisa mengingatkan mereka untuk meminta bantuan guru atau staf?

She reminds them so they can easily navigate the school without feeling lost.

Ia mengingatkan mereka agar mereka dapat dengan mudah menjelajahi sekolah tanpa merasa tersesat.

-

  1. Which staircase should Sarah and Max use to reach Room 203?
     
    Tangga mana yang harus digunakan Sarah dan Max untuk mencapai Ruang 203?

They can use either staircase near the main office.

Mereka dapat menggunakan salah satu tangga di dekat kantor utama.

-

  1. Which room is located near the science labs on the second floor?
     
    Ruang mana yang terletak di dekat laboratorium sains di lantai dua?

Room 203 is located near the science labs on the second floor.

Ruang 203 terletak di dekat laboratorium sains di lantai dua.

-

  1. How can Sarah and Max find Room 203 after reaching the second floor?
     
    Bagaimana Sarah dan Max dapat menemukan Ruang 203 setelah mencapai lantai dua?

After reaching the second floor, they need to head toward the science labs, and Room 203 will be on their right.

Setelah mencapai lantai dua, mereka harus menuju ke laboratorium sains, dan Ruang 203 akan berada di sebelah kanan mereka 

-

  1. How does Ms. Lisa ensure they feel supported in navigating the school?
     
    Bagaimana Ibu Lisa memastikan mereka merasa didukung dalam menjelajahi sekolah?

She provides clear directions and reassures them that teachers and staff are always available to help them find their way around.

Ia memberikan arahan yang jelas dan meyakinkan mereka bahwa guru dan staf selalu siap membantu mereka menemukan jalan.

 

pplx.ai/share

 

 

 

Part E

Ikhsan's school

Sekolahnya Ikhsan

 

Paragaraph 1

  1. Hello. My name is lkhsan. 

Halo. Nama saya lkhsan. 

-

  1. I am fourteen years old and I go to school at SMP Indah Kusuma. 

Saya berusia empat belas tahun dan bersekolah di SMP Indah Kusuma. 

-

  1. The School is large. 

Sekolahnya besar. 

-

  1. It has two floors. 

Memiliki dua lantai. 

-

  1. It is located in Mango Street Number 45, Surakarta.

Terletak di Jalan Mangga Nomor 45, Surakarta

 

Paragraph 2

  1. There are many rooms in the school. 

Ada banyak ruangan di sekolah. 

-

  1. There are twenty seven classes. 

Ada dua puluh tujuh kelas. 

-

  1. There are also other rooms like chemistry labs, headmaster's room, teacher's room and many more. 

Ada juga ruangan lain seperti laboratorium kimia, ruang kepala sekolah, ruang guru, dan masih banyak lagi. 

-

  1. Each class has modern and up to date tools. 

Setiap kelas memiliki peralatan modern dan terkini. 

-

  1. The school also makes sure that the students can get the most

comfortable experience during their time in school.

Sekolah juga memastikan bahwa siswa bisa mendapatkan pengalaman yang paling nyaman selama berada di sekolah.

 

Paragraph3

  1. We also have some animals. 

Kami juga memiliki beberapa hewan. 

-

  1. The animals are put in the backyard. 

Hewan-hewan itu diletakkan di halaman belakang. 

-

  1. Those animals are peacock, donkey, rabbit and mouse deer, 

Hewan-hewan itu adalah merak, keledai, kelinci, dan kancil. 

-

  1. We use those animals for our biology lessons and to increase our empathy towards other creatures.

Kami menggunakan hewan-hewan itu untuk pelajaran biologi kami dan untuk meningkatkan empati kami terhadap makhluk lain.

 

Questions and Answers

 

  1. Who is the narrator of the paragraphs?
     
    Siapa narator paragraf tersebut?

The narrator is Ikhsan.

Naratornya adalah Ikhsan.

-

  1. Who takes care of the animals mentioned in the school?
     
    Siapa yang memelihara hewan-hewan yang disebutkan di sekolah?

The students, including Ikhsan, take care of the animals.

Para siswa, termasuk Ikhsan, memelihara hewan-hewan tersebut.

-

  1. What is the name of the school?
     
    Apa nama sekolahnya?

The name of the school is SMP Indah Kusuma.

Nama sekolahnya adalah SMP Indah Kusuma.

-

  1. What types of rooms are mentioned in the school?
     
    Jenis ruangan apa saja yang disebutkan di sekolah tersebut?

The rooms mentioned include classrooms, chemistry labs, headmaster's room, teacher's room, and an art room.

Ruang-ruangan yang disebutkan meliputi ruang kelas, laboratorium kimia, ruang kepala sekolah, ruang guru, dan ruang kesenian.

-

  1. What animals are kept in the backyard?
     
    Hewan apa saja yang dipelihara di halaman belakang?

The animals are a peacock, donkey, rabbit, and mouse deer.

Hewan-hewan tersebut adalah burung merak, keledai, kelinci, dan kancil.

-

  1. When does Ikhsan mention his age?
     
    Kapan Ikhsan menyebutkan usianya?

Ikhsan mentions he is fourteen years old at the beginning of his introduction.

Ikhsan menyebutkan bahwa ia berusia empat belas tahun di awal perkenalannya.

-

  1. When do students use the animals for lessons?
     
    Kapan siswa menggunakan hewan-hewan tersebut untuk pelajaran?

Students use the animals during biology lessons.

Siswa menggunakan hewan-hewan tersebut selama pelajaran biologi.

-

  1. Where is SMP Indah Kusuma located?
     
    Di manakah lokasi SMP Indah Kusuma?

It is located at Mango Street Number 45, Surakarta.

Berlokasi di Jalan Mangga Nomor 45, Surakarta.

-

  1. Where are the animals kept?
     
    Di mana hewan-hewan tersebut dipelihara?

The animals are kept in the backyard of the school.

Hewan-hewan tersebut dipelihara di halaman belakang sekolah.

-

  1. Whom does Ikhsan refer to when mentioning students' comfort?
     
    Siapa yang dimaksud Ikhsan saat menyebutkan kenyamanan siswa?

Ikhsan refers to all students at SMP Indah Kusuma regarding their comfort during school.

Ikhsan merujuk kepada seluruh siswa di SMP Indah Kusuma terkait kenyamanan mereka selama di sekolah.

-

  1. Whom do students learn empathy towards through interactions with animals?
     
    Kepada siapa siswa belajar berempati melalui interaksi dengan hewan?

Students learn empathy towards other creatures through interactions with the animals in their backyard.

Siswa belajar berempati terhadap makhluk lain melalui interaksi dengan hewan-hewan di halaman belakang rumah mereka.

-

  1. Why does the school have animals?
     
    Mengapa sekolah memiliki hewan?

The school has animals to enhance biology lessons and to help students develop empathy towards other creatures.

Sekolah memiliki hewan untuk meningkatkan pembelajaran biologi dan membantu siswa mengembangkan empati terhadap makhluk lain.

-

  1. Why is it important for each class to have modern tools?
     
    Mengapa penting bagi setiap kelas untuk memiliki peralatan modern?

It is important for each class to have modern tools to ensure students receive a comfortable and effective learning experience.

Penting bagi setiap kelas untuk memiliki peralatan modern guna memastikan siswa menerima pengalaman belajar yang nyaman dan efektif.

-

  1. Which floor does SMP Indah Kusuma have?
     
    SMP Indah Kusuma memiliki lantai berapa?

SMP Indah Kusuma has two floors.

SMP Indah Kusuma memiliki dua lantai.

-

  1. Which types of rooms are specifically mentioned as having modern tools?
     
    Jenis ruangan apa saja yang disebutkan secara khusus memiliki peralatan modern?

Each classroom is specifically mentioned as having modern and up-to-date tools.

Setiap ruang kelas disebutkan secara khusus memiliki peralatan modern dan terkini.

-

  1. How does SMP Indah Kusuma ensure a comfortable experience for students?
     
    Bagaimana SMP Indah Kusuma memastikan pengalaman yang nyaman bagi siswa?

The school ensures a comfortable experience by providing modern tools and facilities in each classroom.

Sekolah memastikan pengalaman yang nyaman dengan menyediakan peralatan dan fasilitas modern di setiap ruang kelas.

-

  1. How do students use the animals for their education?
     
    Bagaimana siswa memanfaatkan hewan untuk pendidikan mereka?

Students use the animals for biology lessons to learn about living creatures and to foster empathy towards them.

Siswa menggunakan hewan untuk pelajaran biologi guna mempelajari tentang makhluk hidup dan menumbuhkan empati terhadap mereka.

 

 

 

 

Part F

My Library

Perpustakaanku

 

 

  1. This is my library. 

Ini perpustakaanku.

-

  1. My library is so large, 

Perpustakaanku sangat besar,

-

  1. There are many books in there. 

Ada banyak buku di sana.

-

  1. There is also a table beside the vase. 

Ada juga meja di samping vas bunga.

-

  1. The vase itself is between the pillar and table. 

Vas bunga itu sendiri berada di antara pilar dan meja.

-

  1. There is a chair in front of the table. 

Ada kursi di depan meja.

-

  1. There is also a whiteboard on the wall. 

Ada juga papan tulis di dinding.

-

  1. There is a dustbin at the corner of the library. 

Ada tempat sampah di sudut perpustakaan.

-

  1. It is in front of the pillar. 

Tempat sampah itu berada di depan pilar.

-

  1. The lamps arÄ— above the bookshelves.

Lampu-lampu berada di atas rak buku.

-

  1. I love my library. 

Aku suka perpustakaanku.

-

  1. I always go there at the first break. 

Aku selalu pergi ke sana saat istirahat pertama.

-

  1. I like reading novels in the library.

Aku suka membaca novel di perpustakaan.

 

=====

Questions and Answers

 

 

  1. Who loves the library?
     
    Siapa yang suka perpustakaan?

The narrator loves the library.

Narator suka perpustakaan.

-

  1. Who goes to the library at the first break?
     
    Siapa yang pergi ke perpustakaan saat istirahat pertama?

The narrator goes to the library at the first break.

Narator pergi ke perpustakaan saat istirahat pertama.

-

  1. What is described in the text?
     
    Apa yang dijelaskan dalam teks?

The text describes the narrator's library.

Teks tersebut menjelaskan perpustakaan narator.

-

  1. What types of books does the narrator like to read in the library?
     
    Jenis buku apa yang suka dibaca narator di perpustakaan?

The narrator likes reading novels in the library.

Narator suka membaca novel di perpustakaan.

-

  1. What items are mentioned as being in the library?
     
    Barang apa saja yang disebutkan ada di perpustakaan?

Items mentioned include many books, a table, a vase, a chair, a whiteboard, a dustbin, and lamps.

Barang yang disebutkan termasuk banyak buku, meja, vas, kursi, papan tulis, tempat sampah, dan lampu.

-

  1. When does the narrator go to the library?
     
    Kapan narator pergi ke perpustakaan?

The narrator goes to the library at the first break.

Narator pergi ke perpustakaan saat istirahat pertama.

-

  1. When is the dustbin located in front of?
     
    Kapan tempat sampah terletak di depan?

The dustbin is located in front of the pillar in the corner of the library.

Tempat sampah terletak di depan pilar di sudut perpustakaan.

-

  1. Where is the vase located in relation to other items?
     
    Di mana vas terletak dalam kaitannya dengan barang-barang lainnya?

The vase is between the pillar and the table.

Vas berada di antara pilar dan meja.

-

  1. Where are the lamps positioned in the library?
     
    Di mana lampu diposisikan di perpustakaan?

The lamps are above the bookshelves.

Lampu berada di atas rak buku.

-

  1. Whom does the narrator mention in relation to their experience in the library?
     
    Siapa yang disebutkan narator dalam kaitannya dengan pengalaman mereka di perpustakaan?

The narrator does not mention anyone else specifically; they focus on their own experience and feelings about the library.

Narator tidak menyebutkan orang lain secara khusus; mereka berfokus pada pengalaman dan perasaan mereka sendiri tentang perpustakaan.

-

  1. Whom might other students see using the library during breaks?
     
    Siapa yang mungkin dilihat siswa lain menggunakan perpustakaan selama istirahat?

Other students might see the narrator using the library during breaks.

Siswa lain mungkin melihat narator menggunakan perpustakaan selama istirahat.

-

  1. Why does the narrator love their library?
     
    Mengapa narator menyukai perpustakaan mereka?

The narrator loves their library because it is large and filled with many books, providing a great space for reading.

Narator menyukai perpustakaan mereka karena besar dan penuh dengan banyak buku, menyediakan ruang yang bagus untuk membaca.

-

  1. Why does the narrator go to read novels in the library?
     
    Mengapa narator pergi membaca novel di perpustakaan?

The narrator goes to read novels in a quiet and comfortable environment that the library provides.

Narator pergi membaca novel di lingkungan yang tenang dan nyaman yang disediakan perpustakaan.

-

  1. Which item is placed beside the vase?
     
    Barang apakah yang diletakkan di samping vas bunga?

A table is placed beside the vase.

Sebuah meja diletakkan di samping vas bunga.

-

  1. Which area of the library contains a dustbin?
     
    Area perpustakaan manakah yang terdapat tempat sampah?

The corner of the library contains a dustbin.

Sudut perpustakaan tersebut terdapat tempat sampah.

-

  1. How does the narrator feel about their library?
     
    Bagaimana perasaan narator terhadap perpustakaannya?

The narrator feels positively about their library and expresses love for it.

Narator merasa positif terhadap perpustakaannya dan mengungkapkan rasa cintanya terhadapnya.

-

  1. How is furniture arranged in relation to each other in the library?
     
    Bagaimana perabotan disusun dalam kaitannya satu sama lain di perpustakaan tersebut?

The table is beside the vase, which is between a pillar and a table, with a chair in front of that table and a dustbin at one corner.

Meja tersebut berada di samping vas bunga, yang berada di antara pilar dan meja, dengan kursi di depan meja tersebut dan tempat sampah di salah satu sudut.

 

 

 

 

Part G

Widya’s School

Sekolah Widya

 

 

  1. Hello, my friends.

Halo, teman-teman.

-

  1. My name is Widya, 

Nama saya Widya,

-

  1. This time, I will tell you about my school. 

Kali ini, saya akan bercerita tentang sekolah saya.

-

  1. My schools name is SMP Widya Tama.

Nama sekolah saya adalah SMP Widya Tama.

-

  1. My school is very large. 

Sekolah saya sangat besar.

-

  1. There are many rooms in my school. 

Ada banyak ruangan di sekolah saya.

-

  1. My school has thirty classrooms, one hall, two toilets, one library, one computer lab, one chemistry lab, one language lab, one teacher's room, one head master's room, one mosque and one church.

Sekolah saya memiliki tiga puluh ruang kelas, satu aula, dua toilet, satu perpustakaan, satu laboratorium komputer, satu laboratorium kimia, satu laboratorium bahasa, satu ruang guru, satu ruang kepala sekolah, satu masjid dan satu gereja.

-

  1. My school also has a field in the middle of school. 

Sekolah saya juga memiliki lapangan di tengah sekolah.

  1. We use it to hold a ceremony. 

Kami menggunakannya untuk mengadakan upacara.

  1. There is also basketball court behind the school.

Ada juga lapangan basket di belakang sekolah.

  1. My school starts from a half past seven until three o'clock. 

Sekolah saya mulai dari pukul setengah tujuh sampai pukul tiga.

  1. We learn many things in the school.

Kami belajar banyak hal di sekolah.

  1. The tools we have in our school are also up to date. 

Peralatan yang kami miliki di sekolah kami juga mutakhir.

  1. I am so lucky to go to this school.

Saya sangat beruntung bisa bersekolah di sekolah ini. 

======

 

Questions and Answers

 

  1. Who is describing the school?
     
    Siapa yang mendeskripsikan sekolah tersebut?

Widya is describing the school.

Widya mendeskripsikan sekolah tersebut.

-

  1. Who attends SMP Widya Tama?
     
    Siapa yang bersekolah/hadir di SMP Widya Tama?

Widya attends SMP Widya Tama.

Widya bersekolah/hadir di SMP Widya Tama.

-

  1. What is the name of the school?
     
    Apa nama sekolah tersebut?

The name of the school is SMP Widya Tama.

Nama sekolah tersebut adalah SMP Widya Tama.

-

  1. What facilities are mentioned in the school?
     
    Fasilitas apa saja yang disebutkan di sekolah tersebut?

The facilities mentioned include thirty classrooms, one hall, two toilets, one library, one computer lab, one chemistry lab, one language lab, one teacher's room, one headmaster's room, one mosque, and one church.

Fasilitas yang disebutkan meliputi tiga puluh ruang kelas, satu aula, dua toilet, satu perpustakaan, satu laboratorium komputer, satu laboratorium kimia, satu laboratorium bahasa, satu ruang guru, satu ruang kepala sekolah, satu masjid, dan satu gereja.

-

  1. What do students use the field for?
     
    Untuk apa siswa menggunakan lapangan tersebut?

Students use the field to hold ceremonies.

Siswa menggunakan lapangan tersebut untuk mengadakan upacara.

-

  1. When does the school day start and end?
     
    Kapan hari sekolah dimulai dan berakhir

The school day starts at half past seven and ends at three o'clock.

Hari sekolah dimulai pukul setengah tujuh dan berakhir pukul tiga.

-

  1. When do students learn many things in school?
     
    Kapan siswa mempelajari banyak hal di sekolah?

Students learn many things throughout the school day from 7:30 AM to 3:00 PM.

Siswa mempelajari banyak hal sepanjang hari sekolah dari pukul 07.30 hingga 15.00.

-

  1. Where is SMP Widya Tama located?
     
    Di manakah lokasi SMP Widya Tama?

The location is not specified in the text.

Lokasi tidak disebutkan dalam teks.

  1. Where is the basketball court situated?
     
    Di manakah lokasi lapangan basket?

       The basketball court is located behind the school.

Lapangan basket terletak di belakang sekolah.

-

  1. Whom does Widya feel lucky to attend school with?
     
    Dengan siapa Widya merasa beruntung menghadiri /bersekolah?

Widya feels lucky to attend school with her classmates and teachers at SMP Widya Tama.

Widya merasa beruntung bersekolah dengan teman-teman sekelas dan guru-gurunya di SMP Widya Tama.

-

  1. Whom does Widya refer to when she mentions learning many things?
     
    Siapa yang Widya maksud ketika ia menyebutkan belajar banyak hal?

Widya refers to all students at her school when she mentions learning many things.

Widya merujuk kepada semua siswa di sekolahnya ketika ia menyebutkan belajar banyak hal.

-

  1. Why does Widya feel lucky to go to this school?
     
    Mengapa Widya merasa beruntung bersekolah di sekolah ini?

Widya feels lucky because her school is large and has many up-to-date tools for learning.

Widya merasa beruntung karena sekolahnya besar dan memiliki banyak peralatan belajar yang mutakhir.

-

  1. Why is it important for the school to have various facilities?
     
    Mengapa penting bagi sekolah untuk memiliki berbagai fasilitas?

It is important for the school to have various facilities to provide a comprehensive education and support different learning activities.

Penting bagi sekolah untuk memiliki berbagai fasilitas untuk menyediakan pendidikan yang komprehensif dan mendukung berbagai kegiatan belajar.

-

  1. Which lab is mentioned as part of the school's facilities?
     
    Laboratorium mana yang disebutkan sebagai bagian dari fasilitas sekolah?

The chemistry lab and language lab are mentioned as part of the school's facilities.

Laboratorium kimia dan laboratorium bahasa disebutkan sebagai bagian dari fasilitas sekolah.

-

  1. Which area in the school is used for ceremonies?
     
    Area mana di sekolah yang digunakan untuk upacara?

The field in the middle of the school is used for ceremonies.

Lapangan di tengah sekolah digunakan untuk upacara.

-

  1. How many classrooms does SMP Widya Tama have?
     
    Berapa jumlah ruang kelas di SMP Widya Tama?

SMP Widya Tama has thirty classrooms.

SMP Widya Tama memiliki tiga puluh ruang kelas.

-

  1. How does the narrator describe the tools available in their school?
     
    Bagaimana narator menggambarkan peralatan yang tersedia di sekolah mereka?

The narrator describes the tools as being up-to-date, enhancing their learning experience.

Narator menggambarkan peralatan tersebut sebagai peralatan terkini yang meningkatkan pengalaman belajar mereka.

 

 

PART H

My School: SMP Cemara Indah

Sekolahku: SMP Cemara Indah

 

 

  1. Hi, friends. It's me, Dian. 

Hai, teman-teman. Ini aku, Dian. 

-

  1. There's no place I love so much except my house and school. 

Tidak ada tempat yang begitu kucintai selain rumah dan sekolahku. 

-

  1. Well, this time I will tell you about my school. 

Nah, kali ini aku akan bercerita tentang sekolahku. 

-

  1. My school is one of the best school in Surakarta. 

Sekolahku adalah salah satu sekolah terbaik di Surakarta.

  1. The name of my school is SMP Cemara Indah. 

Nama sekolahku adalah SMP Cemara Indah. 

-

  1. I am so lucky to go there. 

Aku sangat beruntung bisa bersekolah di sana. 

-

  1. The facilities in this school are complete. 

Fasilitas di sekolah inilengkap. 

-

  1. Besides that, they also have futsal and basketball court. 

Selain itu, mereka juga memiliki lapangan futsal dan basket. 

-

  1. They are located behind the school. 

Lokasinya di belakang sekolah. 

-

  1. I always play futsal with my friends at the second break.

Aku selalu bermain futsal dengan teman-temanku di jam istirahat kedua.

-

  1. So, Let me get a detailed explanation about my school for you. 

Jadi, biar aku jelaskan secara rinci tentang sekolahku untukmu. 

-

  1. My school is painted with cream color.

Sekolahku dicat dengan warna krem.

 

  1. After you go to the front gate, you will see a security post at the right side. 

Setelah kamu masuk ke gerbang depan, kamu akan melihat pos keamanan di sisi kanan. 

-

  1. There is an ATM next to the security post. 

Ada ATM di sebelah pos keamanan. 

-

  1. There are 27 classes and 6 rooms  surround the edge part of the school.

Ada 27 kelas dan 6 ruangan di sekeliling bagian tepi sekolah.

-

  1. Those six rooms are headmaster's room, teacher's room, 2 toilets, one library, and one school clinic. 

Enam ruangan tersebut adalah ruang kepala sekolah, ruang guru, 2 toilet, satu perpustakaan, dan satu klinik sekolah.. 

-

  1. The canteen is next to the basketball court. 

Kantin berada di sebelah lapangan basket 

-

  1. It stands between basketball court and mosque.

Kantin tersebut berada di antara lapangan basket dan masjid. 

-

  1. That's all for the explanatioh about my school. 

Sekian penjelasan tentang sekolah saya. 

-

  1. I hope you enjoy it. 

Semoga Anda menikmatinya. 

 

  1. Thank you.

Terima kasih.

====================

 

Questions and Answers

 

  1. Who is describing the school?
     
    Siapa yang mendeskripsikan sekolah tersebut?

Dian is describing the school.

Dian mendeskripsikan sekolah tersebut.                   

-

  1. Who does Dian play futsal with?
     
    Dengan siapa Dian bermain futsal?

Dian plays futsal with her friends.

Dian bermain futsal dengan teman-temannya.

-

  1. What is the name of Dian's school?
     
    Apa nama sekolah Dian?

The name of Dian's school is SMP Cemara Indah.

Nama sekolah Dian adalah SMP Cemara Indah 

-

  1. What facilities are available at Dian's school?
     
    Fasilitas apa saja yang tersedia di sekolah Dian?

The facilities include futsal and basketball courts, a library, headmaster's room, teacher's room, two toilets, a school clinic, and a canteen.

Fasilitas tersebut meliputi lapangan futsal dan basket, perpustakaan, ruang kepala sekolah, ruang guru, dua toilet, klinik sekolah, dan kantin.

-

  1. What color is Dian's school painted?
     
    Apa warna cat sekolah Dian?

Dian's school is painted cream color.

Sekolah Dian dicat dengan warna krem.

-

  1. When does Dian play futsal?
     
    Kapan Dian bermain futsal?

Dian plays futsal during the second break.

Dian bermain futsal saat istirahat kedua.

-

  1. When does Dian provide her explanation about the school?
     
    Kapan Dian memberikan penjelasannya tentang sekolah tersebut?

Dian provides her explanation when she talks about her favorite place—her school.

Dian memberikan penjelasannya saat ia berbicara tentang tempat favoritnya—sekolahnya.

-

  1. Where is SMP Cemara Indah located?
     
    Di mana lokasi SMP Cemara Indah?

SMP Cemara Indah is located in Surakarta.

SMP Cemara Indah terletak di Surakarta.

-

 

  1. Where can you find the ATM in relation to the security post?
     
    Di mana Anda dapat menemukan ATM yang berhubungan dengan pos keamanan?

The ATM is next to the security post.

ATM berada di sebelah pos keamanan.

-

  1. Where are the futsal and basketball courts located?
     
    Di mana lapangan futsal dan basket berada?

The futsal and basketball courts are located behind the school.

Lapangan futsal dan basket berada di belakang sekolah.

-

  1. Where is the canteen situated?
     
    Di mana kantin berada?

The canteen is situated next to the basketball court, between it and the mosque.

Kantin terletak di sebelah lapangan basket, di antara lapangan dan masjid.

-

  1. Whom does Dian hope will enjoy her explanation about her school?
     
    Siapa yang Dian harapkan akan menikmati penjelasannya tentang sekolahnya?

Dian hopes her friends will enjoy her explanation about her school.

Dian berharap teman-temannya akan menikmati penjelasannya tentang sekolahnya

-

  1. Whom does Dian play futsal with during breaks?
     
    Dengan siapa Dian bermain futsal saat istirahat?

Dian plays futsal with her friends during breaks.

Dian bermain futsal dengan teman-temannya saat istirahat.

-

  1. Why does Dian feel lucky to attend SMP Cemara Indah?
     
    Mengapa Dian merasa beruntung bersekolah di SMP Cemara Indah?

Dian feels lucky because it is one of the best schools in Surakarta and has complete facilities.

Dian merasa beruntung karena merupakan salah satu sekolah terbaik di Surakarta dan memiliki fasilitas yang lengkap.

-

  1. Why are the futsal and basketball courts important to Dian?
     
    Mengapa lapangan futsal dan basket penting bagi Dian?

They are important because they provide a place for fun and exercise during breaks with her friends.

Keduanya penting karena menyediakan tempat untuk bersenang-senang dan berolahraga saat istirahat bersama teman-temannya.

-

  1. Which rooms surround the edge part of the school?
     
    Ruang-ruangan apa saja yang mengelilingi bagian tepi sekolah?

The rooms that surround the edge part of the school are the headmaster's room, teacher's room, two toilets, one library, and one school clinic.

Ruangan yang mengelilingi bagian tepi sekolah adalah ruang kepala sekolah, ruang guru, dua toilet, satu perpustakaan, dan satu klinik sekolah.

-

  1. Which area stands between the basketball court and mosque?
     
    Area manakah yang berada di antara lapangan basket dan masjid?

The canteen stands between the basketball court and mosque.

Kantin berada di antara lapangan basket dan masjid.

-

  1. How many classrooms are there at SMP Cemara Indah?
     
    Berapa jumlah ruang kelas di SMP Cemara Indah?

There are 27 classrooms at SMP Cemara Indah.

Ada 27 ruang kelas di SMP Cemara Indah.

-

  1. How does Dian describe her school's facilities?
     
    Bagaimana Dian menggambarkan fasilitas sekolahnya?

Dian describes them as complete, indicating that they meet various needs for students.

Dian menggambarkannya sebagai lengkap, yang menunjukkan bahwa fasilitas tersebut memenuhi berbagai kebutuhan siswa.

 

 

 

 

 

 

Alamat kami :

 

Gadjah Mada English School (GMES)     

 

Jl. Kadipaten Kulon No. 27 B  ,Kraton ,

Yogyakarta 

 

(Barat Pasar Ngasem Yogyakarta ke utara ) 

 

Phone/HP/WA : 0812 274 7050

 

Google Map : GMES English

 

 

Les Bahasa Inggris di GMES English Jogja bisa dilaksanakan dengan mengikuti pembelajaran  ditempat kursus atau secara online dengan aplikasi “ Zoom Meeting “ atau “ Google Meet

 





 

 

" A Man Without Ambition is Like A Bird Without Wings , Manusia tanpa cita cita bagaikan seekor burung tanpa sayap" 

Test Tag break
Postingan terkait, Klik dibawah ini :
Les Inggris SMP Jogja
Les Inggris SMA,SBMPTN dan STAN di Jogja
Les TOEFL Jogja
Hitung Nilai TOEFL
Adjective , Kata sifat
Adverb , Kata Keterangan
Conjunction , Kata Hubung
Pronouns , Kata Ganti
Preposition , Kata Depan
Regular Verb, Kata Kerja Teratur
Irregular Verb, Kata Kerja Tidak Teratur
Question Words , Kata Tanya
Adverb of Frequency , Keterangan Keseringan
Klik , Peta Google Map ke GMES English Jogja
Klik , Google Translate

1 komentar: